Sebelum membeli produk Nmax, ketahui terlebih dahulu perbedaan Nmax ABS dan Non ABS. Antara keduanya memiliki perbedaan di beberapa bagian yang memengaruhi tampilan serta fitur-fiturnya.

Fitur yang diusung pada dua tipe Yamaha Nmax ini tidak sepenuhnya sama. Hal tersebut memberikan kesan tersendiri pada kendaraan ketika digunakan. Untuk yang masih bingung memilih salah satu di antaranya, pahami apa saja perbedaan keduanya.

Ini Dia Beda Nmax ABS dan Non ABS

Sejak dijual di pasaran Indonesia, Nmax ABS dan Nmax non ABS ramai dicari oleh masyarakat penggemar produk keluaran Yamaha ini. Desain serta fitur yang ditawarkan memberikan nilai plus tersendiri.

Meskipun dari segi tampilan terlihat hampir sama, namun antara Nmax ABS dan non ABS memiliki perbedaan di bagian-bagian tertentu.

Penasaran di mana saja itu? Simak beda antara Nmax ABS dan Non ABS pembahasannya pada ulasan berikut.

1. Harga Berbeda 4 Juta

Harga Nmax ABS Lebih Mahal dari Nmax non ABS
Harga Nmax versi ABS Lebih Mahal dari Nmax non ABS (Source : oto.com)

Perbedaan harga Nmax dipengaruhi oleh fitur yang ditawarkannya. Nmax ABS memiliki jauh lebih banyak fitur sehingga dibanderol lebih mahal. Di pasaran, Nmax non ABS dijual Rp 29,79 juta (OTR Jakarta), sedangkan Nmax ABS dijual Rp 33,75 juta (OTR Jakarta).

Harga merupakan poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan agar dapat menyesuaikan dengan ketersediaan budget membeli Nmax.

Jika ingin menikmati motor Nmax namun dana minim, maka bisa memilih Nmax non ABS yang memiliki harga lebih murah.

2. Pilihan Warna

Pilihan Warna Nmax Non ABS Lebih Lengkap
Pilihan Warna Nmax Non ABS Lebih Lengkap (Source : pinterest.com)

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Nmax Non ABS adalah pilihan warnanya lebih beragam dibandingkan Nmax ABS. Anda dapat memilih warna sesuai dengan keinginan dan style.

Pada pasar Indonesia, tersebar 4 macam warna Nmax ABS yaitu putih, biru, hitam, dan merah. Bukan warna glossy, cat yang digunakan untuk melapisi motor ini cenderung dop. Model pelapisan seperti ini membuat cat jauh lebih tahan lama.

Di samping itu juga jika ada goresan tidak terlihat terlalu kentara. Pada Nmax non ABS memiliki kelir warna yang tidak ada di Nmax ABS yaitu merah. Sebab, Nmax ABS cuma menawarkan 3 warna seperti merah dan hitam.

3. Konektivitas Smartphone

Nmax ABS Dilengkapi Konektivitas Smartphone
Nmax ABS Dilengkapi Konektivitas Smartphone (Source : .liputan6.com)

Bagi yang ingin menggunakan Yamaha Nmaxuntuk ojek online, disarankan memilih jenis ABS karena varian tertingginya sudah diberikan fitur yang mampu menghubungkan motor dengan smartphone.

Supaya fitur yang dimaksud dapat diaktifkan, maka pengguna perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect). Proses penghubungan antara ponsel dan motor menggunakan teknologi bluetooth.

Setelah Y-Connect telah diaktifkan di ponsel, Anda sudah bisa langsung mengakses berbagai fitur-fiturnya untuk mempermudah penggunaan kendaraan. Keuntungan adanya teknologi ini adalah pengguna Nmax ABS akan tahu apabila terdapat panggilan masuk saat berkendara.

4. Traction Control System

Fitur Traction Control System Hanya Ada Pada Nmax ABS (Source : otoplus-online.com)

Ada satu nilai plus yang ditawarkan pada Nmax keluaran terbaru yaitu telah diberikan traction control system(TCS). Fitur tersebut dapat meminimalisir ban selip saat melalui jalan licin.

Sayangnya, fitur ini hanya ada di Nmax ABS dan belum diberikan di Nmax Non ABS. Perlindungan ban selip merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan karena dapat membuat penggunanya lebih aman saat melakukan perjalanan di waktu hujan.

5. Pengaturan Suspensi Belakang

Suspensi Tabung Pada Nmax ABS dan non ABS
Suspensi Tabung Pada Nmax ABS dan non ABS (Source : motorplus-online.com)

Pada kedua versi Nmax, sudah dilengkapi dengan suspensi tabung yang membuatnya terlihat lebih gagah dan sportif. Beda Nmax ABS dan non ABS terletak pada pengaturan kekerasan suara, untuk itu pilih paling sesuai dengan selera.

