Pintu merupakan salah satu unsur yang wajib ada pada sebuah rumah. Selain sebagai akses utama keluar masuk rumah, pintu juga berfungsi sebagai akses keamanan dan dekorasi interior yang bisa mempercantik tampilan rumah.

Oleh karena itu, model pintu rumah saat ini sudah tersedia dalam banyak variasi bentuk, warna, hingga bahan pembuatannya. Posisi pintu yang berada pada bagian sisi depan rumah juga menjadi salah satu alasan mengapa interior rumah yang satu ini perlu mendapatkan banyak perhatian.

Inspirasi Desain Model Pintu Aluminium

Banyak bahan dasar pembuatan pintu rumah yang sering digunakan, seperti kayu, kaca, hingga aluminium.  Karena model pintu aluminium tengah populer digunakan saat ini, maka berikut ini beberapa inspirasi model pintu dari bahan aluminium yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Pintu Aluminium Sliding

Pintu Aluminium Sliding
Pintu Aluminium Sliding (Source : belanja-cerdas.com)

Pintu rumah dengan konsep tarik dan dorong mungkin sudah banyak ditemui. Namun jika Anda ingin desain yang lebih minimalis dan menghemat ruang, Anda bisa menggunakan model pintu aluminium sliding. Penggunaannya dengan cara digeser ke kiri dan ke kanan.

Model pintu sliding ini selain praktis juga bisa membantu ruangan terasa lebih lega. Anda bisa menempatkannya sebagai pintu kamar maupun pintu utama.

Untuk lebih menjaga privasi, Anda bisa memberikan gorden pada bagian dalam pintu untuk mengurangi akses pandangan langsung ke dalam.

2. Pintu Aluminium Kaca Standar

Pintu Aluminium Kaca Standar
Pintu Aluminium Kaca Standar

Salah satu ciri khas dari pintu aluminium adalah pembuatannya seringkali dikombinasikan dengan bahan kaca yang transparan. Selain dapat menambah kesan yang elegan, kombinasi kaca dan aluminium juga mampu memberikan warna yang lebih modern.

Untuk pintu aluminium standar, Anda bisa menggunakan warna tepian hitam atau putih. Sementara pada bagian kacanya bisa menggunakan jenis kaca tempered atau buram untuk tetap menjaga privasi dalam rumah Anda.

3. Pintu Aluminium Kaca Dekorasi

Pintu Aluminium Kaca Dekorasi
Pintu Aluminium Kaca Dekorasi (Source : pinterest.com)

Pintu aluminium kaca dekorasi adalah model pintu aluminium dengan beberapa tambahan aksen aluminium horizontal dan vertikal di beberapa bagian kacanya.

Tambahan dekorasi aluminium pada bagian kaca ini dapat mengurangi luas pandang yang dapat masuk ke dalam rumah, sehingga privasi dapat lebih terjaga.

Jika pintu aluminium kaca tersebut dipadukan dengan warna-warna netral seperti hitam atau putih, maka kesan elegan pada desain pintu tersebut akan semakin kental.

4. Pintu Aluminium Mewah Kaca Besar

Pintu Aluminium Mewah Kaca Besar
Pintu Aluminium Mewah Kaca Besar (Source : pinhome.id)

Pintu aluminium sliding juga bisa di-custom dengan menggunakan kaca yang lebih besar. Kaca yang lebih luas dan besar mampu menambah kesan yang mewah pada pintu Anda.

Meskipun terkesan minimalis dengan konsep sliding, Anda tentu harus punya sisi ruang yang lebih besar untuk ini.

5. Pintu Aluminium Lipat

Model pintu rumah dengan satu ataupun dua daun pintu adalah model pintu yang paling umum digunakan. Namun banyak orang yang justru beralih ke pintu dengan bahan dasar aluminium karena modelnya dapat di-custom sesuai selera dengan lebih mudah. Salah satunya untuk model pintu lipat.

Kesan modern dan estetik sangat kental terasa pada pintu model lipat. Meskpun model pintu lipat lebih sering digunakan sebagai penyekat ruangan, tapi tetap cocok jika dijadikan sebagai pintu utama.

6. Pintu Aluminium Lipat Dekorasi

Pintu Aluminium Lipat Dekorasi
Pintu Aluminium Lipat Dekorasi (Source : framework-windows.com)

Model pintu aluminum lipat dekorasi biasanya dikombinasikan dengan bahan kaca yang transparan. Pada model pintu lipat ini, Anda bisa men-custom model yang bermacam-macam pada pintunya agar dapat memberikan kesan yang lebih estetik.

