Memiliki kamar tidur minimalis ukuran 3×3 bukan menjadi halangan bagi Anda untuk mendesainnya dengan baik. Pasalnya, kamar tidur merupakan ruangan tempat beristirahat di dalam rumah. Oleh karena itu, desainnya harus dibuat senyaman mungkin agar bisa betah di dalamnya.

Desain kamar tidur yang baik tidak harus menggunakan furniture mewah. Intinya tergantung pada penataan dan perpaduan yang tepat untuk komponen-komponen di dalamnya, disertai penggunaan warna dinding yang tepat.

Agar hasil desain kamar 3×3 tidak mengecewakan, sebaiknya Anda menyerahkan pengaturan dekorasinya kepada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk itu. Jika Anda mendesainnya sendiri dalam keadaan tidak memiliki kemampuan, dikhawatirkan hasilnya akan mengecewakan.

Rekomendasi 20 Desain Kamar Tidur 3×3

Sebagai referensi bagi Anda, di bawah ini akan disebutkan 20 desain kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter.

1. Kamar Tidur Minimalis Klasik Modern

Kamar Tidur Minimalis Klasik Modern
Kamar Tidur Minimalis Klasik Modern

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3×3 yang satu ini tergolong sederhana tapi elegan. Penggunaan jendela besar tidak hanya berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya, tetapi juga memberikan kesan modern.

Agar kesan modern  tidak mendominasi, digunakanlah bahan kayu pada bagian dinding, lantai, dan plafon.

2. Kamar Tidur yang Didominasi Warna Cerah

Kamar Tidur yang Didominasi Warna Cerah
Kamar Tidur yang Didominasi Warna Cerah

Penggunaan warna-warna cerah akan menjadikan kamar tidur minimalis Anda terlihat lebih elegan dan menenangkan. Perpaduan warna-warna cerah tersebut bisa diterapkan pada dinding, lantai, jendela, bahkan perangkat untuk tidur seperti bantal, selimut, sprei, dan lain sebagainya.

3. Kamar Tidur Klasik yang Mengedepankan Penempatan Furniture

Kamar Tidur Klasik yang Mengedepankan Penempatan Furniture
Kamar Tidur Klasik yang Mengedepankan Penempatan Furniture (Source : pinterest.com)

Pilihan desain kamar tidur 3×3 ini sangat cocok diaplikasikan untuk Anda yang lebih menyukai nuansa klasik namun elegan. Penggunaan jendela besar dan dekorasi secara keseluruhan menampilkan kesan modern.

Agar nuansa klasik tetap kental, beberapa komponen kamar menggunakan bahan dan motif kayu. Hal ini terlihat jelas pada lantai dan tempat tidur. Ditambah lagi dengan penggunaan lampu gantung klasik.

Dekorasi tambahan menggunakan pajangan foto dan rak buku di bagian sisinya. Dengan begitu, penggunaan ruang di dalam kamar lebih maksimal.

4. Kamar Tidur Sederhana yang Memadukan Pencahayaan Maksimal


Kamar Tidur Sederhana yang Memadukan Pencahayaan Maksimal
Kamar Tidur Sederhana yang Memadukan Pencahayaan Maksimal (Source : pinterest.com)

Kamar tidur Anda berukuran 3×3 dan sangat sederhana? Tidak usah bingung, Anda bisa mendesain kamar tersebut agar terkesan nyaman dan elegan. Caranya, gunakan perpaduan warna-warna terang pada komponen kamar yang dipadukan dengan pencahayaan maksimal.

5. Kamar Tidur yang Menggunakan Cermin Besar

Kamar Tidur yang Menggunakan Cermin Besar
Kamar Tidur yang Menggunakan Cermin Besar (Source : pinterest.com)

Cermin merupakan salah satu item penting yang sebaiknya dipasang di dalam kamar tidur ukuran 3×3. Penempatan cermin yang pas akan menciptakan ilusi ruangan yang luas dan lapang. Lebih bagus lagi jika cermin tersebut diletakkan di dinding.

Jika tidak memungkinkan, gunakan saja cermin berukuran besar dengan panjang setinggi orang dewasa yang ditempel di  dinding atau pintu lemari baju.

6. Kamar Tidur Berwarna-warni

Kamar Tidur Berwarna-warni
Kamar Tidur Berwarna-warni (Source : pinterest.com)

 Penggunaan berbagai jenis warna terang memberikan kesan ceria pada kamar tidur Anda. Tidak perlu menggunakan banyak pajangan dan hiasan karena hanya memberikan kesan sesak pada kamar tidur Anda.

