Suara gemericik air terjun mampu menenangkan pikiran orang yang mendengarnya. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk membuat rumah di lokasi yang dekat dari air terjun. Jika lokasi rumah Anda jauh dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah membuat air mancur di taman rumah.

Saat ini banyak sekali desain air mancur di rumah yang bisa menjadi pilihan Anda. Pengaplikasiannya tidak mengharuskan area rumah yang luas. Rumah minimalis pun tetap cocok dibuatkan air mancur dengan desain yang tepat.

10 Pilihan Desain Air Mancur di Rumah

Daripada bingung memilih desain air mancur yang paling cocok digunakan, di bawah ini akan disebutkan beberapa model dan desain air mancur yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Air Mancur Minimalis Batu

Air Mancur Minimalis Batu
Air Mancur Minimalis Batu (Source : bukalapak.com)

Jangan salah, meski tampilannya sederhana tetapi akan meningkatkan nilai keindahan rumah yang Anda tempati. Di samping itu, model ini termasuk tahan lama karena memang sifat dasarnya berupa bebatuan kokoh.

Sesuai penyebutannya, ukuran dari air mancur mini ini terbilang kecil. Sangat cocok ditempatkan pada rumah dengan konsep minimalis, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Penempatan yang paling disarankan adalah di sekitar taman, dekat ruang bersantai, bisa juga di rooftop. Bersantai di area yang dekat dengan air mancur diyakini mampu mengurangi stres dan pusing berlebihan.

2. Air Mancur Modern di Berbagai Sisi

Air Mancur Modern di Berbagai Sisi
Air Mancur Modern di Berbagai Sisi (Source : berita.99.co)

Sebagian orang mungkin masih bingung dengan yang disebut air mancur modern di berbagai sisi. Maksudnya adalah air mancurnya bukan hanya satu namun banyak dan disebar di beberapa titik.

Karena banyak, biasanya air dari air mancur akan ditampung pada kolam berukuran sedang hingga besar. Sayangnya, konsep satu ini kurang cocok untuk rumah yang dibangun di atas tanah berukuran kecil.

Air mancur modern di berbagai sisi banyak ditemukan di tempat-tempat mewah seperti halnya kerajaan, istana negara, alun-alun, dan lainnya. Meskipun begitu, jika dilihat-lihat modelnya cenderung terkesan klasik dan membuat udara di sekitar lebih sejuk.

3. Air Mancur Minimalis Ala Jepang

Desain Air Mancur Minimalis Ala Jepang (Source : arsitag.com)

Berbicara mengenai desain bangunan, desain khas Jepang menjadi salah satu paling difavoritkan. Ciri khasnya terletak pada kesan sederhana dan elegan yang dimunculkan, baik pada rumah maupun air mancur.

Khusus bagi yang memiliki rumah minimalis dan ingin menempatkan air mancur, konsep ala Jepang merupakan pilihan terbaik. Desain air mancurnya dibuat dengan memanfaatkan sisi kosong.

Maksudnya adalah air mancurnya dibuat menempel dengan dinding. Bukan hanya satu, tapi bisa dibuat beberapa tergantung dari luas lokasi. Selain itu, seringkali di area sekitarnya akan diberikan pohon bambu hias untuk menambah kesan asri.

4. Air Mancur Klasik

Air Mancur Klasik
Air Mancur Klasik (Source : indonesian.alibaba.com)

Ciri khas dari air mancur klasik terletak pada desain tempat mengalir airnya yang dibuat berkarakter. Kesan megah dan unik menjadi daya tarik utamanya, sehingga sangat cocok diletakkan di rumah mewah.

Umumnya, dalam satu air mancur terdapat dua atau tiga tingkat dengan puncaknya berupa pancuran. Sedangkan untuk bahannya terbuat dari batuan alam yang menambah kesan indah dan alami.

Ukurannya sendiri tidak begitu besar dan daya tampung airnya kecil sampai sedang. Desain air mancur klasik dapat diletakkan di taman, dekat teras, dan area sekitar kolam ikan.

5. Air Mancur Minimalis Sederhana

Air Mancur Minimalis Sederhana
Air Mancur Minimalis Sederhana (Source : timesrecordnews.com)

Tidak perlu menambahkan air mancur terpisah, air mancur minimalis sederhana dibuat menyatu dengan tanah. Di bagian pinggirannya diberikan susunan batu bata melingkar atau kotak tergantung dengan konsepnya.

Bisa dibilang desainnya ramah lingkungan. Sebab, Anda dapat sekaligus memanfaatkan airnya untuk menyiram tanaman di sekitarnya. Terlebih penyusun dari air mancur sebagian besar dari bahan yang aman untuk lingkungan seperti batu bata dan batuan kecil.

