Melakukan servis berkala mobilperlu dilakukan untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap baik. Informasi ini sangat perlu diketahui oleh Anda yang baru menggunakan mobil. Jangan biarkan kendaraan rusak terlebih dahulu baru melakukan perbaikan.

Service sendiri perlu dilakukan oleh orang berpengalaman supaya hasilnya bagus. Hanya saja jika akan melakukan servis, sebaiknya ketahui berapa kisaran biayanya. Semakin parah kerusakan mobil, tentu saja harganya servicenya semakin mahal.

Manfaat Penting Service Berkala Mobil

Service Mobil Secara Berkala Memiliki Keuntungan yang Sangat Besar
Service Mobil Secara Berkala Memiliki Manfaat yang Sangat Besar

Jangan hanya digunakan saja, perlu dilakukan perawatan berkala pada mobil untuk mencegah munculnya masalah berat dikemudian hari. Selain tujuan tersebut, ada lagi manfaat penting service berkala. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya pada ulasan berikut:

1. Membuat Umur Kendaraan Lebih Lama

Pada saat service, komponen mobil akan diperiksa dengan teliti. Jika ada masalah, maka perbaikan akan dilakukan. Hal itu dapat mempertahankan keoptimalan mesin dan komponen mobil lainnya.

Perawatan yang dilakukan dengan tepat menjadi kunci mengapa banyak kendaraan yang masih dapat berfungsi secara maksimal meski usianya sudah tua. Oleh karenanya, tetapkan jadwal tersendiri untuk service setiap bulannya.

2. Nilai Jual Kendaraan Stabil

Seperti yang kita tahu, mobil bekas akan dijual lebih murah dibandingkan mobil baru. Harganya bisa sangat turun apabila kendaraan tidak mendapatkan perawatan dengan tepat terutama di bagian mesinnya.

Berbeda dengan mobil yang sering diservice, kondisinya cenderung stabil. Tidak ada kata rusak tiba-tiba karena seluruh komponennya dirawat oleh ahli dalam bidangnya. Kenyamanan dan keamanan akan terjaga selama berkendara pada berbagai medan.

3. Berkesempatan Menghemat Pengeluaran

Alasan utama mengapa orang-orang enggan melakukan service tidak lain karena kendala biaya. Tenang, biasanya ketika Anda sudah menjadi pelanggan setia sebuah tempat service, Anda berkesempatan mendapatkan promo menarik.

Dari promo-promo yang ditawarkan, biaya service bisa ditekan. Bahkan sering ada tawaran paket-paket hemat sehingga perbaikan dapat dilakukan sekaligus. Sebab apabila ada komponen yang rusak, kemungkinan membuat performa mobil menurun drastis.

4. Kendaraan Tetap dalam Kondisi Prima

Kunci utama dari performa mesin yang terjaga adalah perawatan rutin. Mobil yang awalnya aman dikendarai akan berbahaya ketika komponen di dalamnya mengalami masalah terutama pada mesin, ban, dan rem.

Ada bagian lain yang cukup sensitif yaitu AC. Khusus untuk mobil yang sudah ber-AC, freonnya harus dicek secara berkala. Jangan sampai menunggu kehabisan jika tidak mau fungsinya melemah.

Daftar Biaya Service Berkala Mobil

Biaya Service Berkala Mobil Berbeda-beda,
Biaya Service Berkala Mobil Berbeda-beda, Tergantung Jarak Tempuh Mobil dan Kerusakan yang Ada

Ada beberapa komponen yang perlu dijaga kondisinya dengan service berkala. Komponen yang dimaksud mulai dari busi, filter AC, oli mesin, filter udara, ban, lampu, serta kanvas rem.

Pada service mobil, setidaknya terdapat 4 step yang menghabiskan biaya berbeda-beda. Supaya tidak bingung, simak pembahasannya pada ulasan berikut:

1. Service Mobil Berkala – 1.000 km

Jenis layanan service mobil ini menangani perawatan pada bagian bodi, oli mesin, kelistrikan, pengereman, transmisi, dan beberapa komponen penting lain. Menganai harganya tergantung dari layanan yang diberikan.

Semakin banyak bagian yang perlu dirawat, tentu saja akan menghabiskan dana besar. Agar terhindar dari hal tersebut, usahakan tidak menunggu sampai kendaraan terasa kurang nyaman digunakan untuk dibawa ke tukang service terpercaya.

2. Service Mobil Berkala – 70.000 km

Selanjutnya, ada service mobil 70.000 km yang berfokus pada perawatan mesin, kaki-kaki mobil, dan oli mesin. Karena tidak begitu banyak yang dirawat, setidaknya service ini menghabiskan dana sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 saja.

Sebenarnya, biaya service tidak begitu mahal jika dilakukan tepat waktu. Tetapi apabila sampai komponen mesin atau komponen penting lainnya rusak, tandanya perlu menghabiskan dana lebih besar untuk memperbaiki atau bahkan menggantinya.

3. Service Mobil Berkala – 100.000 km

Sebab memberikan performa tinggi, service mobil 100.000 km sedikit lebih mahal dari sebelumnya. Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 60.000 untuk memperbaiki komponen yang mengalami masalah.

Komponen-komponen tersebut mulai dari suspensi, sistem kemudi, dan sistem bahan bakar. Bagian ini memang perlu perawatan ekstra untuk menjaga performa mesin tidak menurun atau malah tidak berfungsi sama sekali.

4. Service Mobil Berkala – 120.000 km

Perawatan untuk 120.000 km menghabiskan dana sekitar Rp 40.000 – Rp 80.000 tergantung dari seberapa parah kerusakan. Tidak jauh berbeda dengan perawatan sebelum-sebelumnya, komponen yang diperiksa yakni rem, busi, minyak mesin, filter udara.

Komponen seperti filter udara penting untuk dirawat karena menentukan bagaimana kinerja AC mobil. Terkadang ketika filter udara mengalami masalah, maka udara dari AC akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Keuntungan Melakukan Servis Berkala Mobil

Service Berkala Mobil Penting Dilakukan untuk Menjaga Performa Mobil Tetap Bagus
Service Berkala Mobil Penting Dilakukan untuk Menjaga Performa Mobil Tetap Bagus

Meski harus mengeluarkan biaya rutin, tetapi ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan setelah melakukan service. Berikut pembahasan lebih lengkapnya:

  • Dengan service berkala, kondisi mobil tetap terjaga dengan baik sehingga penggunanya dapat menghemat pengeluaran. Tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar karena terlalu sering mengganti komponen penting pada mobil.
  • Keamanan pengendara semakin terjaga baik sebab selain mesinnya yang dijaga, komponen keamanan seperti air bag dapat bekerja sesuai fungsinya ketika sistem mendeteksi terjadinya benturan.
  • Menjaga agar AC tetap mengeluarkan udara dingin dan segar. Sebab pada beberapa kondisi, udara yang dikeluarkan AC bisa berubah menjadi panas dan berbau busuk.

Itulah pembahasan singkat mengenai servis berkala mobilyang sebaiknya tidak diabaikan. Jangan sampai menyesal karena mobil rusak akibat jarangnya melakukan perawatan yang layak.