Sekarang ini ruang tamu outdoorbanyak dipilih karena penggunanya jauh lebih leluasa untuk memandang alam sekitar. Jangan berpikir konsep ruang tamunya begitu-begitu saja, Anda dapat mendesain ruang tamu di rumah menjadi cantik dan menarik dipandang.

Banyak atau sedikitnya budget yang dibutuhkan untuk membuat ruang tamu sendiri umumnya tergantung dari konsep dan ornamen tambahannya. Tenang saja, sebenarnya dananya bisa ditekan dengan menggunakan konsep ruang tamu sederhana.

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Outdoor

Karena penempatan ruang tamu ini di luar ruangan, sebaiknya pilih desain ruang tamu outdoor yang estetik. Jangan sampai memilihnya secara sembarangan, apalagi tidak sesuai dengan konsep eksterior rumah.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa desain ruang tamu outdoor yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda :

1. Ruang Tamu Outdoor Sederhana

Ruang Tamu Outdoor Sederhana
Ruang Tamu Outdoor Sederhana (Source : typeastyle.com)

Tidak ingin memiliki rumah yang terlalu terlihat mewah? Gunakan saja konsep ruang tamu outdoor sederhana. Tidak perlu terlalu banyak menambahkan ornamen, cukup gunakan karpet bercorak minimalis.

Untuk motif dan warnanya sesuaikan saja dengan tampilan yang diinginkan. Misalnya saja memanfaatkan karpet berwarna hijau dengan motif daun untuk mendapatkan tampilan lebih asri dan alami.

Pada ruang tamu model outdoor sederhana, padukan dengan kursi tunggal berukuran sedang baik berbahan kayu ataupun campuran.

2. Ruang Tamu Outdoor Minimalis

Ruang Tamu Outdoor Minimalis
Ruang Tamu Outdoor Minimalis (Source : id.pinterest.com/ourperfectingmanor)

Menempati tanah sempit bukan berarti tidak bisa memiliki ruang tamu yang nyaman dan estetik. Solusinya adalah menggunakan konsep ruang tamu outdoor minimalis di teras atau rooftop.

Direkomendasikan menggunakan warna-warna netral seperti caramel, hitam, dan putih untuk memberi kesan luas pada ruang tamu.

Sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak ornamen. Cukup berikan satu kursi sudut berbentuk L yang muat 4 orang, satu meja, dan hiasan. Terkait hiasannya bisa berupa bunga artificial atau tanaman hias daun gantung.

3. Ruang Tamu Outdoor Alami

Ruang Tamu Outdoor Alami
Ruang Tamu Outdoor Alami (Source : id.pinterest.com/sabasajjad6177)

Udara sekarang ini cenderung panas dan pengap, untuk mengatasinya Anda perlu menanam tanaman hias di rumah. Tata dengan rapi seluruh tanaman mengelilingi atau di sekitar ruang tamu.

Konsep ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis modern dengan teras sempit. Agar terlihat mewah, tambahkan lampu kristal berukuran sedang pada bagian atasnya sebagai penerang.

Tambahkan hiasan dinding untuk membuat ruang tamu terlihat instagenik. Mengenai tanamannya, silakan menempatkannya di pojok, jalan menuju ruang tamu, dan di rak tempel yang ada pada tembok.

4. Ruang Tamu Outdoor Simple Minimalis

Ruang Tamu Outdoor Simple Minimalis
Ruang Tamu Outdoor Simple Minimalis (Source : id.pinterest.com/702interiors_)

Solusi terbaik bagi yang tidak punya teras tetapi tetap ingin membuat ruang tamu, silakan memanfaatkan celah tidak terpakai. Contohnya saja di bagian garasi, rooftop lantai dua, atau lainnya.

Trik khusus untuk menata ruang tamu dengan konsep ini agar terlihat menawan adalah menggunakan meja dan kursi berbahan kayu atau besi hitam. Tambahkan beberapa tanaman untuk membuat udara lebih sejuk dan segar.

Apabila ingin tetap nyaman selama berada di ruang tamu baik saat panas ataupun hujan, bagi yang menggunakan rooftop sebagai ruang tamunya, sebaiknya bagian atas diberikan atap transparan.

5. Ruang Tamu Outdoor Minimalis Berupa Teras

Ruang Tamu Outdoor Minimalis Berupa Teras
Ruang Tamu Outdoor Minimalis Berupa Teras (Source : instagram.com)

Menempati rumah dengan teras minimalis bukan halangan untuk mendapatkan ruang tamu yang nyaman ditempati. Gunakan saja konsep ruang tamu outdoor minimalis sehingga meski menempati wilayah sempit, tetap bisa menghirup udara dengan leluasa.

Sebaiknya tidak menggunakan kursi besar, cukup manfaatkan kursi dan meja lipat berukuran sedang. Hal ini dimaksudkan agar fungsi teras lebih fleksibel dan tidak kerepotan membersihkan area sekitarnya.

Trik untuk membuat ruang tamu terlihat meriah, manfaatkan hiasan dindin dan bunga gantung. Tempatkan juga bunga artificial dengan warna cerah seperti merah atau orange pada mejanya.

