Modifikasi merupakan solus terbaik bagi pemilik motor yang ingin semakin menambah kualitas tampilan motor miliknya. Aliran modifikasi pun berbeda-beda, tergantung selera dan keinginan dari pemilik motor. 

Terlebih lagi jika modifikasi dilakukan dalam rangka kontes, tentu gaya modifikasinya harus menyesuaikan ketentuan yang ditetapkan.

Di Indonesia, modifikasi bahkan sudah menjadi salah satu ‘kewajiban’ di kalangan para pecinta motor.  Terlebih lagi semua jenis motor di Indonesia bisa dimodifikasi, termasuk Honda CBR 150.

Meskipun Honda CBR 150 termasuk motor sport dan sudah memiliki tampilan yang gagah dan garang, tetap saja modifikasi CBR 150 bisa dilakukan untuk semakin memperkuat tampilan motor tersebut.

Spesifikasi Honda CBR 150

Spesifikasi Honda CBR 150
Spesifikasi Honda CBR 150 (Source : moladin.com)

Sebelum lanjut membahas tentang modifikasi CBR 150, tidak ada salahnya jika kita membahas sekilas mengenai spesifikasi modifikasi CBR 150. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sedikit detail mengenai motor yang akan dimodifikasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa motor sport besutan Honda ini dibekali dengan mesin berkapasitas 150 cc. Mesinnya mengusung teknologi PGM-FI berstandar emisi Euro3 yang menjadikan motor ini lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar, di samping lebih ramah lingkungan.

Kesan sportif semakin terasa pada Honda CBR150 ini dengan disematkannya kopling tipe Wet Multiple dengan Coil Springs padanya. Di sisi lain, sistem starter yang dibekalkan pada Honda CBR 150 ini menggunakan starter elektrik dengan transmisi 6 percepatan.

Dari segi desain, Honda CBR150 terlihat gahar dengan bodi yang lumayan bongsor. Eits jangan salah, meskipun bongsor,  motor ini ternyata terasa ringan namun kokoh saat melaju di jalanan. Kabarnya, hal ini disebabkan oleh rangka bertipe Thuss Fame yang dibekalkan pada motor sport ini.

Thuss Fame milik CBR150 memang diklaim lebih ringan dibandingkan tipe lainnya. Sedangkan untuk menjaga stabilitas selama berkendara, Honda CBR150 dibekali dengan safety rem cakram lengkap beserta pijakan kaki dari aluminium yang nyaman.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi CBR 150?

Sebelum mulai melakukan modifikasi CBR 150, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Konsep Modifikasi

Tetapkan Konsep Modifikasi CBR 150
Tetapkan Konsep Modifikasi CBR 150

Sebelum mulai melakukan modifikasi CBR 150, sebaiknya Anda memiliki gambaran tentang modifikasi yang ingin diaplikasikan. Sehingga, Anda bisa menentukan konsep modifikasi yang ingin diterapkan.

Saat ini aliran modifikasi motor sudah sangat banyak. Mulai dari racing look yang bakal menjadikan desain motor terlihat sportif dan elegan, modif ala adventure yang menawarkan kesan tangguh, hingga cafe racer yang memberikan hasil tampilan motor yang klasik nan menawan.

Dengan menentukan konsep modifikasi, modifikasi yang akan dilakukan lebih lebih terarah. Dengan begitu, proses modifikasi yang dilakukan bisa selesai dalam waktu cepat dengan hasil yang memuaskan dan sesuai ekspektasi.

2. Persiapan Budget

Persiapkan Budget Modifikasi CBR 150
Persiapkan Budget Modifikasi CBR 150

Motor apapun yang ingin dimodifikasi tentu membutuhkan biaya, sedikit maupun banyak. Terlebih lagi jika yang akan dimodifikasi adalah Honda CBR 150, tentu biaya yang dibutuhkan lebih besar lagi. Pasalnya, berbagai komponen yang dibutuhkan dalam modifikasi motor sport ini umumnya memiliki harga jual yang tinggi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memodifikasi motor sport kesayangan Anda ini, pastikan Anda memiliki persiapan budget yang mencukupi untuk melakukannya.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan modifikasi jika budget yang Anda miliki belum tercukupi. Takutnya proses modifikasi berhenti di tengah jalan sehingga hasil akhirnya tidak sesuai dengan harapan.

