Saat ini lampu LED sedang menjadi tren dalam dunia otomotif. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya merek lampu tersebut yang dijual di pasaran. Bahkan, lampu jenis ini tidak hanya diaplikasikan sebagai lampu oleh pabrikan mobil dan motor, tetapi juga sebagai lampu rem dan sein.

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh lampu jenis ini. Salah satunya adalah pancaran cahaya yang dihasilkannya jauh lebih terang dibandingkan lampu jenis lainnya. Makanya, jangan heran jika rata-rata mobil baru dibekali dengan teknologi LED.

Tentu saja Lampu LED tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga kekurangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, pastikan Anda membaca kelanjutan ulasan di bawah ini.  

Apa Itu Teknologi Lampu LED?

Apa Itu Teknologi Lampu LED?
Apa Itu Teknologi Lampu LED?

Sebelum mulai membahas tentang kelebihan dan kekurangan lampu LED, terlebih dahulu akan dijelaskan apakah yang dimaksud dengan LED itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode. Artinya bahwa bohlam lampunya tidak lagi menggunakan gas dan filament untuk menyala, tetapi rangkaian diode yang disusun menjadi sebuah lampu.

Itulah sebabnya mengapa lampu jenis ini terbukti lebih mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, dengan konsumsi daya yang justru lebih rendah atau efisien.

Sayangnya, lampu LED menghasilkan panas yang cukup tinggi, sehingga dibutuhkan adanya komponen pendingin dalam rangkaian lampu. Maka dari itu, saat melakukan penggantian, perhatikan betul di mana lampu tersebut akan diletakkan.

Apabila Anda ingin menggunakannya sebagai lampu depan, pastikan kalau pemasangan dilakukan dengan benar. Selain itu, pastikan pula kalau jalur rangkaiannya jauh dari kemungkinan terkena hawa panas mesin.

Detail Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Lampu LED Memiliki Kelebihan dan Kekurangan
Lampu LED Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari lampu LED? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Lampu LED

1. Sinar Lampu Lebih Terang

Salah satu kelebihan dari teknologi LED terletak pada terangnya pancaran sinar yang dihasilkannya. Bahkan, pancaran cahayanya jauh lebih terang dan jangkauannya lebih jauh jika dibandingkan dengan lampu halogen atau HID.

2. Hemat Daya

Keunggulan berikutnya dari lampu jenis LED terletak pada daya listrik yang dibutuhkannya. Dalam hal ini, daya yang dibutuhkan oleh lampu jenis ini lebih sedikit dibandingkan daya yang dibutuhkan oleh lampu halogen dan HID.

Tidak heran jika lampu jenis ini banyak dijadikan sebagai lampu utama dan lampu kabut oleh pabrikan mobil.

3. Usia Pakai Lebih Lama

Keunggulan lainnya dari lampu LED terletak pada masa pakainya. Dalam hal ini, lampu LED terbukti memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk sering mengganti bohlam lampu secara berkala.

4. Dimensi Lebih Kompak

Dimensi pada rangkaian lampu LED lebih efisien dan lebih kompak dibandingkan lampu HID atau halogen. Tidak heran jika tampilan desain lampu jenis ini terlihat lebih cantik pada mobil modern.

Kekurangan Lampu LED

1. Sinar Putihnya Kurang Efektif Pada Cuaca Tertentu

Salah satu kekurangan utama dari lampu LED adalah cahaya putihnya yang dianggap kurang maksimal dalam memberikan pencahayaan ketika cuaca sedang hujan atau berkabut. Oleh karena itu, ketika mobil Anda melintasi lingkungan berkabut, Anda mesti menyalakan lampu kabut untuk membantu lampu utama.

2. Harga Aftermarketnya Mahal

Jika ingin mengupgrade lampu utama mobil Anda yang sebelumnya menggunakan lampu halogen dan HID ke LED, maka siap-siap untuk menguras isi dompet Anda. Sebab, harga pasaran aftermarket untuk lampu Led yang berkualitas masih sangat mahal. Selain itu, dibutuhkan teknik khusus dalam memasangnya.

3. Harga Jualnya Lebih mahal dan Sulitnya Diperbaiki

Perlu diketahui bahwa lampu LED tidak sama seperti lampu konvensional. Jika lampu konvensional mati, tinggal ganti saja bohlamnya. Tapi untuk lampu LED agak sedikit rumit, karena pada sebagian tipe, rangkaian dan konstruksi lebih rumit dan mahal jika ingin diperbaiki.

Demikianlah informasi mengenai lampu LED serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Setelah membaca ulasan ini, tentu Anda bisa mempertimbangkan dengan bijak apakah akan melakukan upgrade untuk lampu mobil Anda menjadi LED atau tidak.

Cari mobil bekas? Ya di LacakHarga Mobil dong.