Ada beberapa penyebab speedometer motor mati yang sangat perlu untuk diwaspadai. Sebab meskipun sering dianggap kurang penting, namun kehadirannya terbilang cukup diperlukan karena berkaitan erat dengan keselamatan pengendara.

Speedometer menjadi fitur yang sangat dibutuhkan ketika Anda berkendara di jalan dengan pembatasan kecepatan. Apabila melanggar atau tidak sesuai aturan, maka keamanan pengendara dipertaruhkan.

Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab kerusakannya sekaligus cara mengatasi dengan cepat dan tepat.

Ini 4 Penyebab Speedometer Motor Rusak

Tentunya sudah banyak pengendara yang mengalami kondisi speedometer mati. Meski sering dianggap bukan masalah besar, akan tetapi sebaiknya ketahui apa saja penyebab munculnya masalah seperti ini.

Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut:

1. Magnet Speedometer Rusak

Magnet Rusak Memang  Penyebab Speedometer Motor Mati
Ilustrasi Magnet Rusak Sehingga Speedometer Tidak Berfungsi

Speedometer pada motor dapat bergerak karena di dalamnya terdapat magnet yang menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik) ketika bersinggungan dengan kawat penghantar. Akibatnya, saat bagian tersebut mengalami kerusakan, maka kinerja speedometer akan terhenti.

Hal ini disebabkan karena magnet yang mengalami kerusakan tidak bisa menghasilkan GGL dan berpengaruh pada pergerakan jarum speedometer. Akhirnya jarum berhenti bergerak sehingga tidak bisa menunjukkan berapa kecepatan laju motor.

2. Main Fuse Terputus

ilustrasi gambar main fuse yang putus
Ilustrasi Main Fuse Putus Sehingga Speedometer Mati

Tugas dari main fuse ini adalah menterjemahkan frekuensi perputaran roda gigi ke dalam bentuk yang bisa dimengerti manusia yaitu berupa bilangan. Namun saat sambungannya terputus, maka secara otomatis fungsinya terhenti.

Sebelum menuju pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui jika main fuse ini terdapat pada speedometer digital saja. Secara sederhana, sistemnya dapat berjalan ketika mendapatkan aliran listrik dari baterai yang terpasang.

Umumnya, di dalam motor terdapat 3 sekring sekaligus yang letaknya di dekat terminal positif baterai. Apabila salah satunya terputus, maka sistem kinerjanya tidak dapat berjalan meskipun sekring lainnya masih terhubung.

3. Kabel Speedometer Terputus

kabel speedomotor putus>
Kabel Speedometer Putus (Source : moladin.com)

Bentuknya yang kecil membuatnya cenderung sensitif sehingga mudah terputus meski teksturnya dibuat lentur. Ada beberapa penyebab mengapa komponen ini mudah terputus. Berikut penjelasannya :

  • Usia kabel speedometer sudah terlalu lama yang membuat tingkat elastisitasnya berkurang dari waktu ke waktu.
  • Munculnya karat pada speedometer yang dapat dipicu oleh seringnya terkena air baik ketika melewati genangan ataupun setelah dicuci. Agar dapat menghindari masalah demikian, silahkan langsung mengeringkannya setelah terkena cairan.
  • Kabel sering tertekuk atau tertarik dengan kuat yang mengakibatkan sambungannya terputus begitu saja.

4. Gearbox Rusak

Gearbox Rusak
Gearbox Rusak (Source : moladin.com)

Sedikit informasi, gearbox merupakan komponen yang dibuat dari polimer dengan tekstur ringan dan cukup mudah rusak. Perawatan tepat sangat disarankan untuk menghindari munculnya masalah seperti speedometer tiba-tiba mati.

Gearbox motor memiliki bentuk bergerigi yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Desain ini membuatnya dapat bergerak ketika motor dinyalakan. Saat komponen tersebut bekerja, maka akan menghasilkan friksi. Semakin sering digunakan, maka lama-kelamaan gearbox bisa habis.

