Masyarakat Indonesia selama ini lebih terbiasa dengan mobil pabrikan Eropa, Amerika, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun mobil pabrikan China mungkin belum begitu familiar, salah satunya adalah mobil Geely.

Wajar sih kalau masyarakat belum begitu familiar dengan mobil Geely. Pasalnya, nanti pada tahun 2019 barulah mobil ini baru masuk ke dalam pasar otomotif Indonesia. Tipe mobilnya sendiri bermacam-macam, mulai dari hatchback, city car, SUV, serta yang lainnya.

Meskipun sudah tersedia di Indonesia, belum banyak masyarakat yang menggunakan mobil Geely. Tidak heran jika mobil ini jarang terlihat melintas di jalan raya. Dari segi model, mobil ini sebenarnya sangat cocok digunakan oleh wanita.

Penasaran dengan mobil Geely? Jika iya, pastikan Anda membaca postingan kali ini sampai selesai. Sebab, artikel kali ini akan mengulas secara detail mengenai mobil ini, sehingga para pembaca bisa lebih mengenalnya.  

Baca Juga: Tips Memilih Mobil yang Cocok Dikendarai Wanita

Jenis-jenis Mobil Geely

Sebagaimana yang disinggung sekilas di atas, ada beberapa tipe atau jenis mobil Geely. Untuk lebih mengenalnya, di bawah ini akan disebutkan jenis-jenisnya.

1. Mobil Geely Panda

Mobil Geely Panda
Mobil Geely Panda (Source : kaskus.co.id)

Desain Geely Panda memang tergolong unik dan menampakkan ciri khas negara China. Jika dilihat dari arah depan, tampilan mobil ini dibuat seperti wajah Panda. Desainnya imut dan feminin, sehingga mobil ini lebih cocok digunakan oleh wanita. Geely Panda sendiri mulai dipasarkan pada 2010.

Bagian kabin mobil ini lumayan luas karena bisa ditumpangi oleh 5 orang penumpang dewasa. Sedangkan bagian joknya dapat dilipat dan bangku belakangnya bisa di-split.

Untuk mencegah dari kerusakan fatal akibat kecelakaan, mobil ini dibekali dengan sistem keamanan airbag di bagian sopir dan penumpang depan. Sedangkan sistem hiburan yang tersedia di dalamnya berupa CD Player dengan USB Port.

Soal mesin, Geely Panda dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.343cc. Tipe mesinnya adalah DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 85 Horse Power (HP) dan torsi 110 Nm pada 5.200.

Harga mobil Geely yang satu ini berkisar 95 juta rupiah untuk mobil baru. Harganya memang jauh lebih murah dibandingkan yang beredar di Indonesia. Adapun harga mobil bekasnya berkisar 56 juta rupiah.

2. Mobil Geely Emgrand

Mobil Geely Emgrand
Mobil Geely Emgrand (Source : indonesiancrush.com)

Jenis atau tipe mobil Geely lainnya adalah Emgrand. Mobil Geely yang satu ini merupakan Mobil berstandar Eropa paling pertama yang diproduksi oleh pabrikan mobil China. Di Indonesia, tipe Emgrand yang dipasarkan adalah hatchback RV dan sedan EC7.

Dari segi eksterior, mobil ini terkesan mewah dan elegan karena mengusung desain khas mobil Eropa. Model hatchback-nya berukuran sedang, sehingga lebih cocok jika dikendarai di jalanan perkotaan. Untuk harga jualnya, Geely Emgrand tipe ini dibanderol dengan kisaran harga 240 juta hingga 410 juta rupiah.

Adapun untuk Emgrand sedan EC7, harga jualnya jauh lebih murah. Untuk harga bekas misalnya, Anda bisa membanderolnya dengan kisaran harga 75 juta rupiah.

3. Mobil Geely MK

Mobil Geely MK
Mobil Geely MK (Source : mobilbekas.com)

Geely MK 1.5GT dijual dengan kisaran harga 146,5 juta rupiah. Mobil model ini dibekali dengan electric sunroof, CD+MP3, serta sensor parkir. Untuk versi GS dijual dengan kisaran harga 133,5 juta rupiah. Kedua interior mobil ini memiliki kemiripan dengan Toyota Vios.

Baca Juga: Tips parkir mobil yang baik dan benar

Sementara MK II GT atau hatchback, memiliki kemiripan dengan VW Polo. Harga jualnya berkisar 133,5 juta rupiah. Mobil model ini dibekali dengan electric sunroof, 2 airbag di depan, serta sensor parking. Untuk versi hatchback terendah dijual dengan kisaran harga 117,5 juta rupiah.

