Keberadaan garasi mobil sangatlah penting. Tidak hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan mobil yang aman, tetapi juga menambah keindahan tampilan rumah Anda. Oleh karena itu, tidak boleh asal memilih model garasi mobil.

Posisi garasi mobil berbeda-beda. Ada yang posisinya di depan, belakang, atau samping rumah. Ada yang bersambung dengan bangunan rumah dan ada yang terpisah. Bahkan, saat ini sudah banyak garasi mobil yang letaknya di lantai 2.

Jika Anda ingin membuat garasi mobil yang terlihat modern, di bawah ini akan disebutkan beberapa inspirasi model yang bisa Anda tiru. Penasaran dengan model garasinya? Yuk simak ulasannya.

Detail Ulasan 11 Model Garasi Mobil yang Terlihat Modern

1. Garasi dengan Nuansa Kayu

Garasi Mobil dengan Nuansa Kayu
Garasi Mobil dengan Nuansa Kayu (Source : carro.id)

Inspirasi garasi mobil yang satu ini terlihat sangat modern dan mewah. Material utama yang digunakannya juga berkelas, yaitu menggunakan kombinasi kayu dengan beton. Sangat cocok digunakan untuk menyimpan mobil mewah kesayangan Anda

Agar kesan modern dan mewah terlihat jelas, pencahayaan yang digunakannya harus tepat.  

2. Garasi dengan Kaca Buram

Garasi dengan Kaca Buram
Garasi dengan Kaca Buram (Source : nationaldoor)

Penggunaan pintu kaca pada garasi mobil tidak hanya memberikan kesan modern, tetapi juga memberikan kesan lega, terutama jika ruang garasi tidak begitu luas. Selain itu, pintu kaca pada garasi juga lebih memaksimalkan distribusi cahaya yang masuk ke dalam garasi mobil.

Agar lebih tahan benturan dan tidak mudah pecah, Anda bisa menambahkan lapisan kaca khusus. Sedangkan untuk privasi, Anda juga bisa menggunakan pintu garasi dari jenis kaca buram. Tidak hanya memberikan privasi, tetapi bagian eksterior rumah Anda lebih mendapatkan pancaran cahaya redup tatkala lampu garasi dinyalakan dari dalam.

3. Garasi Minimalis Split Level

Garasi Minimalis Split Level
Garasi Minimalis Split Level (Source : architecturaldesigns)

Inspirasi model garasi mobil lainnya yang juga terlihat modern adalah garasi minimalis split level. Jenis garasi seperti ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang tinggal di kawasan dengan lahan berkontur atau ingin mengefisiensi ruang.

Anda juga bisa memanfaatkan lantai bawah rumah Anda sebagai garasi. Nantinya desain garasi tersebut dibuat menyatu dengan keseluruhan rumah. Dengan begitu, Anda bisa memiliki garasi yang lumayan luas untuk menyimpan mobil kesayangan Anda.

4. Garasi Setengah Terbuka

Garasi Setengah Terbuka
Garasi Setengah Terbuka (Source : toriqa.com)

Garasi tertutup memang lebih sempurna dalam melindungi mobil Anda dari terpaan hujan dan panas matahari. Tapi bukan berarti garasi setengah terbuka tidak cocok digunakan. Dengan desain yang tepat, Anda bisa menciptakan garasi setengah terbuka yang tetap menerapkan fungsi di atas.

Salah satu desain garasi setengah terbuka yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan konsep dinding ekspos dan gerbang kayu. Desain ini akan memberikan tampilan modern dan mewah pada garasi mobil Anda.

5. Garasi Terbuka dengan Kanopi Panjang

Garasi Terbuka dengan Kanopi Panjang
Garasi Terbuka dengan Kanopi Panjang (Source : homify.in)

Garasi mobil yang terlihat modern dan mewah tidak selamanya harus berbentuk bangunan khusus. Anda juga bisa membuat garasi mobil yang bersifat terbuka dengan menggunakan pelindung atap berupa kanopi panjang.

Agar tidak terkesan kaku dan tidak terlihat membosankan, tinggal tambahkan dinding kayu artistik sehingga kesan natural dan hangat terlihat jelas pada garasi tersebut.

