Kenyamanan mengendarai mobil bukan hanya bergantung pada performa mesin saja,  melainkan juga bagaimana kondisi interiornya, terutama pada komponen-komponen vital seperti AC, tempat duduk, dan lainnya.

Oleh karena itu, perawatan secara berkala sesuai prosedur sangat diperlukan. Agar hasilnya lebih maksimal, upayakan untuk selalu membersihkan berbagai interior tersebut menggunakan pembersih interior mobil terbaik.

3 Cara Merawat Interior Mobil yang Penting Diketahui

1. Buang Sampah di Tempatnya

Sumber Gambar : kdvr.com

Masalah yang sering dialami mobil keluarga atau yang digunakan untuk bisnis seperti taksi online atau jasa travel adalah tumpukan sampah kering maupun basah. Jika dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan bau busuk serta memudahkan bakteri berkembang biak dengan pesat sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2. Segera Keringkan Kursi Kemudi Saat Terkena Cairan

Sumber Gambar : dubizzle.com

Pada saat musim hujan, sebaiknya minimalisir cairan yang masuk ke mobil karena dapat mengakibatkan udara lebih lembab dan muncul bau tidak sedap. Siapkan pengering di dalam mobil atau penyedot debu guna menghindari gangguan-gangguan terutama dari hewan pengerat ataupun serangga seperti kecoa, semut, dan rayap.

3. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala

Sumber Gambar : istockphoto.com

Umumnya interior mobil dilengkapi berbagai fitur pendukung yang dapat difungsikan untuk membuat perjalanan semakin nyaman dan aman. Namun, berhubung sebagian besar merupakan peralatan elektronik semisal AC dan layar LCD, maka agar fungsinya tidak dapat terganggu harus dilakukan perawatan secara berkala oleh tenaga ahli.

4 Produk Pembersih Interior Mobil Terbaik   

Perawatan interior mobil tidak lepas dari penggunaan produk pembersih interior mobil yang tepat. Oleh karena itu, di bawah ini akan disebutkan beberapa produk yang bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil Anda.

1. STP Tuff Stuff

Produk Pembersih Interior Mobil terbaik
Sumber Gambar : istockphoto.com

Jika Anda membutuhkan produk pembersih jok mobil terbaik, cobalah menggunakan STP Tuff Stuff. Harga jual produk ini tergolong murah, berkisar Rp 70 ribuan saja. Ciri-ciri botolnya berwarna kuning.

Karena cairannya berbentuk semprotan, cara penggunaannya sangat mudah. Cukup semprotkan di bagian yang kotor, lalu diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu, barulah Anda membilasnya menggunakan kain lembab agar kotoran bandel menghilang.

Jika noda yang ingin dibersihkan sangat bandel, ulangi cara di atas beberapa kali. Niscaya noda membandel tersebut akan hilang. Selain ampuh dijadikan sebagai pembersih interior mobil, produk ini juga aman digunakan karena tidak membahayakan kulit jika terkena.

2. Sonax Xtreme Interior Cleaner

Sumber Gambar : carmudi.co.id

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan STP Tuff Stuff, gunakan saja pembersih interior mobil lainnya. Salah satu produk tersebut bernama Sonax Xtreme Interior Cleaner. Harga jualnya lebih mahal dibandingkan produk pertama di atas yaitu Rp 190 ribuan.

Meskipun tergolong mahal dibandingkan yang lainnya, namun produk yang satu ini sangat laris dan banyak dicari orang. Sebab selain menjadikan interior mobil bersih, juga mampu menghilangkan bau tak sedap.

Cara menggunakan produk ini sangat mudah, cukup semprotkan cairan ini ke bagian yang kotor. Setelah itu, gosoklah secara lembut menggunakan sikat gigi atau lap halus secara merata.  Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan langkah terakhir yaitu mengelap sampai bersih dengan memakai lap bersih yang kering.

3. Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner

Sumber Gambar : carmudi.co.id

Satu lagi produk pembersih interior mobil yang Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner. Produk ini bahkan sudah menjadi salah satu andalan bagi salon mobil.

Saat ini produk tersebut bisa diberandol dengan kisaran harga Rp.180.000 hingga Rp.200.000  per 1 botol berukuran 400 ml. Dengan menggunakan produk ini, dijamin tampilan interior dan jok mobil tetap terlihat bagus dan terawat.

Cara penggunaannya hampir sama dengan beberapa produk lainnya, termasuk yang sudah disebutkan di atas. Semprotkan saja lalu gosoklah menggunakan sikat atau lap bersih yang baru dikeringkan dengan kain bersih.

4. Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

Sumber Gambar : carmudi.co.id

Pilihan lain untuk produk pembersih jok mobil dan interior lainnya yaitu Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant. Cukup dengan memberandolnya seharga Rp.170.000, Anda sudah bisa membawa pulang paketnya. Secara tampilan, produknya dikemas menggunakan paket botol berwarna biru.

Menggunakan produk ini untuk membersihkan interior mobil sangat efektif. Bahkan, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan LCD screen yang terdapat pada head unit. Jangan khawatir, cairan pembersih tersebut tidak akan merusak lapisan LCD pada mobil.

Produk pembersih ini tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil dan interior mobil lainnya, melainkan juga untuk membersihkan peralatan rumah tangga dan furniture. Jadi, sekali membeli produk, Anda bisa menggunakannya untuk beragam manfaat.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat interior mobil dan produk pembersih interior mobil terbaik yang bisa dibagikan kali ini. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang masih belum mengetahui cara yang benar merawat interior mobil dan produk pembersih yang paling tepat digunakan.