Khusus bawaan pabrik, Nmax ABS menggunakan level 1 yang memiliki suara lebih nyaman. Sementara level 2 dirancang dengan suara jauh lebih berani dan sangat cocok digunakan untuk boncengan.

Apabila ingin merubah suspensinya, Anda tinggal mencolok lubang suspensi dengan obeng kembang. Putar searah jarum jam untuk memindahnya ke level 2, lalu putar sebaliknya jika ingin beralih ke level 1.

6. Answer Back System

Fitur Answer Back System Pada Nmax ABS
Fitur Answer Back System Pada Nmax ABS (Source : kumparan.com)

Kabarnya, answer back system hanya disematkan pada Nmax ABS saja. Oleh karenanya Anda harus memilih tipe ini apabila ingin menikmati fitur tersebut.

Fungsi dari answer back system yaitu untuk memudahkan mencari lokasi parkir kendaraan. Sebab terkadang saat berada di tempat umum, kendaraan akan dipindah agar lebih rapi serta memberi ruang lebih luas.

Ketika fitur ini dinyalakan, maka kendaraan Anda akan memberikan sinyal berupa lampu yang menyala dan suara. Dengan begitu akan jauh lebih memudahkan untuk menemukannya dibandingkan harus mencari satu persatu apalagi di tempat yang memiliki banyak pengguna Nmax ABS ini.

7. Keyless

Ilustrasi Keyless Pada Nmax ABS
Ilustrasi Keyless Pada Nmax ABS (Source : otorider.com)

Sistem keyles menjadi pembeda paling terlihat antara Nmax ABS dan Non ABS. Keunggulannya adalah dapat membuat motor terlihat lebih modern serta sulit dibobol oleh maling meski menggunakan peralatan khusus.

Keyless sendiri hanya diberikan pada Nmax ABS, sedangkan di Non ABS tidak ada. Sistemnya membuat motor bisa menyala saat menggunakan kunci bawaan, selain itu maka motor tidak akan bisa digunakan.

Meski pada Nmax non ABS belum memiliki sistem keyless, namun tetap diberikan kunci konvensional dan perlengkapan perlindungan seperti shuttered keyatau kontak bermagnet.

8. Fitur Rem ABS

Ilustrasi Fitur ABS Pada Nmax
Ilustrasi Fitur ABS Pada Nmax (Source : gridoto.com)

Berdasarkan namanya, ada sebuah sistem yang membuat Nmax ABS jauh lebih unggul dari non ABS yaitu dilengkapi dengan fitur anti lock. Penggunaan fitur ini bertujuan supaya roda pada kendaraan terkunci otomatis ketika pengguna mengerem secara mendadak.

Diharapkan dengan penyematan fitur ABS, pengguna tetap bisa mengendalikan motor meskipun sedang mengerem mendadak. Sebab tingginya kasus kecelakaan sebagian besar diakibatkan oleh pengereman mendadak.

Pada Nmax non ABS, belum ada fitur ini tetapi dibekali dengan rem cakram pada setiap rodanya supaya ban dapat berhenti dengan cepat di waktu-waktu genting.

9. Performa

Performa Nmax ABS dan non ABS Sama-sama Bluecore
Performa Nmax ABS dan non ABS Sama-sama Bluecore (Source : kompas.com)

Mesin yang digunakan pada Nmax baik ABS ataupun non ABS sama-sama bluecore dengan kapasitas 155 cc. Di dalamnya terdapat silinder tunggal berpendingin cairan untuk membuat mesinnya dapat bekerja dengan baik.

Hanya saja diketahui bahwa terdapat perbedaan performa meski menggunakan jenis mesin sama. Hal ini dapat diketahui jika Anda mengendarainya karena cukup sulit digambarkan dengan tulisan.

Dari mesin yang disematkan pada Nmax tersebut, power yang diberikan cukup besar yaitu mencapai 11,1 kE pada 8.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

10. Berat Motor

Nmax ABS Lebih Berat
Nmax ABS Lebih Berat (Source : ayopurwakarta.com)

Dari fitur-fitur serta detail model Nmax ABS dan non ABS dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki berat berbeda. Nmax ABS jauh lebih berat dibandingkan non ABS dengan selisih 1 kg.

Jenis tersebut memiliki bobot 127 kg karena memang fitur yang disematkan jauh lebih banyak. Bagi yang ingin memilih Nmax ABS, pastikan untuk bersiap-siap mengeluarkan tenaga sedikit lebih banyak saat akan mengendarainya.

Bobotnya yang jauh lebih berat ini juga memberikan keuntungan, salah satunya adalah membuat pengendara lebih nyaman karena minim goncangan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara Nmax ABS dan Non ABS yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jangan sampai salah pilih karena meski secara model dan mesin sama, namun terdapat perbedaan pada fiturnya.