Sebaiknya Anda membuat satu focal point pada desain kamar 3×3 ini dengan menggunakan headboard yang menarik perhatian. Gunakan saja headboard yang banyak dijual di pasaran.

7. Kamar Tidur dengan Dinding Wallpaper Bercorak dan Bermotif

Kamar Tidur dengan Dinding Walpaper Bercorak dan Bermotif
Kamar Tidur dengan Dinding Walpaper Bercorak dan Bermotif (Source : pinterest.com)

Agar desain kamar 3×3 tidak terkesan kaku dan dingin, Anda bisa menggunakan wallpaper bermotif dan bercorak. Tapi ingat, jangan memasang wallpaper di semua bagian, cukup di salah satu sisi dinding kamar saja.

Hindari juga memasang terlalu banyak pajangan atau hiasan pada dinding yang menggunakan wallpaper. Memasang beberapa bingkai foto atau tanaman hias sudah lebih dari cukup untuk membuat tampilan desain kamar lebih ekspresif.

8. Kamar Tidur Ala Jepang

Kamar Tidur Ala Jepang
Kamar Tidur Ala Jepang (Source : pinterest.com)

Jika Anda termasuk penggemar segala sesuatu yang berbau jepang, maka Anda bisa mewujudkan kesukaan tersebut dengan mendesain kamar tidur ala Jepang.

Desain ala Jepang ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan kamar yang tidak terlalu besar, misalnya 3×3.

Dalam desain tersebut, Anda tidak akan membutuhkan ranjang, karena yang perlu digunakan hanyalah sebuah futon atau juga bisa digantikan dengan kasur lipat. Jangan lupa tambahkan wallpaper khas jepang agar nuansa jepang lebih terasa.

9. Kamar Tidur dengan Jendela Besar

Kamar Tidur dengan Jendela Besar
Kamar Tidur dengan Jendela Besar (Source : elledecor.com)

Penggunaan jendela besar merupakan salah satu trik agar desain kamar tidur 3×3 terasa luas dan nyaman. Selain itu, pemasangan jendela besar menjadikan sinar matahari dan udara bebas masuk ke dalam kamar, sehingga di kamar terlihat terang dan terasa lebih sejuk.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

10. Kamar Tidur dengan Furnitur Multifungsi

Kamar Tidur dengan Furnitur Multifungsi
Kamar Tidur dengan Furnitur Multifungsi (Source : pinterest.com)

Penggunaan furnitur multifungsi juga termasuk salah satu strategi desain yang cocok untuk kamar tidur berukuran 3×3. Dengan begitu, kamar tidak disesaki dengan banyak item yang justru menjadikannya terasa sesak.

Di antara furnitur multifungsi yang bisa digunakan adalah ranjang sekaligus laci-laci kabinet penyimpanan dan meja belajar sekaligus nakas.

11. Kamar Tidur dengan Lantai Tambahan

Kamar Tidur dengan Lantai Tambahan
Kamar Tidur dengan Lantai Tambahan (Source : pinterest.com)

Kamar anak perempuan seringkali disesaki dengan koleksi pakaian dan barang-barang khas wanita lainnya. Terkadang ukuran 3×3 terasa sempit dan tidak cukup untuk menyimpan semua barang-barang tersebut.

Tapi kendala ini bisa diakali dengan cara membuatkan lantai tambahan (mezanin). Nantinya area lantai tambahan dapat digunakan sebagai tempat untuk meletakkan kasur. Sedangkan di bagian bawah bisa digunakan sebagai tempat memajang koleksi baju, tas, dan sepatu.

12. Kamar Tidur dengan Tanaman Hias untuk Mempercantik Kamar

Kamar Tidur dengan Tanaman Hias untuk Mempercantik Kamar
Kamar Tidur dengan Tanaman Hias untuk Mempercantik Kamar (Source : casavogue.globo.com)

Kamar tidur minimalis ukuran 3×3 meter memang tidak cukup luas. Tapi dengan desain yang tepat, Anda bisa membuatnya terasa lebih nyaman. Anda juga bisa menambahkan pot tanaman hias untuk mempercantik tampilan kamar.

