Autosol pembersih karat merupakan pilihan terbaik yang akan membuat karat di motor atau benda berbahan besi lain hilang. Penerapannya dengan tepat akan membuat komponen di kendaraan terlihat seperti baru lagi.

Banyak yang menyebut jika produk ini adalah pasta ajaib karena dapat mengubah komponen yang awalnya berkarat menjadi bersih seketika. Produk ini semakin unggul karena harganya sangat ramah di kantong.

Fungsi Autosol yang Perlu Anda Ketahui

autosol
Autosol Pembersih Karat Terbaik (Source : universalcycle.ca)

Tidak sedikit masyarakat yang masih bingung mencari sebuah produk untuk membersihkan bagian-bagian berkarat dari kendaraan. Jika Anda salah satunya, dapat menjadikan Autosol sebagai solusi terbaik.

Autosol sendiri merupakan pengkilap logam yang mampu menghilangkan karat dengan mudah tanpa menghabiskan waktu lama. Kemampuannya ini didapatkan dari berbagai kandungan di dalamnya.

Menyinggung mengenai kandungan Autosol, di dalamnya terdapat 15-30% aliphatic hydrocarbons, 5-15% aromatic, sabun, dan anionic surfactants. Seluruhnya saling bekerja sama untuk memberikan hasil sesuai dengan ekspektasi para penggunanya.

Kabar baiknya, bukan hanya komponen berbahan besi saja yang bisa disulap seperti baru lagi namun juga seluruh komponen berbahan metal. Contohnya yaitu kuningan, lapisan krom, tembaga, nikel, dan stainles steel.

Kemampuan dari produk pengkilap ini tidak bisa diragukan karena diklaim mampu melindungi, membersihkan, dan mengkilapkan berbagai benda dari bahan yang telah disebutkan.

Umumnya jika penerapannya pada motor, bagian-bagian yang dituju adalah mesin, pelek, stang, tuas rem, knalpot, dan lain sebagainya. Sebab bagian tersebut lah yang terbuat dari metal.

Pastikan menerapkan aturan pakai sesuai arahan yang terdapat di balik kemasan. Hindari penggunaan berlebihan karena meskipun efeknya baik, kandungan kimianya dapat memberikan dampak buruk.

Pemanfaatan Autosol untuk Membersihkan Spion dan Mika Lampu

Meski ukurannya kecil, kemampuan Autosol sangat mengagumkan. Selain benda berbahan metal, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan spion sekaligus mika lampu supaya terlihat lebih mengkilap dan tentunya bersih. Penjelasan lebih lanjutnya sebagai berikut:

1. Membersihkan Spion

Spion Mobil
Ilustrasi Membersihkan Spion Mobil dengan Autosol (Source : mobilmo.com)

Spion perlu dibersihkan secara berkala supaya dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Bagian ini memang sering terlihat kotor karena air hujan yang bercampur kotoran ataupun kerak dari debu.

Pembersihan spion sangatlah penting untuk dilakukan secara berkala supaya saat berkendara tidak sampai mengalami kejadian membahayakan. Bagian ini tidak boleh dianggap remeh fungsinya meski ukurannya tidak begitu besar, namun dapat meningkatkan keselamatan berkendara.

Pembersihan dari spion perlu dilakukan menggunakan produk khusus. Sebaiknya hindari menggunakan perlengkapan yang tidak didesain untuk membersihkan spion. Tindakan tersebut bisa mengakibatkan dampak buruk misalnya saja membuat kaca spion buram.

Cara penggunaannya tidak sulit, cukup oleskan secara merata Autosol ke seluruh bagian spion. Tunggu beberapa saat sampai zat di dalamnya bereaksi, kemudian lap menggunakan kapas atau tisu bersih.

Setelah dibersihkan, jangan kaget jika kaca spion akan memiliki penampilan seperti baru. Dengan begitu Anda bisa melihat dengan jelas jika ada bahaya yang mengancam dari arah belakang.

2. Membersihkan Mika Lampu

Mika Lampu Mobil
Ilustrasi Membersihkan Mika Lampu Mobil dengan Autosol (Source : Tribunnews)

Mika lampu yang kusam bisa membuat tampilan dari kendaraan menjadi kurang cantik. Anda perlu melakukan pembersihan pada bagian tersebut secara berkala. Sebaiknya tidak membiarkannya sampai terlihat sangat kotor.

Perlu diingat, kotoran yang menempel pada mika lampu dan dibiarkan dalam jangka waktu lama apalagi berpadu dengan cairan maka dapat memicu munculnya karat atau kerak kotoran.

Bersihkan mika lampu menggunakan Autosol dengan kadar paling disarankan. Cara penerapannya yaitu dengan mengoleskan pasta Autosol ke kain atau tisu lembut kemudian ratakan ke seluruh bagian dari mika lampu. Lihat bagaimana perubahan yang terjadi secara kilat.

Cara Menggunakan Autosol dengan Benar

Penerapan Autosol ke komponen berbahan metal tidak boleh sembarangan. Anda perlu mengetahui teknik paling tepat supaya efek yang diberikannya terlihat jelas. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

 1. Tuangkan Pasta Autosol ke Koran atau Kardus

Tuangkan Autosol ke Kardus
Tuangkan Pasta Autosol ke Koran atau Kardus (Source : moladin.com)

Buka terlebih dahulu Autosol yang Anda miliki di rumah. Keluarkan pasta yang ada di dalamnya secukupnya saja jangan berlebihan. Letakkan tepat di salah satu sisi aplikator baik di koran atau applicator pad.

Jika tidak ingin mengeluarkan dana besar untuk membeli aplikator pad, Anda bisa mencari alternatifnya berupa koran atau kardus. Selain murah, produk ini mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

2. Ratakan Autosol ke Permukaan Logam yang Ingin Dibersihkan

Ratakan Autosol ke Permukaan Logam
Ratakan Autosol ke Permukaan Logam (Source : autosol.com.au)

Pasta yang telah Anda ambil sebelumnya kemudian harus diratakan ke seluruh bagian komponen tujuan. Jangan lewatkan lekukan kecil yang masih dapat dijangkau agar karat tidak sampai menyebar ke area lain kemudian mengikis lapisan metal.

Bagian motor yang umum terkena karat adalah knalpot, mesin, setang, dan pelek. Lakukan pembersihan dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik. Prosesnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Pastikan mengoleskan seluruh pasta ke bagian-bagian yang terlihat perlu perawatan. Hindari mengoleskan pasta terlalu keras karena ditakutkan malah akan membuat bagian besi tergores dan merusak tampilannya.

3. Lap Menggunakan Baju Bekas yang Halus dan Bersih

Lap Bekas Autosol dengan Kain
Lap Pakai Baju Bekas (Source : autosolthailand.com)

Setelah seluruh proses yang dijelaskan sebelumnya Anda jalankan, lanjutkan dengan membersihkan seluruh bagian yang diolesi Autosol menggunakan baju bekas bersih. Lakukan secara lembut supaya tidak sampai menggores permukaannya.

Hasil dari produk pengkilap ini bisa semakin bagus apabila sebelum diaplikasikan Autosol dicuci bersih terlebih dahu. Debu-debu dan kotoran yang menempel bisa terlarut dengan air. Alhasil, zat di dalam Autosol langsung mengenai permukaan komponen.

Itulah ulasan mengenai Autosol pembersih karatyang perlu Anda terapkan. Dengan menggunakan pembersih ini, kebersihan kendaraan selalu terjaga dan terlihat tetap bagus meski telah lama digunakan.