Kedua tipe tersebut, yakni Geely MK maupun MK II sudah dilengkapi dengan Antilock Brake system (ABS), pelek alloy serta ban 185/60R15, serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

4. Mobil Geely LC Cross

Mobil Geely LC Cross
Mobil Geely LC Cross (Source : gooto.com)

Mobil yang satu ini berjenis crossover, yaitu perpaduan antara City Car dan SUV. Dengan begitu, mobil yang satu ini memiliki kecepatan dan dapur pacu seperti SUV, tetapi tetap lincah seperti City Car. Di bagian belakangnya terdapat ban serep tanpa penutup.

Sistem pengereman mobil ini menggunakan ABS dan EBD, serta dibekali dengan central lock, power steering, power windsor, serta tilt steering. Kaca spion luarnya sudah bersifat elektrik.

Soal mesin, Geely LC Cross mengusung mesin 1.3 cc dengan tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 63 kilo watt dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak tempuh 14-16 6 kilometer.

Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga 112 juta hingga 120 juta rupiah. Sedangkan tipenya ada 2, yaitu Geely LC Cross GS dan GL.

5. Mobil Geely Boyue

Mobil Geely Boyue
Mobil Geely Boyue (Source : autofun.co.id)

Geely Boyue merupakan jenis mobil SUV yang tampilannya tidak jauh berbeda dari SUV lain, yaitu kesan sporty yang sangat kental dan terlihat tangguh. Untuk varian Boyue X memiliki basis yang dipakai sebagai Proton X70 di Malaysia.

Keberadaan mobil besutan Greely ini merupakan kompetitor bagi Mazda CX-5 yang juga tergolong jenis SUV 5-seater.

Soal tampilan, Boyue X merupakan SUV pertama Geely yang mengadopsi desain Energy Storm. Tampilannya lebih sporty berkat pemakaian gril hitam memanjang dari atas hingga ke bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely

Hemat Bahan Bakar Merupakan Kelebihan Utama Mobil Geely
Hemat Bahan Bakar Merupakan Kelebihan Utama Mobil Geely (Source : hsrwheel.com)

Setelah mengenal sekilas tentang mobil Geely dan model-modelnya, selanjutnya penting juga untuk mengetahui apa sajakah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Mobil Geely

Kelebihan utama yang dimiliki oleh mobil Geely adalah konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit. Hal ini terlihat jelas dari perbandingan konsumsi bahan bakarnya yang berkisar 1:13 hingga 1:16. Artinya, setiap satu liter bahan bakar mobil ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 13 kilometer hingga 16 kilometer.

Karena mobil ini irit bahan bakar, tentunya sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari di daerah perkotaan. Demikian pula, mobil ini sangat cocok digunakan oleh anak kuliahan yang membutuhkan kendaraan roda 4 yang hemat bahan bakar untuk kebutuhan transportasi sehari-hari ke kampus.

Dari segi model, mobil Geely terlihat imut dan lucu khususnya pada Geely Panda. Desainnya ramping sehingga bisa digunakan berkendara menyusuri jalanan yang sempit.

Dari segi keamanan, mobil ini tidak bakalan mengecewakan. Selain sistem airbag, terdapat sistem keamanan lainnya yang disematkan pada masing-masing model. Misalnya, Geely LC Cross dan Mobil Geely MK yang sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS dan EBD.

Kekurangan Mobil Geely

Sementara kekurangan terbesar mobil Geely terletak pada citra buruk produk China. Ini merupakan salah satu penyebab utama mengapa penjualan mobil Geely di Indonesia dianggap kurang berhasil.

Bayangkan saja, penjualan mobil Geely pada tahun 2013 sebanyak 498 unit saja. Penjualan ini justru semakin merosot pada tahun 2014, di mana yang laku cuma 4 unit saja. Pada tahun 2016 lebih parah lagi, karena tidak terjual satu unit pun sepanjang tahun tersebut.

Kekurangan lain mobil Geely terletak di bagian kursinya, di mana rata-rata pengguna menyebutkan kalau kursi mobil ini tidak nyaman diduduki dalam perjalanan jauh.

Demikianlah perkenalan singkat mengenai mobil Geely yang diproduksi oleh pabrikan China. Jika Anda berniat untuk membeli salah satu model dari  tersebut, ulasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan.

Baca Juga: Mobil SUV Terbaik dan Ternyaman untuk Keluarga