Kehadiran motor trail Suzuki dalam dunia otomotif memiliki sejarah yang lumayan panjang. Hal ini bisa diketahui dari motor trail pertama yang diproduksinya pada era 70an atau tepatnya pada tahun 1970. Motor tersebut dikenal dengan nama Suzuki A100 trail.

Sebagai ‘motor jantan’ pertama yang memiliki spesifikasi handal dan desain yang tangguh di masanya, tidak heran jika kendaraan ini menjadi idola orang-orang kaya atau para sultan.  Saat ini motor tersebut sudah jarang terlihat di jalan raya dan harga jualnya pun lumayan mahal karena masuk kategori antik.

Sejak saat ini, motor trail Suzuki terbaru terus diproduksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar. Penasaran ingin mengetahui update harga Suzuki trail terbaru? Pastikan Anda membaca kelanjutan ulasan di bawah ini.

Daftar 10 Motor Trail Suzuki dan Update Harga Terbarunya

1. Suzuki A100

Suzuki A100
Suzuki A100 (Source : kompas.com)

Sebenarnya awal produksi Suzuki A100 pada tahun 1960-1966 di Jepang. Hanya saja, waktu peluncuran perdananya di Indonesia pada tahun 1974. Posturnya yang ramping dan hemat bensin menjadikannya sebagai idola pada masanya, terutama di kalangan orang-orang kaya.

Motor Suzuki trail ini mengusung mesin 2-tak dengan kapasitas 98 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,5 horsepower. Sistem pembakarannya menggunakan pembakaran busi tunggal (CDI).

Tentu saja performa motor ini termasuk tangguh dan handal di masanya. Selama produksinya, motor ini mengalami beberapa perubahan desain dan peningkatan performa.

Pada tahun 1976, Suzuki memperkenalkan model baru motor ini yang sudah mengalami beberapa perubahan signifikan, termasuk desain bodi dan penggunaan karburator baru.

Sejak saat ini, Suzuki A100 terus diproduksi sampai mencapai akhir 1970-an. Setelah itu, Suzuki mulai memproduksi motor trail lainnya dengan model-model lebih modern.

Saat ini Suzuki A100 telah menjadi salah satu motor antik, sehingga harga jualnya juga lumayan tinggi. Bayangkan saja, motor ini dijual di marketplace dengan kisaran harga Rp10 jutaan.

2. Suzuki DR650SE

Suzuki DR650SE
Suzuki DR650SE (Source : suzuki.ca)

Motor trail Suzuki DR650SE termasuk salah satu ‘motor jantan’ yang disukai konsumen sejak awal perilisannya disebabkan desain bodinya memang terlihat keren dan gagah.

Performa motor ini tidak perlu diragukan lagi, karena dibekali dengan mesin bertipe 4-stroke dengan kapasitas 644 cc. Sayangnya, motor yang diproduksi pada tahun 1996 ini hanya memiliki satu Silinder.

Bodi motor ini memiliki dimensi yang cukup panjang, yaitu 2255 mm x 865 mm x 1195 mm. Bobotnya berkisar 146 kg.

Tidak perlu khawatir melibas jalan bergelombang menggunakan motor trail Suzuki yang satu ini karena dibekali dengan 5 percepatan dan suspensi yang memadai, yaitu Telescopic dan coil Spring untuk roda depan dan Link type beserta coil spring untuk roda belakang.  

Motor ini juga dibekali dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, yang menjadikan pengendara memiliki kontrol maksimal ketika menghentikan laju kendaraan.

Harga Suzuki trail yang terbaru saat ini berkisar $6,299 atau jika dikonversikan dalam hitungan rupiah berkisar Rp.94.765.305.

3. Suzuki DR-Z400SM

Suzuki DR-Z400SM
Suzuki DR-Z400SM (Source : suzukicycles.com)

Sebenarnya Motor trail Suzuki yang satu ini lebih cocok dikatakan sebagai Supermoto. Alasannya karena velg depan dan belakangnya berukuran sama, yaitu ring 17 inci.