Garasi model seperti ini semakin terlihat ‘sempurna’ jika digunakan pada rumah yang mengusung konsep desain Jepang. Garasi mobil dengan model ini juga multifungsi, karena anggota keluarga bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan di luar ruangan ketika mobil Anda sedang tidak diparkir di situ.

6. Garasi Depan Rumah Tanpa Pintu


Garasi Mobil Depan Rumah Tanpa Pintu
Garasi Mobil Depan Rumah Tanpa Pintu (Source : archdaily.com)

Garasi mobil yang satu ini tanpa pintu dan posisinya berada di depan rumah. Desainnya tinggal dibuat modern dan mewah. Jika mobil Anda lebih dari satu, tinggal diparkir berjajar seperti lagi “nongkrong” di depan teras.

Penggunaan garansi mobil dengan model seperti ini akan menjadikan kendaraan Anda terpampang dengan jelas. Oleh karena itu, desain garasi seperti ini hanya disarankan bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

7. Garasi Pintu Lipat

Garasi Pintu Lipat
Garasi Pintu Lipat (Source : pintugarasisurabaya.com)

Inspirasi model garasi mobil lainnya yang juga terlihat modern dan bisa Anda terapkan adalah model garasi pintu lipat. Untuk menambahkan kesan elegan, Anda tinggal menambahkan nuansa besi pada beberapa bagian garasi.

Agar terlihat semakin modern dan mewah, pastikan Anda menggunakan model pintu lipat yang tepat. Tapi ingat, jangan semata-mata terpaku pada model, sehingga kurang memerhatikan apakah pintu garasi berfungsi dengan baik atau tidak.

8. Garasi Bertema Country

Garasi Mobil Bertema Country
Garasi Mobil Bertema Country (Source : temonggo.com)

Garansi mobil bertema country umumnya digunakan di Amerika dan Eropa. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya di rumah Anda. Sebab, desainnya terlihat cocok dengan model-model rumah di Indonesia.

Garasi mobil model ini memang terlihat unik dan menarik. Dengan menambahkan beberapa ornamen seperti batu bata atau alam yang disesuaikan dengan dinding yang terbuat dari batu ekspos, garasi mobil Anda akan terlihat modern dan elegan.

Untuk penutup garasi, Anda bisa menggunakan pagar besi. Sedangkan bagian atapnya menggunakan kanopi berbahan fiber glass.

9. Garasi dengan Sectional Door

Garasi dengan Sectional Door
Garasi dengan Sectional Door (Source : caranddriver.com)

Jika ingin membuat garasi untuk menyimpan beberapa mobil mewah yang Anda miliki, maka garasi dengan sectional garage door merupakan pilihan yang tepat.

Desain pintunya melipat ke atas sehingga lebih praktis. Perpaduan model garasi dan desain pintunya bakalan memberikan kesan mewah dan modern pada garasi tersebut.

10. Garasi dengan Pencahayaan Menarik

Garasi dengan Pencahayaan Menarik
Garasi dengan Pencahayaan Menarik (Source : jasaarsitekjogja.com)

Desain modern dan mewah tidak hanya bisa terwujud dengan penggunaan bahan tertentu pada garasi mobil, tetapi juga pencahayaan yang diterapkan padanya.

Desain garasi mobil ini menekankan penggunaan lampu besar pada langit-langit garasi. Sehingga, cahaya lampu tersebut akan memberikan pantulan cahaya menarik pada badan mobil.

Baca juga: Apa saja mobil Eropa yang terjangkau dan laris di Indonesia?

11. Garasi Multifungsi

Garasi Multifungsi
Garasi Multifungsi (Source : mustikaland.co.id)

Jika lahan rumah Anda sempit padahal Anda membutuhkan garasi mobil, manfaatkan saja sisa tanah yang ada untuk membuat garasi multifungsi. Sesuai dengan namanya, garasi tersebut nantinya bisa difungsikan untuk yang lain, seperti untuk gudang atau yang lainnya.

Agar terkesan modern, Anda hanya perlu membuat garasi dengan desain yang tepat. Tinggal gunakan bahan-bahan berkualitas yang dipadukan dengan desain garasi mobil yang tepat.

Demikianlah informasi mengenai 11 inspirasi garasi mobil yang terlihat modern. Jika Anda membutuhkan garasi modern, tinggal pilih saja dari desain garasi mobil yang disebutkan di atas yang paling tepat bagi Anda.