Mobil McLaren P1, si Hypercar canggih dari Inggris, dikenal memiliki spek dan jantung sebuah monster balap di jalan raya. Mobil ini merupakan mobil sport yang mengadopsi sistem plug in Hybrid yang diproduksi dengan sangat terbatas oleh produsennya. 

Toyota McLaren seri ini disebut-sebut hampir sama dan kerap disebut sebagai penerus McLaren F1 karena menggunakan tenaga hibrida dan teknologi Formula F1. Hanya saja, tata letak kursi yang diterapkan sedikit berbeda dari pendahulunya tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Toyota Sport satu ini, artikel berikut ini akan mengulas berbagai macam hal. Mulai dari spesifikasi, harga, hingga keunggulan dari mobil balapini.

Ulasan dan Spesifikasi Mobil McLaren P1

Spesifikasi Mobil McLaren P1
Spesifikasi Mobil McLaren P1 (Source : id.motor1.com)

Banyak hal mengagumkan yang akan Anda peroleh dari mobil sport hibrida satu ini. Selain teknologinya yang canggih, mobil ini selalu dilirik berkat penampilannya yang memukau, baik sebagai pelibas jalan raya maupun petarung di arena sirkuit. Berikut beberapa ulasan dan spesifikasi mobil McLaren P1 ini.

1. Tenaga McLaren P1

Mobil McLaren P1 kerap disebut sebagai supercar pelibas jalan raya yang cukup garang di jalanan. Mobil ini dibekali dengan mesin V8 twin-turbo 3,8 liter dan terhubung dengan motor listrik. Melalui kerja sama antara mesin dan  motornya ini, P1 mampu menghasilkan tenaga 916 housepower (HP) dan 900 Nm.

Transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang adalah transmisi kopling ganda tujuh percepatan yang presisi. Perpaduan yang apik tersebut mampu membuat mobil ini mencapai kecepatan tertinggi hingga 349 km/jam.

P1 sendiri memiliki percepatan-percepatan 0-100 km/jam yang dapat dicapai selama 2,8 detik, 0-200 km/jam selama 6,8 detik, dan 0-300 km/jam selama 16,5 detik. Meskipun motor dan mesinnya saling bekerja sama, namun mobil ini mampu menghasilkan 727bhp dan 513lb ft tanpa bantuan sama sekali.

2. Desain McLaren P1

Sementara itu, dari segi penampilan, mobil McLaren P1 ini memiliki desain stylish yang memukau. Mobil ini dirancang dengan body rendah namun dek belakang cukup panjang. Tampilan sport-nya juga didukung dengan gaya belakang jala yang terbuka.

Frank Stephenson, ketua tim desain P1 ini, menyebut bahwa timnya ingin membuat desain mobil yang indah namun tetap fungsional. Bahkan disebutkan bahwa seluruh variabel yang dilekatkan ke tubuhnya memiliki makna khusus tersendiri, tidak sekedar untuk membuat mobil ini tampak perkasa dan stylish.

Dimulai dari lapisan dan sirip pada bagian permukaan mobilnya, ia dirancang untuk turut memiliki fungsi, dengan pertimbangan mekanisme aerodinamis yang menyerupai sebuah bagian dari pesawat terbang. Mobil ini juga kerap disebut oleh media-media otomotif hampir menyerupai mobil Formula 1.

Pengaturan aliran udara mobil ini juga didukung oleh rancangan desain mobilnya. Perancang mobil ini memberikan akses aliran udara yang menyebar ke permukaan bodywork dapat masuk ke intake snorkel atap mesin, sehingga pengelolaan udara dalam mobil bisa lebih mudah saat sedang melibas jalanan.

Selain ke bagian snorkel, aliran udara yang dapat tersalur masuk ke dalam mobil juga dialirkan ke komponen aero aktifnya. Perancangan alur aliran udara ini dibuat dengan sangat sempurna dan mampu bekerja dengan efisien.

3. Interior McLaren P1

Desain interior sebuah mobil akan selalu berbicara tentang kenyamanan. Sebagai monster di jalanan, McLaren P1 ini tentu juga tidak akan kalah dalam hal ini. Meskipun hanya memiliki 2 seat di dalamnya, namun kursinya tersebut dirancang lebih ringan dengan cangkang serat karbo ultra-tipis yang nyaman.