Jumlah lipatan pintunya pun bisa dibuat lebih dari satu lipatan, tergantung lebar sisi rumah yang akan dijadikan pintu. Anda bisa menjadikannya sebagai pintu utama maupun penyekat ruangan di dalam rumah.

7. Pintu Jendela Aluminium Set

Pintu Jendela Aluminium Set
Pintu Jendela Aluminium Set (Source : seon.co.id)

Pintu dan jendela pada dasarnya adalah 2 jenis elemen berbeda pada sebuah rumah. Namun dengan semakin bertambahnya referensi dekorasi interior rumah minimalis yang semakin modern, pintu dan jendela bisa diset menjadi satu bagian yang sama.

Penggunaan model pintu jendela set ini biasanya dilakukan untuk meminimalisir desain pada jendela dan pintu yang umumnya sering ditempatkan secara berdekatan.

Selain meminimalisir desain, nilai estetika rumah juga bisa lebih indah dengan tambahan beberapa dekorasi di bagian depan pintunya.  

8. Pintu Aluminium Modern Klasik


Pintu Aluminium Modern Klasik
Pintu Aluminium Modern Klasik (Source : pinterest.com)

Model pintu aluminium klasik sekilas akan terdengar membosankan. Namun jika berhasil digabungkan dengan desain yang lebih modern, dijamin akan terlihat lebih unik dan menarik.

Kesan klasik yang lebih sederhana dengan perpaduan ide modern yang lebih cerdas pada pintu rumah Anda, akan menghadirkan nuansa rumah yang lebih nyaman dan homey. 

Pintu dengan desain klasik modern ini bisa menghiasi sisi depan rumah Anda atau sebagai interior tersendiri di ruangan pribadi.

9. Pintu Aluminium Open Space

Pintu Aluminium Open Space
Pintu Aluminium Open Space (Source : pinterest.com)

Ide pintu rumah aluminium lainnya yang bisa Anda coba aplikasikan adalah pintu rumah dengan konsep open space. Pintu ini akan memberikan area pandang yang jauh lebih luas ke dalam dan ke arah luar rumah.

Konsep open space ini akan membuat rumah Anda seperti sedang menyatu dengan alam.

Desain pintu aluminium ini akan membutuhkan ukuran kaca yang sangat lebar dan luas, biasanya mengikuti luas dan lebar dari satu sisi rumah.

Untuk memberikan sedikit elemen pivasi, Anda bisa memberikan gorden yang dapat dengan mudah dibuka dan ditutup setiap kali Anda membutuhkannya.

10. Pintu Aluminium dan Kanopi

Pintu Aluminium dan Kanopi
Pintu Aluminium dan Kanopi (Source : mitrakreasiutama.com)

Model pintu aluminium pada rumah juga bisa dikombinasikan dengan jenis atap kanopi. Atap ruangan dalam rumah dibuat dengan model yang hampir sama dengan dekorasi pintu yang ada, yaitu dengan memanfaatkan kaca transparan.

Kombinasi pintu aluminium dan atap kanopi ini bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan sumber pencahayaan alaminya juga bisa lebih besar.

Konsep ini bisa Anda terapkan pada rumah yang bertema minimalis dengan ruangan yang tidak terlalu besar.

11. Pintu Aluminium Tropis

Pintu Aluminium Tropis
Pintu Aluminium Tropis (Source : pinterest.com)

Desain pintu aluminium tropis bisa menjadi ide dekorasi rumah yang lebih unik dan menarik. Desain pintu aluminium kaca yang transparan dipadukan dengan berbagai macam tumbuh-tumbuhan hijau di sekitarnya.

Berkat desain tropis tersebut, rumah Anda bisa dibuat lebih sejuk dan nyaman. Anda dapat mengaplikasikan model pintu ini pada pintu utama atau pintu belakang rumah, maupun pada bangunan-bangunan tanaman Anda.

12. Pintu Aluminium Smart Home

Pintu Aluminium Smart Home
Pintu Aluminium Smart Home (Source : pinterest.com)

Desain pintu aluminium memang mampu memberikan kesan modern dan elegan pada rumah Anda. Agar terlihat semakin kontemporer, Anda bisa menambahkan fitur-fitur yang lebih canggih pada pintu aluminium Anda tersebut. Salah satu fitur tersebut biasanya dikenal dengan istilah smart door.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menutup dan membuka pintu secara otomatis dari jarak jauh. Biasanya smart door ini cocok untuk pintu rumah yang cukup lebar dan luas, agar pengguna tidak merasa kesulitan ketika membuka dan menutupnya.

Itulah tadi 12 model pintu aluminium dan penjelasan masing-masing dari model tersebut. Jika Anda berniat untuk membuat pintu dari aluminium, model-model yang disebutkan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda.