Meski sudah memasuki era modern, tetapi model teralis jendela klasik modernmalah diminati oleh banyak orang. Salah satu alasannya karena tampilannya cenderung berbeda dengan kebanyakan tralis sekarang ini.

Bagi yang tertarik juga untuk mengaplikasikannya di rumah, ada baiknya untuk mengetahui beberapa inspirasi modelnya terlebih dahulu. Penasaran dengan model-modelnya? Yuk simak pembahasan pada artikel ini sampai selesai!.

9 Rekomendasi Model Teralis Jendela Klasik Modern

Meski ditempatkan di luar, namun saat memilih teralis rumah tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Jangan sampai memilih secara sembarangan karena akan berpengaruh pada tampilan eksterior rumah. Tidak perlu berlama-lama, berikut pembahasannya:

1. Model Teralis Jendela dan Gerbang Klasik

Model Teralis Jendela dan Gerbang Klasik
Model Teralis Jendela dan Gerbang Klasik (Source : rumah123.com)

Kekhasan yang ditawarkan dari tralis ini adalah warna gelapnya. Ada berbagai macam pola unik dari teralis jendela dan gerbang klasik ini, salah satunya seperti salur pohon yang meliuk dan membentuk gerombolan.

Sangat cantik jika diterapkan pada jendela, apalagi didukung dengan penggunaan kaca berwarna hitam. Dilihat dari luar terkesan cantik dan elegan. Cocok diterapkan di bangunan minimalis modern.

Seperti yang telah penulis bahas, warna dominan dari teralis tersebut yaitu gelap, lebih tepatnya coklat gelap hampir kehitaman.

2. Teralis Jendela Klasik Kayu

Teralis Jendela Klasik Kayu
Teralis Jendela Klasik Kayu (Source : aca.co.id)

Ingin membangun rumah kayu? Teralis jendela klasikkayu merupakan pilihan teralis paling disarankan untuk digunakan. Meski terlihat sederhana, namun model satu ini malah membuat rumah tampil lebih cantik.

Dukung tampilannya dengan menempatkan jendela kayu juga. Kemudian berikan cat dengan warna alami yaitu coklat cerah atau sedikit gelap. Sesuaikan saja dengan konsep rumah yang dibangun.

Bukan hanya unggul dari segi tampilannya, tetapi teralis jendela klasik kayu juga murah. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika ingin menggunakannya. Namun, usahakan tetap menggunakan jenis kayu berkualitas.

3. Teralis Jendela Klasik ala Eropa

Teralis Jendela Klasik ala Eropa
Teralis Jendela Klasik ala Eropa (Source : parboaboa)

Meski dunia semakin canggih dan modern, tetapi maling masih berkeliaran di mana-mana yang sebagian malah semakin ahli dalam melakukan aksi pencuriannya. Demi mengamankan tempat tinggal dari tindak pencurian, terapkan teralis jendela klasik ala Eropa.

Di bagian atasnya tidak dibuat menempel seperti halnya teralis jendela atau pintu pada umumnya tetapi dibuat terpisah. Demi menjaga keamanan penghuni rumah, ujungnya didesain runcing.

Jadi, ketika ada orang yang ingin masuk secara paksa, kemungkinan besar mereka akan terluka karena tergores ujung tralis.

4. Teralis Jendela Klasik Tradisional

Teralis Jendela Klasik Tradisional
Teralis Jendela Klasik Tradisional (Source : java-art.com)

Desainnya boleh tampak begitu klasik, namun saat dipadukan dengan bangunan berkonsep modern, terlihat begitu menawan. Bentuknya dibuat simpel karena hanya gabungan dari beberapa besi yang dilengkungkan.

Tapi jangan salah, rumah atau tempat dinas bisa terlihat semakin cantik setelah menggunakan teralis model ini. Untuk warnanya, dibuat dengan warna coklat gelap supaya ketika karatan tidak terlihat jelas.

Mengenai bahannya, digunakan besi berkualitas untuk membuatnya tahan lama dan kuat meski digergaji.