Untuk dapur pacunya mengandalkan mesin 4-stroke berkapasitas 398cc, yang semakin dimaksimalkan dengan sistem pendingin cairan dan teknologi Fuel Injection.

Motor ini masih menggunakan satu Silinder layaknya motor-motor di masa dahulu.Untuk kenyamanan berkendara, motor ini dibekali dengan suspensi Upside Down di bagian depan. Dengan bantuan suspensi tersebut, kestabilan motor trail Suzuki ini ketika dikendarai melewati medan offroad tetap terjaga.

Pengendara semakin mudah dalam melakukan manuver dan akselerasi di jalan berkat transmisi manual 5 percepatan yang disematkan padanya. Untuk keselamatan, motor ini dibekali dengan rem cakram di bagian depan dan belakang.

Suzuki trail yang satu ini dijual dengan kisaran harga $7,299. Jika dikonversikan dalam hitungan rupiah, harganya berkisar Rp.109.809.805.

4. Suzuki DR-Z400S

Suzuki DR-Z400S
Suzuki DR-Z400S (Source : suzuki.ca)

Berbekal mesin 4 tak berkapasitas 398cc, Suzuki DR-Z400S siap melibas semua medan jalan yang dilaluinya. Dimensi bodinya berukuran 2310 mm x 875 mm x 1230 mm, sehingga daya tahannya dalam melibas jalan dengan permukaan bergelombang tidak perlu diragukan lagi.

Performa mesinnya tangguh dan responsif karena dimbangi dengan velg ring 21 inci yang disematkan pada roda depan dan ring 18 inci pada roda belakang. Karena kedua rodanya sudah dilengkapi rem cakram, kemampuan pengereman mendadak motor ini tidak bakalan mengecewakan.

Untuk membawa pulang motor Suzuki trail yang satu ini, Anda perlu mengeluarkan isi dompet sebesar $6,299. Dalam konversi rupiah, nilainya kurang lebih setara dengan Rp. 94.765.305.

Baca Juga: Update Harga Motor Supermoto Terbaru 2023

5. Suzuki DR200S

Suzuki DR200S
Suzuki DR200S (Source : globalsuzuki.com)

Desain motor ini tergolong ramping disebabkan dimensinya yang berukuran 2155 mm x 805 mm x 1140 mm. Bobotnya juga lumayan ringan, berkisar 126 kg.

Mesin yang disematkan padanya berupa 4 tak berkapasitas 199 cc dan berpendingin air-cooled. Tidak heran jika performanya tergolong tangguh ketika itu. Jumlah Silindernya cuma satu, sebagaimana umumnya motor-motor yang diproduksi pada masa itu.

Melakukan manuver di jalanan dengan motor ini semakin mudah dengan disematkannya transmisi manual 5 percepatan padanya.

Untuk membanderol motor ini, Anda mesti mempersiapkan bujet sebesar $4,999 atau sebesar Rp.75.207.455 jika dikonversikan dalam nilai rupiah.

6. Suzuki RM-Z450

Suzuki RM-Z450
Suzuki RM-Z450 (Source : suzuki.co.uk)

Mesin 4 tak berkapasitas 449cc yang disematkan padanya menjadikan performanya tangguh dan handal. Tidak perlu ragu melibas jalan bergelombang menggunakan motor ini berkat dimensinya yang lumayan besar, yaitu 2190 mm x 830 mm x 1270 mm.

Akselerasi dan manuver semakin mudah dilakukan berkat transmisi 5 percepatan yang disematkan padanya. Berkat rem cakram pada ban depan dan belakang motor ini, tingkat keselamatan berkendara semakin besar karena memungkinkan untuk melakukan pengereman mendadak.

Untuk harga jual, motor ini bisa dibanderol dengan kisaran harga $8,699 atau kurang lebih Rp. 130.872.105 jika dikonversikan dalam nilai rupiah.

7. Suzuki RM-Z250

Suzuki RM-Z250
Suzuki RM-Z250 (Source : suzukimotorcycles.com.au)

Mesin DOHC berkapasitas 249cc yang menggunakan sistem pendinginan cairan menjadi bukti akan ketangguhan performa motor Suzuki RM-Z250 ini. Terlebih lagi dengan disematkannya sistem transmisi 5 percepatan dan teknologi Fuel Injection.