13. Kamar Tidur dengan Memaksimalkan Area di Samping dan Atas Ranjang

Kamar Tidur dengan Memaksimalkan Area di Samping dan Atas Ranjang
Kamar Tidur dengan Memaksimalkan Area di Samping dan Atas Ranjang (Source : noithathoangquan.com)

Kamar berukuran 3×3 memang tidak memiliki area penyimpanan yang cukup baik jika tidak ditata dengan baik. Tapi jika Anda bisa memanfaatkan area samping dan atas ranjang, maka area penyimpanan di dalam kamar bisa semakin luas.

14. Kamar Tidur dengan Memanfaatkan Sudut Ruangan

Kamar Tidur dengan Memanfaatkan Sudut Ruangan
Kamar Tidur dengan Memanfaatkan Sudut Ruangan (Source : instagram.com/decorandocomclasse)

Jika Anda meletakkan kasur di sudut ruangan, ruang yang tersisa cukup lapang untuk dimanfaatkan sebagai area lain, misalnya untuk ruang kerja atau tempat meletakkan meja rias, dan lain sebagainya.

15. Kamar Tidur Menggunakan Lemari dengan Pintu Geser

Kamar Tidur Menggunakan Lemari dengan Pintu Geser
Kamar Tidur Menggunakan Lemari dengan Pintu Geser (Source : archzine.es)

Cara lain untuk mendesain kamar tidur minimalis ukuran 3×3 agar terasa lebih luas adalah dengan menempatkan lemari dengan pintu geser agar tidak banyak memakan ruang.

16. Kamar Tidur Anak dengan Detail Lighting yang Menarik untuk Malam Hari

Kamar Tidur Anak dengan Detail Lighting yang Menarik untuk Malam Hari
Kamar Tidur Anak dengan Detail Lighting yang Menarik untuk Malam Hari (Source : instagram.com/marilia.arq)

Desain kamar tidur 3×3 kali ini khusus untuk anak. Penambahan lighting di beberapa area kamar menjadikan kamar terlihat lebih menarik dan elegan. Tampilannya akan lebih menarik lagi saat malam hari ketika semua lampu dinyalakan.

17. Kamar Tidur Sederhana dengan Lampu LED Tumblr


Kamar Tidur Sederhana dengan Lampu LED Tumblr
Kamar Tidur Sederhana dengan Lampu LED Tumblr (Source : id.pinterest.com/jehmilena)

Desain sederhana yang memanfaatkan lampu tumblr akan menciptakan kesan kamar yang elegan dan nyaman. Anda bisa memasang lampu tersebut layaknya tirai di atas ranjang. Saat malam hari, lampu-lampu tersebut dapat dijadikan sebagai lampu tidur tambahan.

18. Kamar Tidur dengan Desain Ranjang Multifungsi

Kamar Tidur dengan Desain Ranjang Multifungsi
Kamar Tidur dengan Desain Ranjang Multifungsi (Source : mydesignagenda.com)

Menggunakan ranjang multifungsi pada kamar tidur minimalis ukuran 3×3 merupakan salah satu ide desain yang tepat.

Pada gambar di atas, terlihat jelas kalau ranjang tersebut bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian dan buku, sebagai ganti lemari pakaian dan lemari buku.

19. Kamar TIdur Vintage yang Klasik

  Kamar Tidur Vintage yang Klasik
Kamar Tidur Vintage yang Klasik (Source : theblogbaby.com)

Kamar minimalis berukuran 3×3 meter juga cocok jika didesain secara vintage. Caranya sangat mudah, Anda bisa menempatkan perabot klasik dan meja nakas sederhana yang sudah nampak tua di dalam kamar. Lebih sempurna lagi jika ditambahkan dengan bingkai foto yang terpajang di dinding.

20. Kamar Tidur dengan Perpaduan Warna Pastel untuk Menghadirkan Kesan Feminim


Kamar Tidur dengan Perpaduan Warna Pastel untuk Menghadirkan Kesan Feminim
Kamar Tidur dengan Perpaduan Warna Pastel untuk Menghadirkan Kesan Feminim (Source : instagram.com/hell.interior)

Desain kamar 3×3 ini tentunya lebih cocok diaplikasikan pada kamar tidur wanita. Perpaduan warna-warna pastel di dalam kamar, baik pada furnitur, warna sprei, warna gorden, dan yang lainnya akan menghadirkan kesan feminim.

Itulah tadi 20 desain kamar tidur minimalis ukuran 3×3 yang bisa menjadi inspirasi desain kamar tidur Anda. Tinggal pilih saja desain yang paling tepat dan sesuai dengan karakter rumah Anda.