6. Ruang Tamu Outdoor Asimetris Kuning Orange

Ruang Tamu Outdoor Asimetris Kuning Orange
Ruang Tamu Outdoor Asimetris Kuning Orange (Source : id.pinterest.com/DecorProz)

Penyuka warna kuning dan orange wajib merapat. Ada rekomendasi ruang tamu khusus yang akan membuat penyuka kedua warna tersebut nyaman berlama-lama di rumah. Konsepnya sendiri dinamakan ruang tamu outdoor asimetris kuning orange.

Maksud asimetris di sini berkaitan dengan pengaplikasian cat tembok yang digunakan. Namun perlu diperhatikan, karena konsep asimetris sudah terlihat ramai, pastikan menggunakan kursi dan meja berdesain sederhana.

Tidak harus kuning atau orange juga, pilih warna netral yang sekiranya cocok dengan konsep rumah, misalnya adalah cream, putih, hijau muda, dan sebagainya.

7. Ruang Tamu Outdoor Hiasan Taman


Ruang Tamu Outdoor Hiasan Taman (
Ruang Tamu Outdoor Hiasan Taman (Source : id.pinterest.com/DecorProz)

Sesuai namanya, ruang tamu outdoor hiasan taman terlihat ramai. Jika ingin menggunakan konsep ini, Anda membutuhkan banyak ornamen, mulai dari meja, kursi, pagar, dan tanaman hias.

Untuk memunculkan kesan ceria, sebaiknya pilih cat berwarna terang. Padukan dengan penempatan tanaman hias berwarna-warni, baik berupa bunga atau daun saja.

Guna menekan biaya pembuatan ruang tamu, tips yang perlu diterapkan adalah manfaatkan barang-barang bekas. Sebagai contoh, buat meja dari drum bekas, sedangkan untuk kursinya gunakan ban truk bekas pakai kemudian dicat agar terlihat menarik.

8. Ruang Tamu Outdoor Minimalis Ala Cafe


Ruang Tamu Outdoor Minimalis Ala Cafe
Ruang Tamu Outdoor Minimalis Ala Cafe (Source : id.pinterest.com/mamaidoetgmailcom)

Terus-terusan mengunjungi cafe tentunya membuat pengeluaran menjadi membengkak. Supaya dapat berhemat, Anda bisa mengaplikasikan konsep ruang tamu outdoor minimalis ala cafe.

Konsep yang cocok diterapkan untuk model ruang tamu ini adalah industrial atau vintage. Mengapa begitu? Salah satu faktornya karena tidak membutuhkan banyak tambahan perabotan tetapi tetap membuat ruangan nyaman dan cantik.

Bukan hanya itu, ruang tamu outdoor konsep cafe vintage dan industrial tetap membuat ruangan terlihat luas meskipun sebenarnya ruang tamu berada di lokasi sempit.

Baca Juga: Cara Menyiasati Agar Ruangan Kecil Terlihat Luas

9. Ruang Tamu Outdoor Minimalis Serba Putih

Ruang Tamu Outdoor Minimalis Serba Putih
Ruang Tamu Outdoor Minimalis Serba Putih (Source : centsationalstyle.com)

Tidak sedikit orang yang merasa tenang saat melihat tempat-tempat berwarna putih. Jika Anda salah satunya, rasanya konsep ruang tamu outdoor minimalis serba putih ini sangat cocok diterapkan di rumah.

Menyesuaikan nama konsepnya, pilih perabotan berwarna putih untuk ditempatkan di ruang tamu. Terkait bagaimana tone putihnya, sesuaikan dengan warna favorit. Sebab di pasaran, ada beberapa pilihan tone putih seperti halnya putih tulang, broken white, dan putih bersih.

Supaya ruang tamu terlihat lebih hidup dan tidak monoton, ada baiknya menambahkan tanaman hias daun. Pilih tanaman hias dengan warna hijau segar, hijau pekat, atau campuran antara hijau dan putih.

10. Ruang Tamu Outdoor Biru Putih


Ruang Tamu Outdoor Biru Putih
Ruang Tamu Outdoor Biru Putih (Source : temonggo.com)

Pilihan paling tepat untuk penyuka paduan warna langit adalah mengaplikasikan konsep ruang tamu outdoor biru putih. Ketenangan dan kedamaian akan Anda rasakan ketika duduk bersantai di sana.

Paduan warna biru dan putih memberi kesan nyaman dan tenang bagi pecintanya. Apalagi ditambahkan tanaman merambat layaknya janda bolong, sirih gading, pink jasmin, hedera helix, dan morning glory.

Pada area depan, disarankan menambahkan pagar kayu berwarna putih sebagai hiasan sekaligus untuk menambah keamanan agar anak-anak tidak bisa keluar halaman. Sedangkan untuk temboknya, gunakan warna biru langit pada temboknya.

Itulah rekomendasi konsep ruang tamu outdooryang akan membuat rumah terlihat bagus dan kekinian. Masih ragu memilih salah satunya? Konsultasikan saja kepada penyedia jasa desain interior agar hasilnya bagus.