3. Serahkan Modifikasi Kepada Ahlinya

Serahkan Modifikasi CBR 150 Kepada Ahlinya
Serahkan Modifikasi CBR 150 Kepada Ahlinya

Jika Anda memang memiliki keahlian dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi, maka tidak ada salahnya jika semua proses modifikasi CBR 150 Anda lakukan sendiri.

Tapi jika Anda tidak memiliki keahlian atau alat yang memadai, sebaiknya serahkan pengerjaan modifikasi kepada bengkel yang ahli melakukannya. Takutnya jika dipaksakan melakukan sendiri, hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan dan bahkan merusak motor itu sendiri.

Konsep Modifikasi CBR 150

Berikut adalah beberapa konsep modikasi Honda CBR 150 yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda.

1. Modifikasi CBR 150 Bergaya Racing Look

Modifikasi CBR 150 Bergaya Racing Look
Modifikasi CBR 150 Bergaya Racing Look (Source : moladin.com)

Salah satu konsep modifikasi CBR 150 yang bisa diaplikasikan pada motor sport kesayangan Anda adalah racing look ini. Dengan konsep modifikasi ini, tampilan motor ini akan semakin menawan.

Hanya saja, Anda mesti menentukan terlebih dahulu bagian-bagian mana saja yang akan dimodifikasi. Salah satu contohnya adalah melepaskan fairing bawaan lalu menggantinya dengan fairing custom berbahan fiber.

Agar tampilan modif racing look semakin sempurna, cobalah mengganti deltabox tubular bawaan dengan deltabox custom dari fiber.

Stang motor ini juga bisa digantikan dengan stang pro-biker dan komponen knalpot digantikan dengan item baru berbahan stainless.  Sepatbor asli bisa digantikan dengan Sepatbor CBR 100 yang lebih panjang agar kesan racing semakin kental.

Tangki dan bagian kaki-kaki Honda CBR 150 tidak perlu diganti, tetap pakai versi orisinal saja. Sedangkan pengecatan ulang atau modifikasi stiker bisa dijadikan sentuhan akhir untuk modifikasi CBR 150 kesayangan Anda.

2. Modifikasi CBR 150 Ala Adventure

Modifikasi CBR 150 Ala Adventure
Modifikasi CBR 150 Ala Adventure (Source : saiisoku.com)

Modifikasi lainnya yang juga cocok diaplikasikan pada Honda CBR 150 adalah konsep adventure. Konsep modifikasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang senang dengan kegiatan touring dengan motor.

Ciri khas konsep adventure yang umumnya diaplikasikan adalah mengganti ban standar dengan ban off-road dan suspensi yang lebih empuk. Hal ini dilakukan agar petualangan yang Anda lakukan dengan motor sport kesayangan Anda ini semakin mantap dan nyaman.

Tinggi motor sport ini perlu dinaikkan dari ukuran standarnya. Demikian pula komponen lainnya seperti visor yang diganti dengan yang berukuran besar, mengganti sepatbor dan stang baru baru yang relevan.

Intinya, modifikasi dilakukan dengan mengganti beberapa komponen motor Honda CBR 150 agar kesan petualangan semakin kental dan mendukung kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh menggunakan motor tersebut.   

3. Konsep Modifikasi CBR 150 Bergaya Cafe Racer

Modifikasi CBR 150 Bergaya Cafe Racer
Modifikasi CBR 150 Bergaya Cafe Racer (Source : moladin.com)

Modifikasi CBR 150 lainnya yang juga bisa Anda aplikasikan pada motor kesayangan Anda adalah konsep cafe racer. Ciri khas dari modifikasi ini adalah tampilannya yang minimalis. Umumnya acuan dalam tampilan motor motor yang dimodifikasi ini adalah Grand Prix di era 60-an.

Untuk melakukan modifikasi Honda CBR 150 dengan konsep cafe racer, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Di antaranya adalah mengganti ban bawaan dengan ban multipurpose. Selain itu, Anda juga perlu melepas fairing standar pabrikan untuk menampilkan kesan naked bike.

Modifikasi di bagian headlamp juga dilakukan dengan memasang lampu berbentuk bulat. Sasis belakang juga perlu dipotong agar buntut CBR 150 jadi lebih pendek.

