Lemari sepatu adalah salah satu furniture dalam rumah yang wajib ada agar rumah bisa terlihat lebih rapi. Rumah dengan kondisi yang rapi tentu akan lebih nyaman dipandang, karena keteraturan adalah sebuah seni. Furniture ini juga bisa membantu Anda ketika berberes dan menata ruang di rumah.

Keuntungan lain jika memiliki lemari sepatu minimalis adalah rumah bisa lebih terasa lega. Sebab, lemari sepatu ini akan membantu Anda untuk bisa berhemat ruang. Dengan posisi dan penataan yang pas, rumah juga bisa terlihat lebih indah dan estetik.

Lemari sepatu saat ini juga sudah tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika kesulitan dengan penataan ruang yang lebih sempit, maka berikut ini beberapa rekomendasi jenis lemari sepatu kayu minimalisatau dari bahan lainnyayang bisa Anda coba pakai di rumah.

10 Model Lemari Sepatu Minimalis yang Bisa Jadi Inspirasi

1. Lemari Sepatu Besi

Lemari Sepatu Besi
Lemari Sepatu Besi (Source : bukalapak.com)

Lemari sepatu dengan bahan dasar besi mungkin adalah lemari sepatu yang paling sering dijumpai saat ini. Bahan dasar besi yang kokoh bisa Anda manfaatkan untuk menampung sepatu dan sandal-sandal Anda dengan berbagai ukuran dan berat.

Selain bisa lebih kokoh untuk menahan beban sepatu yang banyak dan bertingkat, bahan besi ataupun baja yang digunakan untuk jenis lemari sepatu ini bisa lebih tahan lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lemarinya cepat penyok ataupun patah karena beban yang banyak. 

2. Lemari Sepatu Plastik

Lemari Sepatu Plastik
Lemari Sepatu Plastik (Source : Walmart)

Lemari sepatu dari bahan plastik juga merupakan lemari sepatu yang menjadi pilihan banyak orang. Selain karena pemasangannya yang lebih praktis, lemari sepatu minimalis ini juga bisa dipindahtempatkan dengan lebih mudah dan harganya tentu lebih terjangkau.

Meskipun hanya terbuat dari plastik, namun lemari sepatu ini sudah banyak hadir dengan kualitas plastik yang lebih kokoh yang mampu menahan beban sepatu yang banyak. Anda juga bisa mendapatkan model lemari sepatu dengan banyak rak dan kompartemen yang lebih rapi dan estetik.  

3. Lemari Sepatu Kayu


Lemari Sepatu Kayu
Lemari Sepatu Kayu (Source : Dekoruma)

Seperti bahan dasar lemari pada umumnya, kayu juga bisa disulap menjadi lemari sepatu yang cukup kokoh dan tampak elegan. Umumnya, lemari sepatu ini kerap dikombinasikan dengan bahan lain, seperti kaca ataupun logam.

Bahan dasar kayu biasanya akan memberikan konsep yang lebih modern dan minimalis. Selain itu, lemari ini umumnya dijumpai dalam bentuk tertutup, sehingga orang lain akan sulit menebak bahwa di dalamnya ternyata adalah sepatu-sepatu yang biasanya menjadi penyebab rumah terlihat  berantakan.

4. Lemari Sepatu Rak Terbuka

Lemari Sepatu Rak Terbuka
Lemari Sepatu Rak Terbuka (Source : HGTV Home)

Selain berdasarkan bahan dasar pembuatannya, lemari sepatu juga tersedia dalam banyak model rak, ada yang terbuka dan ada pula yang tertutup. Lemari sepatu rak terbuka umumnya lebih laku di pasaran. Selain murah, penataannya juga bisa ditempatkan secara indoor maupun outdoor.

Dengan model yang terbuka, lemari sepatu minimalis ini bisa memberikan akses yang lebih mudah untuk penggunanya dalam memilih sepatu. Peredaran udara yang baik dengan konsep rak terbuka juga bisa menghambat pertumbuhan jamur dan bau yang tidak enak akibat kelembaban yang berlebihan.

5. Lemari Sepatu Tutup Kaca


Lemari Sepatu Tutup Kaca
Lemari Sepatu Tutup Kaca (Source : Amazon)

Salah satu model lemari sepatu dengan rak tertutup yang sering dijumpai adalah lemari yang menggunakan penutup rak dari kaca. Dengan kaca sebagai penutupnya, orang jadi lebih mudah untuk melihat ke dalam lemari. Penyematan pintu kaca juga menjadikan lemari tersebut terlihat lebih elegan dan modern.

