Truk merupakan jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang, baik yang berukuran kecil maupun besar. Maksimal ukuran dan berat barang yang bisa diangkut sesuai dengan jenis dari mobil truk itu sendiri.

Kapasitas daya angkut maksimal masing-masing jenis truk sudah ditetapkan oleh pemerintah. Aturan tersebut tentunya terkait erat dengan keselamatan sopir dan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, pastikan truk yang Anda gunakan tidak mengangkut barang melebihi batas yang seharusnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ukuran bak truk dan kapasitas daya angkutnya. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini.

8 Jenis Truk Beserta Ukuran Baknya

1. Truk Pickup

Truk Pickup
Truk Pickup (Source : quora.com)

Jenis truk ini paling mudah dijumpai di jalan. Ukurannya yang paling kecil dibandingkan jenis truk lainnya menjadikannya sebagai kendaraan pengangkutan barang paling banyak di kota-kota besar. Bagaimana tidak, dibandingkan yang lainnya, truk yang satu ini bisa masuk ke lorong-lorong dan gang-gang sempit.

Jenis Truk pick up yang paling laris ada tiga jenis, yaitu pick up L300 bak, pick up box, serta pick up reefer. Adapun L300, truk ini paling sering dimanfaatkan untuk membawa barang-barang random.

Kapasitas truk untuk masing-masing dari ketiganya berbeda-beda. Pickup L300 memiliki ukuran panjang: 230 cm, lebar: 140 cm, serta tinggi: 30 cm. Ukuran bak truk tersebut memungkinkan untuk mengangkut 1 ton beban dengan dimensi volume 6 CBM.

Adapun Pickup Box dan pick up reefer, keduanya memiliki ukuran panjang sebesar 230 cm, lebar: 140 cm, dan tinggi: 124 cm. Kapasitas pengangkutan barangnya maksimal 1 ton, dengan dimensi volume yang lebih kecil, yaitu 4 CBM.

2. Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Truk Colt Diesel Engkel (CDE)
Truk Colt Diesel Engkel (CDE) (Source : toptrust.id)

Truk yang satu ini juga masih dikategorikan sebagai truk kecil atau ringan. Hanya saja, bodi dan muatannya masih lebih besar dibandingkan truk jenis pick up. Truk engkel menggunakan dua sumbu dengan jumlah roda hanya 4 buah, yaitu masing-masing 2 buah untuk ban depan dan ban belakang.

Terdapat 4 model truk CDE ini, yaitu CDE box, CDE bak, CDE reefer, dan CDE los bak. Ukuran bak dari semua model di atas hampir sama yaitu berkisar 9 – 11 CBM. Adapun panjangnya berukuran 300 cm, lebar 160 cm, serta tinggi 160 cm.

Kapasitas daya angkut dari Truk Colt Diesel Engkel (CDE) berkisar 1,5 – 2,5 ton. Truk jenis ini sering digunakan untuk membawa barang dari distributor ke gudang, supermarket, atau pabrik.

3. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk Colt Diesel Double (CDD)
Truk Colt Diesel Double (CDD) (Source : toptrust.id)

Truk colt diesel double memiliki nama lain yang lebih dikenal dengannya, yaitu truk canter. Truk ini ada 2 jenis  dengan jumlah roda total ada 6. Rinciannya, 2 di depan dan 4 dibelakang.

Kendaraan ini paling sering digunakan untuk mengangkut hasil kebun atau hasil tambang, serta dikhususkan untuk jalur dengan medan yang berat. Adapun jenis-jenis truk ini adalah CDD box, CDD bak, CDD bak long , DD los bak, CDD long box, CDD box reefer, serta CDD bak air galon.

Terkait bak truk CDD ini, dimensinya sebesar 11 – 43 CBM, dengan kapasitas muatan sebesar 2,5 – 14 ton.

4. Truk Fuso

Truk fuso terdiri dari 2 jenis, yaitu fuso bak dan fuso box. Ukuran bak truk standar dishub untuk jenis truk ini memiliki dimensi volume 25 CBM dengan panjang 700 cm lebar 250 cm dan tinggi 260 cm. Sedangkan kapasitas muatannya secara maksimal berkisar 10 ton.

Kapasitas masing-masing daya angkut untuk semua jenis truk tronton ini berkisar 30 CBM. Sementara kapasitas muatan yang dapat ditampungnya antara 10 sampai dengan 20 ton.

Baca Juga: Ukuran Dimensi Truk Beserta Jenisnya

5. Truk Tronton

Jenis truk yang satu ini merupakan truk andalan yang digunakan oleh ekspedisi dan jasa pengiriman barang. Keunggulannya terletak pada harga jualnya yang murah dan kapasitas pengangkutannya lebih banyak.

Saat ini ada empat jenis tronton, yaitu tronton box, tronton car carrier, tronton bak, dan tronton reefer.  Ukuran truk tronton ini yaitu sebesar 30 CBM, dengan kapasitas muatan berkisar 10 sampai dengan 20 ton.

6. Truk Wingbox

Truk Wings box merupakan jenis truk yang semua sisinya, termasuk sisi kanan, kiri, dan belakang bisa dibuka. Oleh karena itu, proses pemindahan barang menggunakan truk ini jauh lebih mudah dan cepat.

Dimensi volume truk jenis ini sebesar 65 CBM, sedangkan kapasitas muatannya mencapai 20 ton.

7. Truk Trailer

Truk trailer ini sering didesain sebagai kendaraan kargo untuk ekspedisi alat maupun kendaraan dan alat berat. Terdapat beberapa jenis truk trailer yang ada saat ini, di mana masing-masing memiliki dimensi yang mencapai 64 CBM. Sementara muatan maksimalnya berkisar 20 hingga 32 ton.

8. Container

Container merupakan jenis truk untuk penyimpanan barang berukuran besar. Dimensi volumenya berkisar 33 – 64 CBM. Adapun kapasitas maksimal untuk daya angkutnya mencapai 30 ton.

Itulah tadi jenis-jenis truk yang ada beserta ukuran bak dan kapasitas daya angkutnya. Jika Anda berminat untuk membeli truk, tentu Anda sudah mendapatkan gambaran sekilas terkait jenis truk dan fungsinya masing-masing.