Jika Anda ingin hidup nyaman di Kota Jakarta, sebaiknya Anda memiliki rumah sendiri. Sebab, biaya sewa rumah, baik tahunan maupun bulanan di Kota Jakarta sangat mahal. Daripada mengeluarkan biaya besar hanya untuk sewa rumah, tentu lebih baik jika Anda mengeluarkannya untuk membeli rumah sendiri.

Jika Anda ingin membeli rumah di perumahan elit, sebaiknya Anda membeli rumah di Pondok Indah. Kami merekomendasikan perumahan tersebut karena banyaknya keunggulan yang dimilikinya.

Apa sajakah keunggulan tersebut? Pastikan Anda menyimak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

Detail Ulasan 5 Keunggulan Membeli Rumah di Pondok Indah

Ilustrasi Rumah Mewah di Kawasan Pondok Indah

1. Kawasan Elit

Salah satu keunggulan membeli rumah di Pondok Indah tidak lain karena termasuk kawasan elit di Jakarta. Tidak heran jika harga jual rumah di sana sangat mahal. Sebagai rumah yang prestisius, tentu fasilitas dan fitur yang ditawarkan tidak akan mengecewakan.

Selain itu, memiliki rumah di kawasan tersebut memiliki kebanggan tersendiri. Karena bagaimanapun, rumah Anda berada di dalam kawasan perumahan elit yang tidak semua orang mampu memilikinya.

2. Mengedepankan Privacy Penghuni

Perumahan Pondok Indah termasuk hunian murni, sehingga privacy para penghuninya sangat terjaga. Oleh karena itu, kondisi perumahannya sangat nyaman dan tenang, sehingga Anda dan keluarga bisa beristirahat dengan nyaman.

Sebagai lingkungan hunian murni, tentu tidak ada lalu lalang orang dan kendaraan selain dari para penghuni perumahan. Penyebabnya karena sistem keamanan yang sangat ketat, sehingga tidak memungkinkan orang-orang selain penghuni perumahan berlalu lalang dengan bebas.

Berbagai kebutuhan sehari-hari juga telah tersedia di kawasan perumahan tersebut. Jika ingin berbelanja, Anda tidak perlu ke luar kompleks perumahan. Sebab, di dalamnya terdapat supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan.

3. Sistem Keamanan yang Lebih Terjamin

Jika Anda dan keluarga ingin hidup nyaman di Jakarta, tinggal di kawasan Pondok Indah merupakan pilihan yang tepat. Sebab, sistem keamanan kawasan perumahan tersebut sangat ketat karena memilik sistem security 24 jam.

Selain fasilitas keamanan yang cukup lengkap, tenaga keamanan juga lumayan banyak dan terampil. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan aman tanpa harus mengkhawatirkan adanya tindak kejahatan.

Jika rumah terpaksa kosong karena Anda dan keluarga berlibur atau melakukan perjalanan wisata, tidak perlu khawatir adanya maling yang akan menyatroni rumah Anda. Hal tersebut karena ketatnya tingkat keamanan di kawasan perumahan tersebut.

Karena ketatnya sistem keamanan di Pondok Indah Jakarta, setiap pengunjung yang bukan merupakan penghuni kompleks akan mendapatkan pemeriksaan yang ketat. Jika tidak ada alasan yang kuat untuk masuk ke dalam kompleks, tidak akan diizinkan masuk.

4. Kuldesak

Kondisi perumahan tersebut yang memiliki akses jalan tertutup menjadikan tidak sembarang orang bisa berlalu lalang di dalamnya. Oleh karena itu, selain penghuni kompleks, akan dicurigai dan tidak diizinkan masuk ke dalam kompleks perumahan.

Orang-orang yang berniat jahat akan berpikir 1000 kali jika ingin masuk ke dalam kawasan Pondok Indah. Karena keberadaannya sebagai orang asing akan langsung dicurigai dan langsung mendapatkan pengawasan yang ketat.

5. Bebas Banjir

Banjir merupakan hal yang lumrah terjadi di Jakarta. Oleh karena itu, perumahan yang bebas banjir pasti akan menjadi idola dan rebutan masyarakat. Nah, di sinilah letak keunggulan memiliki rumah di Pondok Indah.

Lokasi perumahan tersebut memang sudah dipilih dan ditata sedemikian rupa agar tidak mudah terkena banjir. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa tinggal dengan tenang dan nyaman meskipun kawasan Kota Jakarta sedang dilanda banjir.

Pertimbangkan Hal ini Sebelum Membeli Rumah di Pondok Indah

Salah Satu Rumah Mewah di Pondok Indah (Source : hariansuara.com)

Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Pondok Indah Jakarta tentu menarik minat orang-orang untuk membeli rumah di sana. Tapi sebelum membeli, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

1. Banyak Rumah Bekas

Perlu diketahui bahwa rumah yang dijual di Pondok Indah umumnya rumah bekas, bukan rumah baru. Maka dari itu, transaksi yang Anda lakukan tidak akan melibatkan developer, tetapi langsung antara Anda sebagai pembeli dengan penjual.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan berkas-berkas kepemilikan rumah tersebut terlebih dahulu. Pastikan rumah dan tanahnya tidak dalam sengketa atau digadaikan surat-suratnya di bank.

Pastikan tidak ada masalah kepemilikan ketika Anda sudah melakukan pembayaran. Hak kepemilikan penuh menjadi milik Anda, yang dikuatkan dengan berkas-berkas resmi berdasarkan aturan negara.

2. Siap-siap Bayar Pajak

Rumah di Pondok Indah memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, nilai PBB nantinya lumayan tinggi juga karena menyesuaikan dengan nilai jual rumah tersebut. Artinya, siap-siap bayar pajak dengan nilai yang pastinya tidak sedikit.

Jika rumah yang Anda beli di Pondok Indah senilai Rp35 miliar, berarti Nilai Jual Kena Pajak (NJKP) sebesar Rp34,985 miliar. Nilai ini setelah dikurangi Rp15 juta yang merupakan Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP) Jakarta.

Sedangkan tarif PBB yang perlu dibayar nantinya sebesar 0,3% dari NJKP. Berdasarkan ketentuan ini, berarti perhitungan PBB yang perlu dibayarkan setiap tahun adalah Rp 34,985 miliar x 0,3% = Rp104,95 juta. Lumayan besar bukan?

Itulah tadi beberapa keunggulan membeli rumah di Pondok Indah Jakarta dan beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah di sana. Semoga bermanfaat.