Selain digunakan sebagai penyimpanan sepatu, konsep kaca pada lemari sepatu bisa memungkinkan furniture satu ini digunakan layaknya dekorasi rumah tersendiri. Anda bisa menampakkan sepatu-sepatu kesayangan melalui pintu kaca transparannya, seperti sebuah pajangan ataupun pameran.

6. Lemari Sepatu Pintu Geser

Lemari Sepatu Pintu Geser
Lemari Sepatu Pintu Geser (Source : alibaba.com)

Salah satu indikator minmalis pada sebuah furniture adalah tingkat kepraktisannya. Lemari sepatu rak tertutup dengan pintu geser bisa menjadi salah satu contohnya. Selain memberi kesan minimalis, lemari ini juga mampu memberi kesan yang lebih elegan dan modern.

Penggunaan pintu yang dapat digeser ke samping ataupun ke atas dan ke bawah akan membantu Anda dalam menghemat ruangan. Dengan begitu, ruangan bisa terasa jauh lebih lega dan tidak sesak. Anda pun bisa lebih mudah mengakses sepatu-sepatu di dalamnya tanpa gangguan pintu-pintunya.

7. Lemari Sepatu Aksen Klasik

Lemari Sepatu Aksen Klasik
Lemari Sepatu Aksen Klasik (Source : Zhejiang)

Lemari sepatu minimalis juga bisa Anda peroleh dengan menggunakan aksen klasik pada desainnya. Aksen klasik pada lemari sepatu ini biasanya diperoleh karena menggunakan bahan kayu berkualitas tinggi, seperti kayu jati atau mahoni.

Agar semakin tampak klasik dan elegan, perhatikan betul detail-detail ornamen dan ukiran pada tubuh raknya. Meski bentuk lemarinya cukup tertutup, namun ornamen-ornamen yang dibuat lebih mewah tersebut bisa menyulap lemari sepatu Anda terlihat seperti furniture mewah lainnya.

8. Lemari Sepatu Gantung


Lemari Sepatu Gantung
Lemari Sepatu Gantung (Source : id.aliexpress.com)

Lemari sepatu minimalis berikutnya yang bisa menjadi pilihan untuk Anda adalah lemari sepatu dengan konsep gantung. Lemari ini dirancang dengan model rak yang hampir sama dengan rak sepatu pada umumnya. Bedanya, ia digantung menempel ke dinding untuk lebih hemat penataan ruang.

Jika Anda memiliki ruangan yang agak kecil dengan barang-barang yang agak sesak, konsep rak gantung ini bisa menjadi solusi. Anda bisa memanfaatkan area dinding yang tidak memiliki banyak pajangan untuk menggantungkan rak ini.

Hanya saja, penggunaan rak gantung ini harus lebih hati-hati. Anda harus memastikan bahwa dinding Anda mampu menahan beban dari rak berserta isinya. Hal ini karena posisi menggantung akan membuat tekanan rak ke bawah semakin besar dan membutuhkan penyangga yang lebih kokoh lagi.

9. Lemari Sepatu Dinding

Lemari Sepatu Dinding
Lemari Sepatu Dinding (Source : ebay.com)

Hampir sama dengan konsep lemari sepatu gantung, lemari sepatu dinding tentu saja juga akan memanfaatkan area dinding Anda sebagai penyangga raknya. Lemari sepatu dinding ini mungkin akan sedikit lebih kokoh karena salah satu sisi raknya akan ditempelkan sepenuhnya ke arah dinding.

Posisi lemari sepatu ini juga biasanya tidak akan dibuat terlalu tinggi dari arah lantai. Setidaknya, konsep lemari sepatu minimalis ini akan memberikan sedikit ruang di bawah rak untuk penyimpanan barang-barang lainnya.

Meskipun hasilnya akan terlihat minimalis dan unik, namun pemasangannya sendiri membutuhkan tenaga yang lebih ahli. Hal ini karena aksen dinding Anda akan sedikit terganggu dan Anda perlu tenaga yang cukup profesional agar kondisi dinding Anda tetap aman.

10. Lemari Sepatu Bawah Tangga


Lemari Sepatu Bawah Tangga
Lemari Sepatu Bawah Tangga (Source : smartstorage.ie)

Salah satu solusi efisien lain yang dapat Anda gunakan untuk penataan ruang yang lebih hemat adalah dengan memanfaatkan ruang di bawah tangga. Area ini biasanya menjadi area mati atau area yang jarang terpakai.

Area di bawah tangga dalam rumah Anda hanya akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Maka dengan menyulapnya menjadi tempat penyimpanan sepatu, tentu itu adalah ide yang cukup cerdas. Selain menghemat ruang di area lainnya, rumah juga akan terlihat lebih lega dan rapi.

Itulah tadi beberapa model lemari sepatu minimalis yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Masing-masing dari model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tinggal pilih model yang paling sesuai dengan selera Anda.