Berbicara tentang perumahan Jakarta Utara, ada beberapa kawasan perumahan mewah dan sangat diminati masyarakat. Harga jual per unit rumah mewah di setiap perumahan yang berada di dalam kawasan tersebut juga tidak main-main karena berkisar miliaran rupiah.

Tingginya minat masyarakat terhadap rumah mewah di kawasan perumahan Jakarta Utara tersebut bukan semata-mata karena kemewahan yang sangat menonjol, tetapi juga karena lokasi sangat strategis dan dekat dari fasilitas umum.

Hanya saja, tingginya nilai jual per unit rumah di kawasan tersebut, menjadikan hanya orang dengan penghasilan tinggi yang bisa membelinya.

 Inilah 5 Kawasan Perumahan Elit di Jakarta Utara

1. Pantai Indah Kapuk

pantai indah kapuk
Kawasan Perumahan Pantai Indah Kapuk (Source : kaskus.co.id)

Salah satu kawasan yang memiliki banyak perumahan di dalamnya adalah Pantai Indah Kapuk. Setiap unit rumah yang dijual di kawasan perumahan tersebut sangat mahal. Penyebabnya karena setiap rumah yang dijual tergolong mewah.

Lokasi kawasan perumahan ini sangat strategis, karena berada di titik tengah antara tiga wilayah, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Barat, serta Tangerang.

Terdapat akses tol yang langsung menghubungkan dengan banyak wilayah, termasuk tol dalam kota dan tol JORR 1.

Di kawasan mewah tersebut terdapat fasilitas pendidikan, kesehatan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak sekali perumahan yang terdapat di kawasan Pantai Indah Kapuk, di antara yang paling terkenal adalah Cluster Alabama Baltimore, Bukit Golf Mediterania, Cluster Arcadia PIK 2, dan yang lainnya.

2. Kelapa Gading

kelapa gading
Perumahan Mewah Kelapa Gading (Source : kaskus.co.id)

Kawasan perumahan elit dan mewah lainnya adalah Kelapa Gading. Di dalam kawasan tersebut, terdapat banyak perumahan mewah yang nilai jualnya mencapai miliaran rupiah.

Meskipun ada beberapa area di kawasan tersebut yang sering mengalami banjir, tapi hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat untuk membeli rumah di sana.  Pasalnya, fasilitas umum yang tersedia di sana tergolong lengkap.

Di kawasan perumahan di Kelapa Gading terdapat fasilitas pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Terdapat juga beberapa lembaga kursus untuk bahasa asing, seperti bahasa Jepang, Mandarin, dan Inggris.

Fasilitas kesehatan juga terdapat di dalamnya, mulai dari puskesmas, klinik swasta, termasuk rumah sakit. Bahkan, jumlah dokter praktek di tempat tersebut juga sangat banyak.

Keberadaan berbagai fasilitas dan layanan kesehatan tersebut menjadikan para penghuni di Kelapa Gading tidak kesulitan jika ingin berobat.

Banyak sekali perumahan mewah yang terdapat di kawasan Kelapa Gading. Misalnya, Kelapa Gading Permai yang harga per unit rumahnya berkisar Rp 4 miliar, Kelapa Gading Kirana yang harga per unit rumahnya berkisar Rp 5 miliar, Sedayu City yang harga per unit rumahnya berkisar Rp 2 miliar, dan yang lainnya.

3. Pluit

Pluit
Kawasan Perumahan Mewah di Pluit (Source : id.wikipedia.org)

Kawasan berikutnya yang juga memiliki banyak perumahan mewah di dalamnya adalah Pluit, Penjaringan. Lokasinya yang strategis menjadikan harga per unit rumah di sana sangat mahal.

Banyak fasilitas umum yang bisa dijangkau dengan mudah dari kawasan tersebut. Misalnya, Tol Prof Sedyatmo dan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Selain itu, kawasan perumahan mewah ini juga dekat dari pusat kesehatan, pendidikan, dan yang lainnya.

Banyak sekali perumahan mewah yang ada di kawasan tersebut. Misalnya, perumahan Pluit Mas yang harga per unit rumahnya berkisar Rp 4-14 miliar, perumahan Muara Karang yang harga per unit rumahnya berkisar Rp. 2-6 miliar , dan yang lainnya.

4. Ancol

Ancol
Puri Marina Ancol (Source : Rumah.com)

Selain terkenal sebagai tempat bermain, ternyata kawasan Ancol juga memiliki perumahan mewah dan elit. Di kawasan ini terdapat beberapa perumahan elit dan mewah seperti Puri Marina Ancol, perumahan Ancol Seafront, dan yang lainnya.

Harga per unit rumah di kawasan tersebut tentu tidak murah. Sebagai contoh, rumah yang dijual di Puri Marina Ancol bisa mencapai belasan miliar rupiah per unitnya. Area perumahannya sangat luas dan hijau, sehingga terasa sejuk dan asri.

Keunggulan dari kawasan ini adalah fasilitas hiburan yang terdapat di dalamnya tergolong lengkap, misalnya kolam renang, jogging track, lapangan tenis, lapangan futsal, dan sebagainya. Terlebih lagi lokasinya dekat dari pusat hiburan keluarga, yaitu Taman Impian Jaya Ancol.

5. Tanjung Priok

Rumah Crazy Rich Tanjung Priok Ahmad Sahroni
Rumah Crazy Rich Tanjung Priok Ahmad Sahroni (Source : YouTube Prime Show With Ira Koesno)

Kawasan Tanjung Priok juga dikenal dengan banyaknya rumah mewah yang ada di sana. Padatnya jumlah penduduk di kawasan tersebut tidak menghalangi orang-orang berduit untuk membuat rumah mewah dan elit.

Salah satu contohnya adalah rumah milik Crazy Rich Tanjung Priok yang bernama Ahmad Sahroni. Bahkan, beberapa Youtuber besar sempat membuat video yang memperlihatkan rumah Crazy Rich yang satu ini.

Tentu saja bukan hanya itu saja rumah mewah yang ada di Tanjung Priok. Banyak sekali rumah mewah dan elit yang bisa ditemukan di sana, khususnya di rumah di Warakas dan Swasembada. Untuk harga jual, umumnya bernilai miliaran rupiah, meskipun ada juga yang di bawah itu.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki rumah di perumahan Jakarta Utara, sebaiknya Anda mencari rumah mewah yang dijual di kawasan Tanjung Priok.

Itulah tadi 5 kawasan perumahan Jakarta Utara yang mewah dan elit. Jika ingin tinggal di Jakarta Utara, sebaiknya Anda membeli rumah di salah satu kawasan tersebut. Tentunya, jika Anda memiliki budget yang cukup untuk membeli rumah mewah di sana.