Motor trail Suzuki ini dibekali dengan suspensi depan Upside Down dan rem cakram di bagian roda depan dan belakang. Sayangnya motor ini bukanlah motor trail Jalanan dan hanya bisa digunakan untuk melewati lintasan balap motor cross.

Harga banderol motor trail Suzuki ini berkisar $7,999. Dalam konversi rupiah, nilai tersebut kurang lebih setara dengan Rp.120.340.955.

8. Suzuki RMX450Z

Suzuki RMX450Z
Suzuki RMX450Z (Source : dirtrider.com)

Motor trail yang satu ini dibekali dengan teknologi Fuel Injection yang menjadikan mesinnya semakin responsif. Dapur pacunya mengusung mesin berkapasitas 449cc, yang berkolaborasi dengan sistem pembakaran Cairan. Kolaborasi ini menjadikan performa mesin semakin handal.

Kenyamanan berkendara menggunakan motor ini semakin terasa berkat suspensi depan Upside Down yang dipadukan dengan velg 21 inci di bagian depan. Penggunaan velg ring 19 inci di bagian belakang semakin meningkatkan performa offroad pada motor trail Suzuki yang satu ini.

Untuk membawa pulang motor trail yang satu ini, Anda mesti mengeluarkan bujet sebesar $3,199. Dalam konversi rupiah, nilainya berkisar Rp.48.127.355.

9. Suzuki DR-Z70

Suzuki DR-Z70
Suzuki DR-Z70 (Source : otorider.com)

Suzuki trail yang bernama Suzuki DR-Z70 ini dirancang khusus untuk anak-anak dan pemula. Fitur-fiturnya user friendly sehingga anak-anak maupun pemula tidak kesulitan menggunakannya.

Desainnya juga tergolong ringan, pengendara pemula tidak akan kesulitan dalam melakukan manuver dan akselerasi. Karenanya, motor trail ini sangat cocok untuk anak-anak yang baru belajar mengendarai motor off-road.

Mesin motor ini berkapasitas 67cc, 4 Tak, dan dibekali dengan transmisi 3 percepatan yang berkolaborasi dengan kopling otomatis.

Suspensi depan motor trail Suzuki ini menggunakan model up-side down, sedangkan bagian belakangnya sudah menggunakan monoshock.

Karena motor ini didesain khusus untuk anak-anak, tidak heran jika peleknya turut disesuaikan, yaitu berukuran 10 inci saja. Bobotnya juga tergolong ringan, yaitu hanya 55 kg saja.

Harga jual Suzuki DR-Z70 ini berkisar $1,799. Jika dikonversi dalam bentuk rupiah berkisar Rp 27 jutaan.

10. Suzuki DR-Z125L

Suzuki DR-Z125L
Suzuki DR-Z125L (Source : otomaniac.com)

Berikutnya ada motor trail suzuki yang dirilis pada tahun 2016, yaitu Suzuki DR-Z 125L. Motor trail ini dibekali mesin berkapasitas 125 cc dan berdesain tangguh nan gagah berani.

Motor ini tidak hanya bisa digunakan melibas lintasan off road dengan cukup mudah, tetapi juga bisa digunakan di jalanan yang beraspal.

Mesin motor ini berupa 4 Tak, 1 Silinder, SOHC, dan menggunakan sistem pendingin mesin air-cooled.

Mesinnya mampu menyalurkan tenaga dengan mulus, sehingga akselerasi dan manuver menggunakan motor trail ini sangat mudah, bahkan oleh pemula sekalipun.

Harga jual motor Suzuki DR-Z 125L ini saat awal perilisannya lumayan mahal, yaitu berkisar 3.199 dollar AS. Jika dikonversikan ke rupiah saat ini berkisar Rp 40 jutaan.

Itulah tadi daftar motor Suzuki A100 trail beserta harga terupdate saat ini. Harga jual yang disebutkan di atas sebatas perkiraan semata, nilai pastinya bisa berbeda sesuai dengan kebijakan harga dari penjualnya.