Saat gearbox telah habis, maka speedometer tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsi utamanya. Di bawah ini penyebab-penyebab mengapa gearbox berhenti bekerja:

  • Gearbox yang telah lama digunakan atau bekerja dengan konsentrasi tinggi maka akan mengalami aus. Anda perlu menggantinya untuk membuat speedometer tetap bekerja sebagaimana mestinya.
  • Jika merasa gearbox baru diganti namun tetap tidak bisa berputar, bisa saja masalah ini disebabkan oleh pemasangan gearbox yang kurang tepat.
  • Komponen gearbox pecah akibat benturan ataupun kondisi lainnya.

Solusi Mengatasi Speedometer Motor yang Mati

Supaya dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu menangani berbagai penyebab speedometer motor mati yang telah disebutkan sebelumnya. Jika ingin mengetahuinya, pada poin berikut akan diulas mengenai cara mengatasi jika timbul masalah.

1. Periksa Komponen Sepeda Motor

Komponen speedometer sebagian besar tertanam di dalam motor. Untuk itu, perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana kondisinya. Jangan membiarkan sampai mengalami kerusakan parah karena akan mengganggu kenyamanan serta keamanan saat berkendara.

Bagian yang cukup sensitif adalah panel dashboard dan perlu dijaga kondisinya. Jika mengalami kerusakan, maka harus dilakukan penggantian untuk membuatnya bekerja secara maksimal kembali dan tidak menyebabkan masalah lain.

2. Periksa Bagian Axle Roda

Disarankan cara ini dilakukan oleh ahlinya karena membutuhkan perlengkapan memadai dan teknik khusus untuk memudahkan prosesnya.

Axle roda adalah komponen yang diletakkan di dalam cover motor. Apabila ingin melakukan pengecekan, maka perlu membongkar bagian yang menutupinya terlebih dahulu.

Tingkat kesulitannya terletak pada perbedaan pengunci pada brand dan tipe motor. Anda perlu mengetahuinya secara mendetail sebelum melakukan proses pembongkaran. Namun jika ingin lebih aman pilihan terbaiknya adalah langsung membawanya ke bengkel terpercaya.

3. Periksa Main Fuse

Seperti telah dibahas di atas, kerusakan pada main fuse dapat membuat speedometer tiba-tiba berhenti bekerja. Penanganan akan lebih efektif ketika mengetahui penyebab utamanya. Salah satu yang perlu Anda lakukan adalah dengan memeriksa bagian main fusenya.

Pastikan bagaimana kondisi main fuse, apakah dalam keadaan normal atau mengalami kerusakan. Perbaikan atau penggantian perlu dilakukan saat terbukti komponen tersebut tidak dalam kondisi baik.

Penanganannya sendiri perlu dilakukan menyesuaikan dengan tingkat masalah yang dihadapi.

4. Lakukan Pemeriksaan pada Speedometer

Pada dasarnya seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi dalam hal otomotif, perusahaan produksinya melakukan banyak pengembangan termasuk pada speedometer.

Sebagian besar saat ini motor diberikan speedometer digital yang bekerja dengan memanfaatkan aliran listrik dari aki. Oleh karenanya, ketika komponen penting ini terganggu maka kinerjanya akan terhambat begitu saja.

Ada hal-hal yang membuat komponen satu ini lebih cepat mengalami kerusakan. Misalnya saja berkendara dengan terburu-buru dan juga motor sering digunakan melalui jalan berlubang atau tidak rata dengan kecepatan tinggi.

Bukan hanya itu, ternyata karatan juga memberikan efek buruk pada penyusun speedometer yang terbuat dari besi atau sejenisnya.

5. Cek Kabel Speedometer

Di dalam susunan speedometer terdapat kabel yang menghubungkannya dengan arus listrik. Dari keterkaitan tersebut menghasilkan tenaga yang membuat jarum penunjuk bergerak.

Kerusakan kabel bisa saja terjadi sewaktu-waktu, misalnya karena tergores, tertarik dengan kuat, maupun tertekan saat terjadi benturan.

Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan penggantian untuk membuatnya berfungsi normal seperti sediakala. Supaya masalah seperti ini bisa diminimalisir, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin.

Mengetahui apa saja penyebab speedometer motor mati akan membuat Anda lebih mudah mencegah berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja muncul sewaktu-waktu. Agar lebih tahan dan bekerja maksimal, sebaiknya Anda membawa speedometer yang rusak untuk diperbaiki ke tempat service yang terpercaya.

Baca Juga: Penyebab Pompa Radiator Vario 125 Bocor & Cara Mengatasinya