Jok motor juga diganti dengan jok berlapis kulit model single serta ‘buntut tawon’ yang menjadi ciri khas konsep cafe racer. Hanya saja, perlu dicatat bahwa konsep modifikasi cafe racer membutuhkan dana yang lumayan besar.

4. Upgrade Tampilan CBR 150 ke CBR 250RR


Tampilan CBR 150 ke CBR 250RR
Tampilan CBR 150 ke CBR 250RR (Source : moladin.com)

Modifikasi CBR 150 lainnya yang juga bisa diaplikasikan adalah merubah tampilan motor kesayangan Anda menjadi CBR 250RR. Untuk menerapkan modifikasinya, Anda mesti mempersiapkan bodi kit bergaya Honda CBR 250RR dari bahan fiber.

Saat ini tidak sulit untuk menemukan bodi kit, karena sudah banyak dijual dan mudah didapatkan. Sebab, biasanya versi PNP sudah dibuat sehingga Anda hanya perlu memasangnya ke area rangka CBR150.

Untuk bodi kit yang cocok digunakan, sangat disarankan menggunakan bodi kit DCS Auto. Umumnya dijual secara satuan, sehingga Anda bisa membeli scara terpisah, misalnya area tameng depan bodi belakang, kondom tangki, serta undercowl.

Apa Larangan Modifikasi Motor CBR 150?

Meskipun asalnya modifikasi diperbolehkan oleh pemerintah, tetapi ada larangan-larangan tertentu terkait modifikasi motor yang harus dihindari.  Jika tidak, polisi akan menilang motor Anda saat terlihat melintas di jalan. Larangan-larangan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Mengubah Dimensi Motor

Asalnya tidak diperbolehkan melakukan modifikasi motor yang menyebabkan dimensi motor berubah, kecuali jika sudah mengikuti uji kelayakan. Jika belum mengikutinya, motor yang dimodifikasi hingga terjadi perubahan pada dimensinya akan ditilang ketika terlihat melintas di jalan.

2. Mengubah Rangka

Sangat tidak disarankan melakukan modifikasi sehingga mengakibatkan rangka motor berubah. Selain bisa membahayakan keselamatan, juga melanggar aturan pemerintah. Terlebih lagi setiap rangka motor sudah memiliki nomor seri untuk administrasi. Jika dirubah, tentu nomor seri itu akan hilang.

3. Bore Up Mesin

Meskipun motor kesayangan Anda jadi memiliki kemampuan untuk melaju dengan ‘gila’ setelah di-bore up, tapi hal tersebut tidak disarankan. Selain membahayakan kondisi mesin motor, modifikasi seperti ini juga dilarang oleh pemerintah. Jika tetap ngotot ingin melakukannya, siap-siap saja mendapatkan tilang di jalan.

4. Mengubah Warna

Meskipun sama sekali tidak memiliki hubungan dengan keselamatan berkendara di jalan, tetap saja mengubah warna motor dilarang. Sebab, perubahan warna motor akan mengakibatkan warna motor berbeda dengan warna di STNK motor.

Jika ingin melakukan penggantian warna di STNK, Anda bisa melakukannya sendiri karena caranya tidak sulit. Hanya saja, ada biaya tertentu yang tentu harus Anda persiapkan sebelum melakukan pegurusan.

5. Menghilangkan Alat Keselamatan

Setiap motor pasti dibekali dengan alat-alat keselamatan. Dengan bantuan alat-alat tersebut,  para pengendara motor lebih mudah untuk menjaga keselamatan dirinya saat berkendara di jalanan.  

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melakukan modifikasi dengan mencopot alat-alat keselamatan tersebut. Jika Anda melakukannya, jangan salahkan jika motor yang dimodifikasi tersebut ditilang saat melintas di jalan.

Itulah tadi penjelasan tentang modifikasi CBR 150, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifikasi, serta konsep modifikasi yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan bagi Anda yang berniat untuk melakukan modifikasi Honda CBR 150.

Itulah tadi penjelasan tentang modifikasi CBR 150, hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifiaksi, serta konsep modifikasi yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan bagi Anda yang berniat untuk melakukan modifikasi Honda CBR 150 kesayangannya.

Cari motor bekas impian Anda sekarang di situs LacakHarga.