Ruang tamu lesehan minimalis merupakan salah satu pilihan model ruang tamu yang banyak diterapkan orang-orang di masa sekarang ini. Alasannya jelas, karena biaya untuk mendesain ruang tamu seperti ini tidak terlalu besar, sekaligus menjadikan ruangan berukuran sempat menjadi lebih lapang.

Ruang tamu merupakan ruangan paling pertama di dalam rumah yang akan dilihat oleh tamu kala berkunjung. Kesan pertama akan didapatkan oleh tamu yang datang dari tampilan ruang tamu yang dilihatnya. Jika desainnya bagus, tentu akan memberikan kesan yang bagus di hadapan tamu tersebut.

Ruang tamu juga bisa dimanfaatkan oleh keluarga di waktu-waktu santai untuk bercengkrama. Hal ini seringkali terjadi pada rumah minimalis yang memang tidak memiliki desain khusus untuk ruang keluarga, sehingga ruang tamu seringkali difungsikan sebagai ruang keluarga.

Inilah 9 Desain Ruang Tamu Lesehan Minimalis

Saat ini banyak sekali pilihan desain ruang tamu lesehan minimalis. Saking banyaknya, terkadang sebagian orang termasuk Anda malah kebingungan untuk memilih desain yang paling tepat. Tapi jangan khawatir, di bawah ini akan disebutkan beberapa desain yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Ruang Tamu Lesehan Minimalis Sederhana

Ruang Tamu Lesehan Minimalis Sederhana
Ruang Tamu Lesehan Minimalis (Source : instagram.com/christinafandi)

Desain paling pertama kali ini menampilkan kesan minimalis sederhana. Hal tersebut terlihat jelas dari penggunaan hiasan dinding sederhana dan berbagai perabot yang terlihat simple, namun selaras dengan desain ruangan tersebut.

Agar tamu merasa nyaman, ruang tamu dipasangi dengan karpet berbahan halus dan terasa empuk ketika diduduki. Agar ruangan menjadi sejuk, Anda bisa menambahkan kipas angin dan pot bunga di sudut ruangan.

2. Ruang Tamu Lesehan Gaya Feminim

Ruang Tamu Lesehan Gaya Feminim
Ruang Tamu Lesehan Gaya Feminim (Source : instagram.com/homecookyurrikho_safya)

Bagi Anda yang senang dengan nuansa pink, desain ruang tamu lesehan yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Pada gambar di atas, Anda bisa melihat kalau nuansa feminim terasa begitu kental terlihat pada ruang tamu lesehan yang satu ini.

Agar kesan feminim semakin terasa, Anda juga bisa menambahkan beberapa perlengkapan dan perabot yang bernuansa pink, termasuk karpet dan gorden pintu beserta jendela.

3. Ruang tamu Lesehan Ala Jepang


Ruang tamu Lesehan Ala Jepang
Ruang tamu Lesehan Ala Jepang (Source : instagram.com/melu_home)

Untuk mendapatkan hasil desain lesehan ruang tamu minimalis yang menarik dan elegan, sisi arsitektur dan interior tentu harus diperhatikan. Termasuk dalam hal ini, inspirasi desain ruang tamu ala Jepang sebagaimana pada gambar di atas. 

Untuk bisa menciptakan penampilan otentik Jepang, yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan perabotan berbahan kayu, baik berupa meja dan kursi lesehan.

Selain itu, sebaiknya Anda mengaplikasikan parket dengan warna senada di bagian lantai ruang tamu tersebut, agar kesan tampilan interior ala Jepang semakin kental.

4. Ruang Tamu Lesehan Outdoor

  Ruang Tamu Lesehan Outdoor
Ruang Tamu Lesehan Outdoor (Source : banyuwangi.org)

Anda bisa memanfaatkan area teras untuk membuat ruang tamu lesehan. Jadi, area duduk-duduk untuk berbincang-bincang dan bercengkrama dilakukan di teras yang sudah dibuat dan didesain menjadi ruang tamu.

Selain teras, Anda juga bisa menggunakan gazebo sebagai ruang tamu. Dengan desain yang tepat, Anda bisa membuat ruang tamu outdoor yang tenang, elegan, dan nyaman.

Agar semakin nyaman, tambahkan karpet tebal nan empuk di ruang tamu tersebut, beserta bantal duduk dan meja kayu dengan kaki pendek. Dengan begitu, tamu tidak akan kesulitan untuk meraih dan menikmati hidangan yang disajikan di atas meja.

Selain lebih santai, udara di sekitar ruang tamu lesehan outdoor tentu lebih segar karena lokasinya di tempat terbuka. Hal ini akan lebih memberikan perasaan nyaman bagi siapa saja yang duduk di ruang tamu tersebut.

5. Ruang Tamu Minimalis Abu-abu

Ruang Tamu Minimalis Abu-abu (Source : instagram.com/yeninyagus)
Ruang Tamu Minimalis Abu-abu (Source : instagram.com/yeninyagus)

Desain ruang tamu lesehan minimalis lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah ruang tamu minimalis abu-abu. Desainnya sangat sederhana, namun terlihat sangat nyaman. Anda hanya perlu menambahkan aksen berwarna abu-abu di dalam ruangan tersebut.

Pada gambar di atas, terlihat adanya karpet abu-abu untuk alas duduk yang dilengkapi dengan beberapa buah bantal yang juga berwarna abu-abu. Terdapat juga ruang untuk meletakkan televisi di atasnya. Di bagian sudut diletakkan bunga yang ditanam di dalam pot.

6. Ruang Tamu Minimalis Dominasi Warna Putih

Ruang Tamu Minimalis Dominasi Warna Putih
Ruang Tamu Minimalis Dominasi Warna Putih (Source : Instagram.com/yumna.abidah)

Desain ruang tamu lesehan yang satu ini menggunakan warna putih sebagai warna yang mendominasi ruangan.

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat warna putih diaplikasikan pada dinding, lantai, lemari, dan rak. Keberadaan warna putih yang mendominasi tentu memberikan dampak psikologi berupa kesan yang bersih dan sejuk.

Untuk jenis perabot, pastikan Anda menggunakan perabot multifungsi dalam rangka menjaga ruang tamu tetap luas, misalnya rak atau lemari yang sekaligus dapat Anda digunakan sebagai tempat TV.

Jika Anda ingin menambahkan jenis perabot yang lainnya, upayakan sebisa mungkin perabot tersebut berukuran kecil supaya tidak terlalu menyita banyak ruangan, yang justru mengakibatkan area tersebut terasa sesak.

7. Ruang Tamu Minimalis Bergaya Rustic

Ruang Tamu Minimalis Bergaya Rustic
Ruang Tamu Minimalis Bergaya Rustic (Source : pinterest.com)

Pilihan lainnya untuk desain ruang tamu lesehan minimalis yang mulai banyak diminati saat ini adalah yang mengadopsi gaya rustic. Alasannya, desain tersebut tampak unik dan istimewa, sebagaimana yang bisa Anda lihat langsung pada gambar di atas.

Sangat mudah untuk mengaplikasikan gaya rustic, salah satunya adalah dengan menerapkannya pada ruang tamu yang temboknya belum jadi.

Agar terlihat bersih dan rapi, pastikan Anda menggunakan furniture dan perabot yang sesuai dengan desain ruangan. Jangan lupa untuk meletakkan pembatas antara ruang tamu dengan rak sandal agar terlihat lebih rapi.

8. Ruang Tamu Lesehan Fungsional

Ruang Tamu Lesehan Fungsional
Ruang Tamu Lesehan Fungsional (Source : pinterest.com)

Jika ukuran ruangan Anda kecil, sebaiknya Anda menerapkan konsep desain ruang tamu lesehan fungsional. Dalam hal ini Anda bisa menggabungkannya dengan ruang makan supaya tidak terlihat sempit.

Oleh karena itu, furnitures yang akan Anda gunakan sebaiknya berukuran tidak terlalu besar. Lebih bagus lagi jika furniture tersebut fungsional. Untuk warna, Anda bisa menggunakan warna kalem seperti gabungan antara putih dan coklat.

9. Ruang Tamu Lesehan Menghadap Halaman

Ruang Tamu Lesehan Menghadap Halaman
Ruang Tamu Lesehan Menghadap Halaman (Source : hipwee.com)

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengesankan kalau ruang tamu Anda luas adalah dengan cara mengalihkan perhatian. Dalam hal ini, Anda bisa menjadikan halaman sebagai pemandangan utama yang terlihat dari ruang tamu tersebut.

Tentu saja Anda harus membuat desain ruangan yang terasa nyaman. Selain itu, pastikan Anda juga mengisi ruangan tersebut dengan bantal super nyaman, agar nantinya Anda bisa berbincang-bincang dengan nyaman bersama tamu atau sesama anggota keluarga ketika bercengkrama.

Itulah daftar desain ruang tamu lesehan minimalis yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Tinggal pilih saja manakah di antara desain tersebut yang paling cocok dengan selera Anda.

Baca Juga: 13 Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah