Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang dikenal dengan keragaman budaya yang unik, beragam destinasi wisata yang menarik, kota dengan kawasan bisnis yang potensial, serta masyarakat yang ramah.

Bagi Anda yang ingin tinggal di Makassar dan sedang mencari rumah dijual di Makassar, sangat dianjurkan untuk membeli rumah yang lokasinya dekat dari Bandara Internasional Hasanuddin Makassar.

Keuntungan tinggal dekat bandara adalah akses ke sana jadi lebih cepat dan mudah. Khususnya, jika Anda selama ini memang sering menggunakan transportasi udara untuk bepergian dengan berbagai tujuan.

Mengapa Harus Membeli Perumahan Makassar Dekat Bandara?

Saat ini banyak sekali rumah dijual di Makassar. Lantas mengapa harus mencari yang lokasinya dekat dari bandara? Setidaknya ada 5 alasan utama yang mendasari hal ini.

1. Akses ke Bandara Lebih Cepat

gambar jalan menuju bandara makassar
Tinggal Dekat Bandara Menjadikan Akses ke Bandara Lebih Cepat (Source : youtube.com/Andri Official)

Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian menggunakan transportasi udara untuk keperluan bisnis atau pekerjaan, tentu tinggal di dekat bandara lebih menguntungkan dari segi kemudahan dan cepatnya akses ke sana.

Perlu diketahui bersama bahwa Makassar merupakan kota besar yang arus lalu lintasnya sangat padat dan sering macet. Oleh karena itu, orang-orang yang lokasinya jauh dari bandara setidaknya harus berangkat dua jam lebih cepat dari waktu boarding.

Jika berangkatnya kurang dari dua jam sebelumnya, dikhawatirkan bisa ketinggalan pesawat. Jadi bisa dibayangkan banyaknya waktu yang terbuang hanya untuk perjalanan menuju bandara. Belum lagi jika terjebak macet, yang tentu membuat bosan dan jenuh.

Jika Anda hanya sekali-kali menggunakan transportasi udara, mungkin tidak begitu terasa. Tapi bagaimana jika Anda sering-sering menggunakan transportasi tersebut karena urusan pekerjaan atau bisnis Anda? Tentu akan repot sendiri bukan? Oleh karena itu, tinggal di dekat bandara merupakan solusi terbaik.

2. Lingkungan Lebih Aman

TInggal Dekat Bandara Makassar Lebih Aman
Kawasan Airport City Makassar Lebih Tenang dan Aman

Alasan lain mengapa Anda perlu membeli rumah dekat bandara tidak lain karena lingkungannya lebih aman. Sebab, perumahan tersebut masuk ke dalam kawasan Airport City, sehingga tingkat keamanan lingkungan perumahan lebih terjaga.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi Anda selaku penghuni perumahan tersebut. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan lebih betah.

Tingkat kejahatan baik berupa pencurian dan perampokan termasuk tinggi di Kota Makassar, sama seperti kondisi kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat Kota Makassar sangat mementingkan tingkat keamanan sebuah perumahan.  Meskipun harga per unit rumah sangat tinggi, banyak dari mereka yang tidak akan segan-segan membeli unit rumah di sebuah perumahan dengan sistem security yang ketat.

3. Nilai Investasi yang Tinggi

investasi rumah dekat bandara lebih tinggi
Nilai Investasi Rumah Dekat Bandara Tergolong Tinggi

Jika Anda tidak ingin tinggal dekat bandara karena alasan tertentu, tidak ada salahnya jika Anda mencari rumah dijual di Makassar dekat bandara untuk keperluan investasi properti. Sebab, nilai jual rumah tersebut sangat tinggi.

Investasi seperti ini tentu sangat menguntungkan. Sebab, setiap waktu Anda bisa menjual kembali rumah tersebut dengan harga yang tinggi.

Selain menjualnya, Anda juga bisa menyewakan rumah tersebut. Tentunya nilai sewa rumah yang lokasinya dekat bandara tergolong tinggi dan peminatnya sangat banyak.

Baca Juga: 5 Alasan Membeli Rumah di Perumahan Pantai Indah Kapuk

4. Bebas Banjir

Rumah dekat bandara bebas banjir
Perumnas Antang Blok 10 Makassar Terendam banjir Bulan Februari 2022 Lalu (Source : makassar.tribunnews.com)

Salah satu kendala besar yang sering dialami oleh kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, dan kota-kota lainnya adalah banjir yang melanda saat musim hujan. Di makassar sendiri, musim hujan bisa berlangsung 3-4 bulan berturut-turut.

Tidak heran jika pada musim hujan, banyak lokasi di Makassar yang mengalami banjir. Tidak sedikit perumahan yang tergenang banjir tinggi, sehingga para penghuni perumahan tersebut terpaksa harus mengungsi ke tempat lain.

Oleh karena itu, perumahan bebas banjir menjadi rebutan masyarakat Kota Makassar. Salah satu lokasi yang aman dari banjir adalah perumahan dekat bandara.

Atas dasar inilah, membeli rumah dijual di Makassar yang dekat dari bandara merupakan hal yang sangat menguntungkan.

5. Dekat dari Fasilitas Publik

Pasar Mandai Makassar
Suasana Pasar Mandai yang Dekat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (Source : fajar.co.id)

Bandara Internasional Hasanuddin Makassar terletak di perbatasan Makassar-Mandai (Maros). Lokasi ini tergolong strategis dan dekat dari berbagai fasilitas publik, baik yang terdapat di Makassar maupun Maros.

Oleh karena itu, ketika Anda membeli rumah yang masuk dalam kawasan Airport City, tentu Anda bisa mengakses berbagai fasilitas publik yang dekat dari bandara.

Beberapa contoh fasilitas publik yang dekat dari bandara seperti RS.Bandara Sultan Hasanuddin, RS.TNI Angkatan Udara, Pasar Mandai, Terminal Regional Daya, Grand Mall Maros, Kantor Polda Makassar, Pasar Daya, dan masih banyak lagi fasilitas publik lainnya seperti sekolah, hotel, dan lain-lain.

Itulah beberapa alasan utama mengapa Anda harus membeli rumah dijual di Makassar yang dekat dari bandara. Berbagai alasan yang disebutkan di atas tentu cukup menjadi pendorong utama bagi Anda untuk membeli rumah di salah satu perumahan yang dekat dari Bandara Internasional Hasanuddin Makassar.