Ide ajaib lain dari desain interiornya adalah ruang kemudi diberi banyak sentuhan teknologi yang mirip dengan yang ada di pesawat terbang. Mekanisme kelistrikannya dibantu IPAS, yaitu teknologi hybrid pada mobil yang paling kuat, serta sistem aerodinamika mampu memaksimalkan downforce.  

Kompartemen penumpang juga dibaluti dengan serat karbon, bahkan hingga ke komponen utama sasis yang juga disesuaikan dengan teknologi Race Active Chassis Control (RCC). Jantung mobil dibuat dari material Monokage, sebuah material serat karbon paling kuat di dunia.

Keunggulan McLaren P1

McLaren P1 Memiliki Banyak Keunggulan
McLaren P1 Memiliki Banyak Keunggulan (Source : id.motor1.com)

Sebagai mobil supercar dengan sistem hybrid serta teknologi desain dan mesinnya yang menyerupai mobil balap F1, Toyota McLaren P1 ini memiliki beberapa keunggulan lainnya. Keunggulan-keunggulan tersebut dapat disebutkan sebagai berikut.

  1. Mobil ini memiliki sistem baterai IPAS seberat 96 kg dengan 6 modul yang setiap modulnya terdiri dari 56 sel. Untuk memastikan tenaga selalu optimal, tenaga dari mobil ini bisa didistribusikan di antara sel-sel yang ada.
  2. Mesin McLaren supercar ini bisa berlari hingga kecepatan 160 km/jam dan menjelajah hingga 10 km dengan usia baterai yang juga bisa mencapai 10 tahun.
  3. Pengisian baterai dari mobil ini dapat dilakukan menggunakan tenaga mesin atau bisa pula menggunakan pengisian colok yang sudah bisa penuh dalam 2 jam dengan arus standar atau dalam 10 menit dengan fast charger.
  4. Perancangan P1 ini dibuat untuk melaju di jalan raya umum ataupun untuk dipacu di lintasan balap. Settingan suspensi dengan basis 12C adalah kuncinya dari teknologi mobil ini, bahkan meski tanpa tambahan sistem hidrolik.
  5. Mobil ini memiliki settingan kaki yang tinggi. Namun dalam mode race, mobil ini bisa turun 50 mm dan bisa menikung dalam hitungan 2g, bahkan jika hanya menggunakan ban aspal pada umumnya.
  6. P1 ini bisa menahan hingga 600 kg downforce karena telah dibekali dengan sayap belakang yang bisa dipanjangkan hingga 300 mm dan bisa dimiringkan hingga 29 derajat.
  7. Teknologi Drag Reduction System (DRS) pada mobil ini dioperasikan dari satu tombol kemudi saja, dimana dalam waktu setengah detik sudah bisa mereduksi koefisien drag hingga 23% dan meratakan kemiringan sayap.
  8. Mobil Mclaren P1 ini juga mengadopsi teknologi Brake Steer System yang bisa membuat mobil ini masuk ke tikungan dengan lebih cepat karena hidungnya juga bisa masuk dari sudut yang sempit.
  9. Rem carbon-ceramic yang dimiliki mobil ini menggunakan material silicon carbie yang terkenal sangat kuat, mampu membuat P1 ini berdaya henti 2g, membantu rasa di pedal, dan membantu menghilangkan panas dari daya tahan pedalnya.

Harga McLaren P1

Harga Mobil McLaren P1 Sangat Mahal
Harga Mobil McLaren P1 Sangat Mahal

Mobil McLaren P1 ini telah diperkenalkan sejak tahun 2013 yang lalu. Pada awal perkenalannya waktu itu, harga McLaren P1 telah menyentuh angka £866 ribu atau setara Rp12,7 miliar.

Barulah sekitar tahun 2015, seorang kolektor asal Florida, Amerika Serikat, bernama Don Wallace membeli supercar P1 ini di harga £875 ribu atau setara Rp18,38 miliar. Namun tak lama, mobil asal Inggris tersebut dijual dengan harga yang lebih menggiurkan, yakni £1,4 juta atau setara Rp21,49 miliar.

Harga inilah yang kerap dijadikan patokan harga baru untuk mobil sport keluaran 2013 yang satu ini, tak terkecuali untuk harga McLaren P1 di Indonesia. Bahkan diperkirakan harga jualnya akan terus naik seiring dengan berjalannya waktu.