Bagi Anda yang tinggal di wilayah Sulawesi Tengah khususnya di daerah Palu dan sekitarnya, tentu memahami betapa sulitnya memiliki rumah sendiri. Selain harga tanah yang lumayan mahal, biaya membangun rumah juga tidak sedikit.

Itulah sebabnya mengapa banyak sekali masyarakat yang tinggal di Palu dan sekitarnya yang belum memiliki rumah sendiri. Terlebih lagi bagi mereka yang masuk ke dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Oleh karena itu, kehadiran perumahan Palu yang bersubsidi ibarat ‘angin segar’ bagi masyarakat. Dengan sebab itu, mereka bisa mendapatkan rumah murah dan layak dihuni. Apalagi uang muka dan cicilan bulanan untuk setiap unit rumah bersubsidi tersebut sangat terjangkau.

Mengapa Harus Membeli Rumah Bersubsidi di Palu?

rumah bersubsidi di Palu
Unit-unit Rumah di Perumahan Kelapa Gading

Meskipun rumah bersubsidi dijual dengan harga murah, tapi tetap saja ada masyarakat yang enggan untuk membelinya. Banyak dari mereka yang tetap memaksakan diri membeli rumah non subsidi.

Tentu setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing dalam memilih rumah yang akan dihuninya bersama keluarga. Lantas apa alasan utama membeli rumah bersubsidi? Berikut jawabannya :

1. Harga Lebih Murah

Sudah merupakan hal yang diketahui bersama bahwa rumah bersubsidi memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan harga jual rumah non subsidi. Termasuk dalam hal ini perumahan Palu yang mendapatkan subsidi.

Harga jual rumah bersubsidi berkisar Rp 100 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah non subsidi bertipe sama, yang umumnya dijual dengan kisaran harga Rp 200 jutaan lebih.

Karena harga jualnya yang sangat murah, keberadaan perumahan bersubsidi di Palu tentu sangat membantu masyarakat yang masuk kategori MBR untuk mendapatkan rumah impian mereka. Sebab, masyarakat yang masuk dalam kategori di atas umumnya sulit untuk membeli rumah non subsidi.

2. Rumah Siap Huni

Alasan lain mengapa Anda perlu membeli rumah bersubsidi di perumahan Palu tidak lain karena unit rumah biasanya sudah siap huni. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa menempati rumah tersebut.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan Anda selaku pembeli, karena begitu Anda menyerahkan uang muka pembelian rumah, Anda sudah bisa langsung menempatinya.

Salah satu kendala yang seringkali dialami saat mencicil rumah adalah waktu menunggu penyelesaian unit rumah yang lumayan lama. Selama waktu menunggu tersebut, terkadang Anda terpaksa harus menyewa rumah. Namanya juga menyewa, tentu Anda harus mempersiapkan budget khusus untuk itu.

3. Reputasi Pengembang Tidak Diragukan

Banyak kasus terjadi di mana pembeli unit rumah pada perumahan tertentu harus menelan pahitnya kerugian. Hal tersebut disebabkan karena perumahan tersebut dibangun oleh ‘pengembang nakal.’ Sudah mengeluarkan banyak biaya untuk cicilan rumah, ternyata rumah tidak kunjung selesai karena pengembangnya kabur membawa uang usernya.

Kasus seperti ini tentu tidak akan Anda alami ketika membeli rumah bersubsidi. Pasalnya, pembangunan perumahan tersebut merupakan program pemerintah. Tentu pengembang manapun tidak akan berani melakukan kasus di atas, karena akan berurusan langsung dengan pihak pemerintah nantinya.

Inilah Perumahan Palu Bersubsidi yang Direkomendasikan

Perumahan Kelapa Gading
Jejeran Unit Rumah Bersubsidi di Perumahan Kelapa Gading

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah bersubsidi di daerah Palu dan sekitarnya, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membeli unit rumah di Perumahan Kelapa Gading.

Perumahan bersubsidi ini berlokasi di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kalukubula, Kec. Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Jarak kabupaten ini dari Kota Palu berkisar 61 km atau 38 mil. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa menempuh jarak tersebut dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Rumah bersubsidi ini dikembangkan oleh PT Abdi Jasa Developer. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena menerapkan standar bangunan yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setiap unit rumah di Perumahan Kelapa Gading ini tergolong kuat dan tidak mudah retak meskipun diguncang gempa disebabkan penggunaan fondasi batu kosong. Fungsi dari batu kosong tersebut adalah sebagai penyeimbang gerakan tatkala terjadi getaran kuat yang diakibatkan oleh gempa.

Ketahanan setiap unit rumah di perumahan tersebut terbukti ketika gempa melanda wilayah Palu dan Donggala pada 2018 silam. Waktu itu keretakan hanya terlihat pada bangunan tambahan dari perumahan tersebut.

Bangunan tambahan dibangun sendiri oleh pemilik rumah, bukan bangunan standar pengembang. Sedangkan bangunan utama yang dibangun pengembang yaitu PT Abdi Jasa Developer tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Perumahan Palu bersubsidi ini memiliki jalan lingkungan yang terbuat dari cor beton. Jalanan tersebut merupakan bantuan sarana umum dari pemerintah.

Ada juga fasilitas umum lainnya yang tersedia di kompleks perumahan tersebut, misalnya masjid, sekolah, taman, dan lapangan olahraga. Semua fasilitas umum tersebut disediakan oleh pihak pengembang sendiri.

Kehadiran perumahan murah dan bersubsidi yang bernama Perumahan Kelapa Gading ini tentu merupakan ‘angin segar’ bagi Anda yang selama ini kesulitan memiliki rumah sendiri karena keterbatasan biaya.

Tentu saja tidak setiap orang bisa membeli unit rumah di perumahan tersebut. Sebab, keberadaannya diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Oleh karena itu, syarat dan ketentuan yang berlaku sama seperti perumahan bersubsidi lainnya.

Jika Anda berminat mencicil rumah di perumahan Palu murah dan bersubsidi tersebut, sebaiknya Anda menanyakan langsung syarat dan ketentuannya kepada pihak pengembang atau developer. Dengan begitu, informasi yang Anda dapatkan bisa lebih valid.