Model teras rumah panjang tidak hanya terlihat indah dari segi penampilan, tetapi juga bersifat fungsionalitas.  Banyak orang menjadikannya sebagai ruang tamu atau tempat bercengkrama bersama anggota keluarga.

Model teras seperti ini sangat populer di Indonesia. Tidak heran jika Anda dengan mudah bisa menemukannya di mana saja. Terkadang model terasnya memanjang ke depan dan terkadang memanjang ke samping.

Jika Anda berniat untuk membuat teras model panjang untuk rumah impian Anda, di bawah ini akan disebutkan beberapa inspirasi desain yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

12 Pilihan Model Teras Rumah Panjang

1. Teras Rumah Sederhana


Teras Rumah Sederhana
Teras Rumah Sederhana (Source : rumahkuunik.com)

Model teras seperti ini bisa Anda saksikan pada rumah-rumah tradisional yang ada di Indonesia. Pada gambar di atas, terlihat jika terasnya memanjang ke depan dan ke samping, baik pada lantai pertama maupun pada lantai kedua.

Fungsi teras ini sangat banyak, bisa dijadikan sebagai ruang tamu, ruang santai bersama keluarga, carport, dan lain sebagainya. Bentuknya yang terbuka menjadikan suasana di rumah tersebut terasa lebih sejuk.

2. Teras Rumah Panjang Tradisional

Teras Rumah Panjang Tradisional
Teras Rumah Panjang Tradisional (Source : rumahkuunik.com)

Model teras rumah panjang lainnya yang juga bisa menjadi inspirasi untuk Anda adalah model teras rumah panjang tradisional (joglo). Anda dengan mudah bisa menemukan model seperti ini pada rumah-rumah yang ada di kampung-kampung dan pelosok-pelosok.  

Terlihat pada gambar di atas kalau teras rumah tersebut terbuat dari bahan alami seperti kayu dan bambu. Meskipun sederhana, nilai estetika desainnya tergolong tinggi disebabkan taman bunga yang ada di sekelilingnya. Panorama alam di sekelilingnya pun terlihat asri, luas, dan nyaman.

3. Teras Rumah Panjang ke Samping Bergaya Klasik


Teras Rumah Panjang ke Samping Bergaya Klasik
Teras Rumah Panjang ke Samping Bergaya Klasik

Teras rumah panjang yang satu ini bergaya klasik dan bentuknya memanjang ke samping. Nuansa klasik semakin terasa dengan digantungkannya lampu-lampu model klasik di bagian atas teras rumah tersebut.

Di bagian depannya terdapat taman bunga yang menjadikan nuansa di sekitarnya semakin sejuk dan asri.

4. Teras Klasik dengan Pagar Putih


Teras Klasik dengan Pagar Putih
Teras Klasik dengan Pagar Putih (Source : prolinerangehoods.com)

Kesan klasik terlihat jelas dari model teras yang satu ini. Nuansa klasik semakin kental terasa berkat penggunaan bahan kayu di bagian lantai, agar teras, dan tangga. Ditambah lagi dengan dipasangnya beberapa buah lampu teras yang memang memiliki desain klasik.

Pilihan warna putih untuk cat teras ini sangat tepat, karena memberikan nuansa sejuk dan tenang. Anda bisa memanfaatkan teras ini sebagai tempat menerima tamu atau tempat berbincang-bincang dengan sesama anggota keluarga.

5. Teras Rumah Panjang ke Samping


Teras Rumah Panjang ke Samping
Teras Rumah Panjang ke Samping (Source : rumah.com)

Jika Anda memiliki lahan yang sempit, maka salah satu cara menyiasatinya adalah dengan membuatkan teras rumah memanjang ke samping. Nantinya Anda bisa memanfaatkan teras tersebut sebagai tempat menjemur pakaian, tempat berolahraga, dan fungsi lainnya.

Penggunaan model teras rumah yang satu ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang tidak ingin kegiatannya terlalu terekspos dari depan.

6. Teras Panjang dengan Kolam

Teras Panjang dengan Kolam
Teras Panjang dengan Kolam (Source : cine65.sg)

Jika Anda memiliki lahan luas di depan atau di belakang rumah, cobalah membuat teras panjang yang terdapat kolam di dekatnya.

Suasana di sekitar teras rumah akan lebih fresh dengan adanya kolam tersebut. Anda dan keluarga juga bisa bebas bercengkrama dan bersantai di tempat tersebut.

7. Teras Panjang dengan Tiang

Teras Panjang dengan Tiang
Teras Panjang dengan Tiang (Source : historictexas.net)

Teras panjang dengan tiang ketika diaplikasikan pada rumah Anda akan memberikan kesan mewah. Tiang tersebut tidak mesti berbentuk persegi, tetapi bisa dalam bentuk kreasi tiang bundar atau dengan  menambahkan tanaman merambat untuk menciptakan kesan sejuk dan tenang.

