Pekerjaan masyarakat Indonesia sangatlah beragam, salah satunya berprofesi menjadi sopir truk. Seperti yang kita tahu bahwa truk sendiri merupakan kendaraan berukuran besar yang sering digunakan untuk memuat barang-barang berukuran jumbo.

Oleh karena itulah sebelum mengendalikannya alangkah baiknya jika mengetahui beberapa hal seperti tipe truk, dimensi truk, dsb.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan sopir dalam menentukan barang apa yang akan diangkutnya nanti. Dengan begitu nantinya truk tidak akan oleng dan tergelincir dikarenakan kelebihan muatan. Tentulah jika sampai hal tersebut terjadi pasti akan sangat merugikan bagi sopir dan pemilik barang.

Bukan hanya  kapasitasnya saja yang akan menjadi pertimbangan sebelum melakukan perjalanan dan mengangkut barang. Akan tetapi ada pula rute perjalanan yang  juga menjadi hal penting yang harus di survey terlebih dahulu.

Bahkan sopir pun juga harus pandai dalam menghitung jarak dari tempat pengambilan barang sampai ke tujuannya.  Sebab faktor ini juga dapat mempengaruhi proses pengiriman barang yang akan dilakukan.

Jenis Truk Beserta Ukuran Dimensi Secara Umum

Untuk membantu para sopir dalam menentukan jenis truk beserta dimensinya yang nantinya digunakan sebagai alat kirim maka informasi berikut ini bisa sedikit membantu.

Oleh karenanya langsung saja simak beberapa uraian penting yang ada di bawah ini.

Dimensi Truk Pick Up

Jika dibandingkan dengan dimensi truk kontainer, Pick Up mungkin hanya sekitar sepertiganya saja. Hal ini memanglah wajar, karena truk yang satu ini biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang dengan ukuran dan bobot yang kecil.

Bisa dibilang mobil pengangkut satu ini merupakan yang paling kecil kapasitasnya daripada yang lainnya.

Pada umumnya Pick Up dipergunakan karena dinilai bisa memasuki gang-gang yang sempit dan kecil. Ada banyak jenis yang sering dikenal oleh masyarakat seperti Mitsubishi Colt Diesel, Suzuki Carry Pick Up, Daihatsu Grandmax Pick Up dll. Truk kecil ini memiliki ukuran bak dengan panjang kisaran 2-3 meter, tinggi 1-1,8 meter, dan lebar 1-1,8 meter. 

Sementara itu untuk kapasitas muatannya sendiri hanya di angka 1-2 ton dengan volume 7 kubik saja. Tentu hal itu tidak ada apa-apanya jika disandingkan dengan truk-truk pengangkut yang memiliki ukuran besar. Seperti dimensi truk tronton misalnya, yang memang digunakan sebagai perantara untuk muatan barang-barang yang jauh lebih besar dan berat.

Dimensi Truk Engkel Colt Diesel

Truk engkel colt diesel dari Mitsubishi Fuso
Truk engkel colt diesel dari Mitsubishi

Mempunyai enam roda yang menjadi penggeraknya membuat Truk Colt Diesel juga sering dipakai untuk memuat barang dengan bobot agak berat.

Meskipun tergolong kecil akan tetapi kapasitasnya juga termasuk mumpuni jika digolongkan di kelas mobil otomotif pengangkut barang. Pasalnya kekuatan truk ini bisa dibantu oleh dua roda belakangnya.

Oleh karena itulah tak heran jika muatan yang bisa diangkutnya mencapai bobot 2-3,5 ton. Ukuran bak dari Truk Colt Diesel yakni tinggi 1-1,8 meter, dengan lebar truk 1-1,8 meter dan panjang 2-3 meter.

Sementara itu untuk volumenya mencapai 7 kubik. Meskipun masih berada  jauh di bawah dimensi truk fuso, namun kendaraan ini masih bisa berguna untuk pengangkutan barang.

Dimensi Truk Colt Diesel Double

Truk Colt Diesel Double memang masih satu model dengan jenis yang di atas. Hanya saja ada beberapa hal yang menjadi perbedaan diantara keduanya. Ukuran dari kendaraan satu ini juga terbilang cukup kecil. Itu artinya kapasitasnya tidak melebihi truk muatan besar lainnya, seperti dimensi truk engkel box.

Kapasitas maksimal yang dapat diangkut oleh truk ini sebesar 4 ton saja. Sementara itu untuk ukuran karoseri panjang 3,6 meter dengan lebar 2 meter.

Dengan begitu bisa dikira-kira sendiri oleh sopir barang apa yang cocok dimuat oleh truk ini. Sehingga beban itu tidak terlalu memberatkan kendaraan, dan mencegah terjadinya kecelakaan karena muatan berlebih.

Dimensi Truk Fuso

Truk Mitsubishi Fuso
Truk Mitsubishi Fuso

Jika tadi membahas tentang truk muatan barang yang berkapasitas kecil, di penjelasan kali ini akan lebih bervariasi. Yakni penjelasan tentang kendaraan yang memiliki ukuran sedang. Sehingga barang yang dimuat pun akan lebih meningkat bobotnya, meskipun tidak terlalu menonjol.

Truk Mitsubishi Fuso adalah merk & jenis kendaraan beroda empat yang juga biasa dimanfaatkan untuk mengantarkan barang pesanan orang lain.

Dikarenakan hanya memiliki kapasitas beban maksimal 7 ton, itu artinya truk Fuso ini tidak dapat digunakan untuk mengangkut barang tambang, kayu besar, dan benda berukuran jumbo lainnya. Namun tentunya bobot barang yang bisa dibawa melebihi dimensi truk engkel.

Sedangkan untuk ukuran baknya sendiri hanya kisaran panjang 6-7 meter, tinggi 2-2,5 meter, dan lebar truk mencapai 2-2,5 meter. Apabila dihitung volume kapasitasnya hanya berkisar 29 kubik saja. Dengan begitu pembawa truk harus bisa lebih mengontrol barang bawaannya.

Dimensi Truk Tronton

Dimensi truk tronton
Dimensi truk tronton (Foto: mandalatrans.com)

Siapa yang tak mengetahui tentang Truk Tronton? Kendaraan besar yang memiliki 10 roda untuk menggerakan badannya. Tentu semua sudah pernah melihatnya bukan? Apalagi jika di sekitar rumahnya terdapat lokasi ekspedisi barang-barang berat, atau industri kayu pastilah pemandangan lalu lalang truk satu ini sudah biasa.

Dengan adanya penunjang roda yang tak sedikit jumlahnya dan berukuran besar pula membuat Truk Tronton sering difungsikan untuk mengantar beban yang berat.

ahkan sekali angkut kendaraan ini mampu membawa muatan mencapai 25-30 ton. Untuk ukuran baknya sendiri kisaran tinggi 2,3 meter, panjang 7-9 meter dan lebar 2,2-2,5 meter.

Ada beragam jenis modifikasi dari Truk Tronton tergantung kebutuhan pemilik. Misalnya saja diubah menjadi dump truck yang dilengkapi dengan fasilitas hydrolik, truk tangki dan truk sampah.

Banyaknya multifungsi dari kendaraan ini membuat siapapun yang ingin memilikinya harus mengeluarkan jumlah uang yang cukup banyak.

Dimensi Truk Wing Box

Salah satu contoh truk wing box menggunakan Hino 500
Salah satu contoh truk wing box menggunakan Hino 500 (Foto: N/A)

Jika di atas ada Tronton maka kali ini terdapat jenis armada yang tak kalah favorit yaitu Truk WingBox. Truk satu ini lebih banyak peminatnya karena dianggap memiliki beberapa kelebihan.

Salah satunya ialah pada ketiga sisi truk (kiri, belakang, kanan) bisa dibuka semuanya. Sehingga dapat memudahkan orang ketika ingin memasukkan atau mengeluarkan barang.

Dengan begitu waktu bekerja pun akan lebih singkat. Berdasarkan sumbunya Truk Wing Box) memiliki 2 jenis yaitu 3 sumbu dan 2 sumbu.

Pada umumnya beban maksimal yang dapat di angkut oleh truk jenis ini mencapai 32-36 ton atau bervolume 34 kubik. Kemudian untuk ukuran panjangnya sendiri mencapai 8.85 meter, dengan lebar 2,4 meter dan tinggi 2,1 meter.

Namun yang perlu diketahui disini ialah kapasitas barang yang bisa di bawa oleh truk ini menyesuaikan jenisnya. Hal itu di karenakan Wing Box sendiri sengaja di buat dengan beberapa tipe, salah satunya built-up atau bukan buatan dari produsen kendaraan truk.

Dimensi Truk Trailer

Truk trailer dimensinya sangat panjang sekali
Truk trailer dimensinya sangat panjang sekali

Truk Trailer ialah salah satu bagian dari armada transportasi darat yang mempunyai kapasitas beban angkut yang sangat kuat. Yakni kisaran 20-60 ton untuk sekali bawa. Hal ini dikarenakan Trailer sendiri memang dirancang sebagai kargo yang akan digunakan untuk mengirim alat-alat berat ataupun kendaraan berat.

Trailer dibedakan menjadi 2 jenis yaitu 40 feet dengan jumlah sumbu 4 dan 5. Kemudian jenis 20 feet dengan jumlah 6 sumbu. Berbeda dari yang lainnya Trailer memiliki tipe yang lebih beragam yakni, flatbed, lowbed, box dsb. Sementara itu baknya memiliki ukuran lebar 2,3 meter,panjang 6 meter dan tinggi 2,5-3 meter.

Dimensi Truk Kontainer

Truk kontainer di pelabuhan
Truk kontainer di pelabuhan (Foto: truckmagz.com)

Truk Kontainer sendiri sebenarnya bukan termasuk armada darat melainkan lebih diartikan sebagai peti kemas yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Hanya saja peti kemas tersebut dilengkapi oleh roda truk sehingga dapat berjalan kemana-mana sesuai dengan tujuan pengendaranya.

Jika ditanya kapasitas, tentu truk satu ini memiliki jumlah maksimal beban yang lebih besar dari dimensi truk trailer. Namun semua itu tergantung pada jenisnya. Dimana untuk 20 feet berkapasitas 20 ton, sedangkan 40 feet berkapasitas 27-65 ton. 

Demikianlah penjelasan terkait beberapa jenis dimensi truk yang akan memberikan gambaran terkait pengangkutan barang.

Pertanyaan Seputar Truk

1 engkel ukurannya berapa kubik?

Kalau truknya adalah truk engkel box besarannya adalah sekitar 9 meter kubik (310 cm x 170 cm x 170 cm). Namun jika truknya adalah engkel bak, maka besarannya ada sekitar 8,4 meter kubik (310 cm x 170 cm x 160 cm).

Berapa tinggi truk kontainer?

Truk kontainer dengan peti kemas ukuran standar tingginya 2,6 m, namun jika kontainernya adalah peti kemas HC (High Cube) maka tingginya sekitar 2,9 m.

Kata Penutup

Dengan begitu sopir yang akan membawa salah satu diantara jenis kendaraan tersebut akan lebih nyaman dalam mengendalikannya. Tentulah hal ini juga bisa memperkecil resiko kecelakaan seperti yang sudah terjadi di dahulunya.