Kebutuhan akan tempat tinggal yang terus meningkat dari tahun ke tahun menjadikan tingkat peluang keberhasilan investasi properti sangatlah besar. Terlebih lagi di daerah perkotaan yang keberadaan lahan untuk membangun tempat tinggal semakin berkurang dan harganya juga semakin mahal.

Dari beberapa jenis investasi properti yang ada, investasi apartemen khususnya di daerah perkotaan sangat potensial. Penyebabnya tidak lain karena gaya hidup masyarakat urban yang mau serba mudah dan praktis, termasuk dalam hal tempat tinggal.

Tidak heran jika tingkat penjualan apartemen di daerah perkotaan khususnya kota-kota besar sangat tinggi. Harga jualnya pun bervariasi, tergantung fasilitas yang tersedia di dalam apartemen tersebut.

Detail Ulasan 7 Tips Investasi Apartemen yang Tepat Bagi Pemula

Cara Tepat Bagi Seorang Pemula untuk Investasi Apartemen

Meskipun investasi apartemen sangat potensial dan menguntungkan, tetap saja tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, terutama jika Anda memang masih pemula di bidang ini. Ada beberapa tips investasi apartemen yang perlu diperhatikan khususnya bagi pemula.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Membeli apartemen untuk kebutuhan investasi tidak boleh sembarangan. Lokasinya harus betul-betul diperhatikan, apakah strategis atau tidak. Jadi tidak boleh terpaku hanya pada harga jual yang murah.

Pilihlah apartemen yang lokasinya strategis, misalnya dekat dari rumah sakit, perkantoran, tempat-tempat hiburan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Perhatikan juga kondisi lingkungan di sekitar apartemen. Pastikan lokasinya aman dan tidak rawan kejahatan.  Jika lokasinya strategis, tentu apartemen tersebut akan mudah dijual kembali atau disewakan.

2. Pertimbangkan Harga Unit

Meskipun lokasi apartemen yang ingin dibeli sebagai investasi sudah strategis, pertimbangkan juga harga unitnya. Pasalnya, Anda membelinya untuk keperluan investasi dalam bentuk dijual kembali atau disewakan.

Jika harganya terlalu mahal, besar kemungkinan Anda akan kesulitan ketika ingin menjualnya kembali karena harganya pasti akan lebih mahal lagi. Jika pun disewakan, harga sewanya juga tidak murah.

Oleh karena itu, pertimbangkan sebaik mungkin harga unit apartemen yang ingin dijadikan investasi. Cari informasi harga apartemen-apartemen yang berada di sekitarnya, termasuk fasilitas dan biaya maintenance.

Jika memang harga dan fasilitas yang ditawarkan sudah sesuai, barulah Anda membelinya untuk dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan.

Baca Juga: Mengapa Harga Apartemen Mahal? Simak Ulasannya, Yuk!

3. Pertimbangkan Lantai Apartemen

Meskipun poin yang ketiga ini bukan keharusan, tapi tidak ada salahnya jika diperhatikan. Sebab, sebagian calon penyewa sangat memperhatikan posisi lantai unit apartemen yang ingin disewanya.

Sebagian orang lebih senang menyewa unit apartemen di lantai atas karena bisa menyaksikan panorama alam sekitarnya dengan jelas. Sebagian lainnya lebih suka menyewa apartemen di lantai paling bawah karena akses ke luar lebih cepat dan mudah.

4. Cek Kelengkapan Legalitas Apartemen

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen yang ingin dijadikan investasi, cek terlebih dahulu kelengkapan legalitas apartemen tersebut. Kelengkapan legalitasnya mencakup surat izin pembangunan dan legalitas tanah.

Jangan terburu-buru membeli sebuah apartemen hanya karena harganya murah, sebelum memastikan legalitas tersebut. Jika tidak, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan Anda.

Jika sampai tanah tempat membangun apartemen tersebut milik pemerintah atau milik orang lain, tentu Anda akan dirugikan. Sebab, apartemen tersebut pasti akan digusur ketika pemilik tanah mengajukan gugatan dan dimenangkan oleh pengadilan.

5. Cek Reputasi Developer

Anda Pemula dalam Investasi Apartemen? Tips Kali Ini Akan Membantu Anda

Mengecek riwayat atau reputasi developer apartemen juga penting dilakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah apartemen. Hal ini untuk mencegah tindak penipuan yang bisa saja dilakukan oleh developer nakal.

Cari tahu riwayat perusahaan developer tersebut. Berdirinya tahun berapa? portfolio proyeknya apa saja?  reputasinya sejauh mana? dan lain sebagainya. Jika semuanya jelas dan reputasinya baik, barulah Anda berinvestasi di situ.

Jika Anda diajak berinvestasi pada proses pembangunan apartemen, cek terlebih dahulu apakah developer tersebut memiliki proyek pembangunan apartemen yang sedang berjalan di tempat lain atau tidak. Jika memang ada, sebaiknya jangan berinvestasi di situ.

Alasannya? Dikhawatirkan proses pembangunan apartemen tempat Anda berinvestasi sejak awal mengalami kendala kemacetan dana. Hal ini bisa saja terjadi, karena dana untuk pembangunan apartemen sangat besar. Bisa saja dana Anda digunakan untuk proyek lain yang sedang berjalan di tempat lain.

6. Periksa Kembali Pilihan Apartemen Sebelum Membeli

Meskipun Anda sudah menemukan apartemen yang memenuhi kriteria untuk dibeli sebagai investasi, bukan berarti Anda boleh terburu-buru membelinya. Sebaiknya periksa dan pertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk membelinya.

Coba lakukan pengecekan ke beberapa apartemen yang semisal di lokasi yang sama atau berbeda. Bisa saja Anda melewatkan apartemen yang lebih murah, lebih bagus, serta memiliki fasilitas yang lebih lengkap.

Jika memang Anda sudah memeriksa dan mempertimbangkan kembali dan tetap yakin untuk membelinya, barulah Anda membeli apartemen tersebut.

7. Gunakan Jasa Agen Properti Profesional

Jika ragu untuk mencari sendiri apartemen yang akan dibeli sebagai investasi, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa agen properti yang profesional. Selain lebih mudah dan tidak ribet, juga lebih aman bagi Anda yang masih pemula di bidang investasi ini.

Meskipun harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar jasa agen properti, tetap saja hal tersebut lebih menguntungkan bagi Anda selaku pemula. Sebab, jasa yang profesional akan membantu Anda melakukan pengecekan dan berbagai hal yang dibutuhkan.

Sehingga ketika Anda akhirnya memutuskan untuk membeli apartemen tersebut, semua sisi yang bisa menimbulkan kerugian bagi Anda bisa dihilangkan.

Selanjutnya, Anda tinggal meraih keuntungan dari hasil penjualan kembali atau biaya sewa apartemen tersebut.

Penutup

Demikianlah informasi seputar 7 tips investasi apartemen yang tepat bagi pemula. Tips-tips yang disebutkan di atas akan membantu Anda yang masih pemula ketika ingin berinvestasi pada sebuah apartemen.