Teras yang terasa sejuk dan tenang tentu akan memberikan perasaan betah bagi siapapun yang duduk di dalamnya. Anda bisa memanfaatkan teras tersebut sebagai tempat bersantai di waktu-waktu senggang sembari menikmati secangkir kopi atau teh.

8. Teras Rumah Depan dengan Kanopi


Teras Rumah Depan dengan Kanopi
Teras Rumah Depan dengan Kanopi (Source : rumahkuunik)

Model teras rumah yang satu ini berukuran panjang dan menggunakan kanopi. Penggunaan kanopi tersebut guna melindungi teras dari terpaan panas dan hujan secara langsung.

Selain teras, lantai atas rumah juga terkadang menggunakan kanopi balkon yang modelnya dapat dipilih sesuai selera. Selain berfungsi meningkatkan privasi, kanopi juga dapat melindungi furniture outdoor dari paparan hujan dan panas matahari langsung.

9. Teras Rumah Panjang Atap Tertutup

Teras Rumah Panjang Atap Tertutup
Teras Rumah Panjang Atap Tertutup (Source : 99.co)

Model teras rumah panjang ke samping ini menggunakan atap tertutup. Di bagian atasnya bisa ditutup menggunakan beberapa jenis material pembangun atap rumah, misalnya kaca, kayu, galvalum, atau tanah liat.

Pada gambar di atas, atap teras menggunakan bahan kaca. Selain berfungsi melindungi teras dari paparan langsung hujan dan panas matahari, Anda dan keluarga juga bisa menikmati panorama di luar teras tanpa harus mengkhawatirkan kondisi cuaca yang ada.

Agar lebih nyaman saat bersantai di teras, Anda bisa menempatkan kursi santai di area ini. Lebih bagus lagi jika Anda bisa menambahkan dekorasi tanaman hias, sehingga suasana di sekitar teras rumah Anda semakin segar.

10. Teras Rumah Panjang Minimalis


Teras Rumah Panjang Minimalis
Teras Rumah Panjang Minimalis (Source : dekoruma.com)

Model teras rumah panjang yang satu ini mengedepankan prinsip minimalis terbuka. Agar teras terlihat semakin menarik, pastikan Anda memilih warna dan motif yang tepat untuk keramik teras tersebut.

Penggunaan dekorasi-dekorasi cantik yang senada dengan konsep pada hunian akan menjadikan teras terlihat nyaman dan elegan.

Penggunaan keramik warna kalem yang dikombinasikan dengan dinding natural menjadikan area teras ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai hunian dengan konsep minimalis dan alami.

Anda dapat memanfaatkan area teras ini sebagai tempat bercengkrama bersama keluarga atau para tamu. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai area untuk makan bersama di luar rumah, jika Anda merasa bosan dengan suasana di dalam rumah.

11. Teras Rumah Panjang 8 Meter

Teras Rumah Panjang 8 Meter
Teras Rumah Panjang 8 Meter (Source : icreate.id)

Model teras rumah panjang dengan konsep vintage sebagaimana pada gambar di atas sangat cocok bagi Anda yang senang dengan hunian model klasik sederhana. Penggunaan elemen natural sangat banyak diaplikasikan pada teras ini.

Teras berukuran 8 meter ini semakin nyaman dengan ditempatkannya meja dan kursi yang disertai dengan dekorasi cantik sebagai pelengkap untuk area teras ini.

Dengan begitu, Anda dan anggota keluarga bisa semakin nyaman berkumpul di area teras tersebut. Selain sebagai tempat bercengkrama bersama keluarga, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat menerima tamu.

Konsep teras dengan ukuran panjang seperti ini banyak ditemukan di daerah pedesaan yang masih memiliki lahan berukuran luas dan hijau.

12. Teras Rumah Panjang ke Depan

Teras Rumah Panjang ke Depan
Teras Rumah Panjang ke Depan (Source : orami.co.id)

Jika Anda memiliki area teras yang cukup luas sebelum masuk ke dalam rumah, sebaiknya Anda menjadikannya teras yang bentuknya memanjang ke depan.

Agar terlihat lebih menarik, pastikan Anda menggunakan desain dan furniture atau perabot yang tepat. Anda juga bisa menambahkan kesan natural dengan memanfaatkan vertical garden sebagai area hijau.

Meskipun model teras terbuka seperti ini cukup menyulitkan terutama saat musim hujan tiba. Namun, Anda dapat meminimalisirnya dengan memasangkan kanopi pada set kursi yang sudah dipasang.

Itulah tadi 12 model teras rumah panjang yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Tinggal pilih saja manakah di antara inspirasi desain di atas yang paling sesuai dengan kondisi rumah Anda.