Namun, kekurangan yang sering dialami pengguna konsep air mancur minimalis yaitu sisi sekitarnya yang ditumbuhi lumut dan rumput. Perlu perawatan secara berkala supaya tetap terlihat bersih dan rapi.

6. Air Mancur Tradisional

Air Mancur Tradisional
Air Mancur Tradisional (Source : pinterest.co.uk)

Hunian tradisional semakin terlihat alami dengan adanya air mancur model tradisional. Desainnya sengaja dibuat sederhana supaya tetap terlihat natural dan menyatu dengan alam, maksudnya tidak terlalu menonjol.

Dalam penerapannya, muncul beberapa desain mulai dari bulat biasa dan bulat bertumpuk. Pemilihannya dapat disesuaikan dengan ukuran lokasi yang ingin diberi air mancur tersebut.

Agar semakin indah, seringkali di sekitarnya diberikan bebatuan kecil. Bukan hanya itu, ada juga tanaman-tanaman hias untuk membuat rumah semakin cantik serta nyaman digunakan bersantai atau menenangkan pikiran.

7. Air Mancur Kolam Kecil

Air Mancur Kolam Kecil
Air Mancur Kolam Kecil (Source : pinterest.co.uk)

Ingin rumah konsep modern Anda semakin bagus? Tambahkan air mancur kolam kecil yang berbentuk setengah lingkaran di salah satu areanya. Disarankan menempatkannya di sekitar tetumbuhan supaya sekaligus bisa untuk menyiram tanaman.

Bahan dari air mancur ini dari batuan marmer atau sejenisnya dengan ciri khas warna putihnya. Tampilannya memang simpel, tetapi kesan yang dibawanya elgan dan mewah, apalagi bahannya terlihat begitu kokoh. .

Ketinggian pancurannya dapat disetting sesuai keinginan. Umumnya dibuat tidak terlalu tinggi sehingga suara gemericik yang dimunculkan cenderung besar dan tidak begitu nyaring.

8. Air Mancur Batu Alami

Air Mancur Batu Alami
Air Mancur Batu Alami (Source : youtube.com)

Tampilan air mancur batu alami terlihat seperti air terjun. Disarankan menempatkannya di area yang dekat dengan pepohonan untuk membuat rumah semakin alami. Konsep ini mendukung diletakkan di halaman yang luas.

Sebenarnya tetap mendukung di halaman minimalis, namun harus didukung dengan penataan yang baik. Penataan jatuhnya air seringkali dibuat rendah sehingga tidak terlalu menyebar kemana-mana.

Percantik tampilannya dengan menambahkan bunga dalam air atau ikan berwarna seperti halnya ikan koi atau arwana.

9. Air Mancur Bambu Minimalis Oriental

Air Terjun Bambu Minimalis Oriental
Air Terjun Bambu Minimalis Oriental (Source : berita.99.co)

Bagi yang suka melihat drama China klasik, kemungkinan akan melihat air mancur bambu oriental. Bahannya yang bisa didapatkan di alam membuat modal untuk membuatnya sangat minim.

Kunci utama dari bentuk tersebut adalah bagaimana cara untuk membuatnya rapat sehingga air tidak sampai merembes kemana-mana. Selain itu juga harus mempertimbangkan bagaimana pola aliran airnya.

Trik membuat tampilannya semakin menawan yaitu dengan menambahkan bunga teratai putih atau berwarna. Tidak perlu banyak, cukup dua atau menyesuaikan dengan ukuran air mancurnya.

10. Air Mancur Minimalis Semen

Air Mancur Minimalis Semen
Air Mancur Minimalis Semen (Source : rumah.com)

Untuk yang memiliki modal minim, tetapi ingin membuat air mancur di rumahnya, solusi terbaiknya adalah dengan membangun air mancur dari semen. Bahan bakunya berupa batu bata sebagai pondasinya dan semen untuk finishing dan menambah kekokohannya.

Jika digambarkan, air mancurnya seperti tempat wudhu dari semen. Meski sangat sederhana, kesan indahnya tetap ada. Anda bahkan bisa sekaligus menambah penghasilan dengan memelihara ikan hias air tawar.

Mengapa bisa air mancur minimalis semen sangat hemat? Di samping dibuat dengan bahan ramah di kantong, juga tidak perlu membeli cat sebagai finishingnya.

Itulah rekomendasi model air mancur yang cocok dijadikan pilihan. Jangan lupa mempertimbangkan bagaimana konsep hunian serta luas rumah sebelum memilih salah satunya.