Balkon tidak hanya dibangun di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah. Sebenarnya, balkon dalam rumah lebih dikenal dengan istilah mezzanine, yaitu ruang tambahan yang posisinya berada di antara lantai dan plafon.

Balkon dalam rumah bisa diaplikasikan pada semua jenis rumah, baik minimalis, rustic, dan yang lainnya. Dengan desain yang tepat, balkon tersebut bisa menjadi ruang tambahan dengan beragam fungsi.

Jika Anda tertarik untuk membuat balkon di dalam rumah, pastikan Anda memerhatikan beberapa poin penting yang akan disebutkan di bawah ini.

Cara Membuat Balkon di Dalam Rumah

Setidaknya ada 4 poin penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membuat balkon di dalam rumah. Poin-poin tersebut adalah sebagai berikut :

1. Penentuan Ukuran

Ukuran Balkon dalam Rumah Seharusnya Tidak Terlalu Besar
Ukuran Balkon dalam Rumah Seharusnya Tidak Terlalu Besar

Karena balkon yang akan dibuat letaknya di dalam rumah, sebaiknya ukurannya dibuat kecil saja. Jangan membuatnya dalam ukuran besar, karena balkon berukuran besar asalnya dibuat di luar rumah saja.

 Jika balkon dalam rumah dibuat dalam ukuran kecil, tentu tidak akan memakan banyak tempat dan tidak akan mendominasi ukuran ruangan lainnya.

2. Pemilihan Bahan Baku

Bahan Baku Balkon Indoor Sama dengan Outdoor
Bahan Baku Balkon Indoor Sama dengan Outdoor

Bahan baku pembuatan balkon di dalam rumah tidak jauh berbeda dengan balkon di luar rumah. Umumnya bahan baku yang digunakan adalah batu bata, semen, besi, dan yang lainnya. Perbedaan paling mencolok terletak pada pagar pembatas balkon saja.

3. Letak Balkon

Letak Balkon dalam Rumah Harus Terlihat Jelas
Letak Balkon dalam Rumah Harus Terlihat Jelas dari Lantai Dasar Rumah

Balkon sebaiknya dibuat di tempat yang mudah dilihat oleh penghuni rumah dan tamu yang datang berkunjung. Oleh karena itu, sebaiknya balkon dibuat di bagian ruang keluarga.

Jangan membuat penghalang semisal dinding pada balkon dalam rumah, agar pandangan ke lantai dasar rumah dari arah balkon tidak terhalangi.

4. Desain Balkon

Desain Balkon Dalam Rumah
Desain Balkon Dalam Rumah Harus Dibuat Semenarik Mungkin

Karena posisi balkon bisa dilihat dengan mudah oleh setiap tamu yang datang berkunjung, tentu saja desainnya tidak dibuat asal-asalan. Buatlah desain yang terlihat indah dan menyatu dengan ruang keluarga Anda.

Detail Ulasan 6 Ide Desain Balkon dalam Rumah

Setelah mengetahui 4 poin penting dalam membuat balkon dalam rumah, di bawah ini akan disebutkan beberapa ide balkon yang bisa Anda buat. Tertarik? Simak yuk!

1. Skywall


Desain Balkon Skywall
Desain Balkon Skywall (Source : 99.co)

Salah satu desain balkon dalam rumah yang bisa menjadi pilihan khususnya untuk rumah modern adalah apa yang dirancang oleh Bassam Fellows.

Pada desain ini, posisi balkon berada di tengah ruangan. Dinding ruangan terbuat dari kaca agar pencahayaan alami masuk secara maksimal. Dengan begitu, kesan lapang bagi ruangan tersebut semakin terasa.

Sebagai aksen pelengkap, sebaiknya furnitur yang digunakan di dalam ruangan tersebut berwarna gelap dan terbuat dari material gelap. Tujuannya untuk mengimbangi warna putih yang dominan di dalam ruangan tersebut.

2. Ruang Serbaguna


Balkon dengan Desain Ruangan Serbaguna
Balkon dengan Desain Ruangan Serbaguna (Source : pinterest.com)

Salah satu desain balkon dalam rumah yang bisa menjadi pilihan bagi Anda adalah balkon serbaguna. Artinya, Anda menjadikan balkon tersebut sebagai ruang serbaguna, seperti ruang keluarga yang berisi berbagai furnitur yang dibutuhkan.

Desain ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah modern dan mewah. Di balkon tersebut tersedia sofa, meja, televisi, dan yang lainnya. Agar terkesan lapang, di sisi balkon tersebut dibuat jendela berukuran besar yang langsung terhubung dengan pemandangan di luar rumah.

3. Tempat Santai

Balkon Dalam Rumah Bisa Difungsikan Sebagai Tempat Bersantai
Balkon Dalam Rumah Bisa Difungsikan Sebagai Tempat Bersantai (Source : 99.co)

Balkon dalam rumah juga bisa difungsikan sebagai tempat bersantai bagi Anda dan seluruh anggota keluarga. Bagi yang lagi mencari model mezzanine dengan aksen kayu, maka desain yang satu ini merupakan pilihan yang tepat.

Perpaduan warna gelap alas lantai dari kayu dengan kaca yang ditempatkan di sisi balkon, menjadikan ruang tambahan ini terlihat modern.

Agar nuansa modern semakin terasa, Anda bisa menempatkan tangga spiral di sisi mezzanine yang sekaligus bisa menjadi pelengkap desain interior rumah. Dengan begitu, tampilan ruangan tersebut semakin stylish dan elegan.

4. Perpustakaan Kecil

Balkon yang Berfungsi Sebagai Perpustakaan Kecil
Balkon yang Berfungsi Sebagai Perpustakaan Kecil (Source : 99.co)

Balkon di dalam rumah juga bisa difungsikan sebagai perpustakaan kecil. Ini salah satu ide desain balkon dalam rumah yang bisa Anda buat. Nantinya jejeran rak buku dibuat menempel di dinding dengan rapi.

Tidak lupa disertakan pula meja dan kursi kayu sebagai pelengkap perpustakaan tersebut. Material kayu merupakan aksen dominan pada desain balkon yang satu ini, sehingga ruangan terkesan hangat dan lebih nyaman dihuni.

5. Balkon Minimalis

Desain Balkon Minimalis
Desain Balkon Minimalis (Source : pinterest.com)

Jika rumah Anda tergolong minimalis, Anda bisa memanfaatkan balkon sebagai ruang tambahan. Ukuran balkon tersebut minimalis dan difungsikan sebagai akses menuju kamar yang terdapat di lantai atas.

Pada ide desain balkon dalam rumah ini, posisinya diletakkan di atas dapur yang berdampingan dengan ruang keluarga.

6. Balkon Kayu Semi-rustic

 Balkon Kayu Semi-rustic
Balkon Kayu Semi-rustic (Source : 99.co)

Balkon yang satu ini terbuat dari material utama dari baja dan kayu. Desain ini sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis atau dalam kabin kecil.

Bahan utama baja dan kayu menjadikan perawatan balkon ini lebih mudah. Proses renovasi ke depannya juga lebih mudah, karena bahan kayu dan baja tersebut mudah dilepas.

Itulah tadi poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat ingin membuat balkon di dalam rumah dan ide desain yang bisa Anda buat. Semoga bermanfaat.