5. Teralis Jendela Klasik Mewah

Teralis Jendela Klasik Mewah
Teralis Jendela Klasik Mewah (tukangonlineindonesia.com)

Model teralis jendela klasik mewah sudah sering digunakan pada rumah-rumah mewah bergaya Eropa. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang dibuat dengan warna kecoklatan, teralis ini dicat hitam.

Saat dipadukan dengan bangunan berwarna putih, tampilannya semakin indah. Adapun materialnya menggunakan bahan dari besi agar tidak mudah dipotong atau dibengkokkan.

Umumnya, orang-orang meletakkannya di bagian jendela dan pintu dengan kaca transparan. Tujuannya supaya terlihat menarik dari luar.

6. Teralis Jendela Klasik Vertikal

Teralis Jendela Klasik Vertikal
Teralis Jendela Klasik Vertikal (Source : alamsakti.com)

Berdasarkan namanya, tentu Anda sudah bisa menebak bagaimana model teralis jendela klasik vertikal. Benar, polanya dibuat lurus dan sejajar dari atas sampai bawah. Bentuknya cenderung flat karena hanya diberikan tambahan bentuk belah ketupat di bagian atas.

Tidak bisa dipungkiri kalau tampilannya yang sederhana malah membuatnya cocok digunakan untuk menghiasi sekaligus melindungi rumah berkonsep minimalis.

Dengan begitu, bangunan tampak lebih luas dan estetik. Catatan penting bagi yang ingin menerapkannya, sebaiknya kerapatannya ditingkatkan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat bangunan semakin aman.

7. Teralis Jendela Klasik Sederhana

Teralis Jendela Klasik Sederhana
Teralis Jendela Klasik Sederhana (Source : harapanrakyat.com)

Berbanding terbalik dengan model di atas, teralis jendela klasik sederhana dibuat dengan pola garis horizontal. Sayangnya, Anda membutuhkan lebih banyak material besi pada proses pembuatannya.

Tetapi untuk standar keamanannya jauh lebih tinggi, sebab kerapatan antara besi satu dengan lainnya terbilang bagus. Cocok diterapkan pada bangunan yang menerapkan jendela panjang.

Pada saat pembuatannya, usahakan antar besi yang dijadikan sekat tidak terlalu rapat. Manfaatnya adalah untuk membuat udara bisa keluar masuk dengan baik ke dalam ruangan. Jadi tidak perlu menghabiskan dana terlalu besar karena terus-terusan menghidupkan AC.

8. Model Teralis Jendela Klasik Modern

Model Teralis Jendela Klasik Modern
Model Teralis Jendela Klasik Modern (Source : pagarbesivenus.com)

Pemilik rumah modern kekinian rasanya sangat disayangkan jika tidak memilih model ini sebagai pilihan. Desainnya dibuat sangat detail dengan bentuk yang dibuat cantik dan rapat antara satu dan lainnya.

Sangat sulit ditembus oleh pencuri, terlebih materialnya menggunakan besi tebal yang tidak mudah dipotong hanya dengan gergaji biasa.

Rumah atau hotel yang dibuat dengan menerapkan teralis jendela klasik terbaruseperti ini bisa tampak semakin estetik sekaligus nyaman untuk ditinggali. Sebab, sirkulasi udaranya bagus dan dapat keluar atau masuk secara lancar.

9. Teralis Jendela Minimalis

Teralis Jendela Minimalis
Teralis Jendela Minimalis (Source : instagram.com/las_dan_alumunium_mega_arto)

Khusus untuk yang ingin tampil beda dari lainnya, sebaiknya pilih teralis jendela minimalis. Modelnya memadukan antara pola vertikal dan horizontal yang mengandalkan warna putih sebagai warna utamanya.

Seringkali model tersebut digunakan pada bangunan-bangunan megah dengan konsep modern baik hotel, rumah, ataupun penginapan.

Itulah pilihan model teralis jendela klasik modernyang mungkin salah satunya cocok untuk Anda gunakan di rumah. Sebelum menerapkannya pastikan mempertimbangkan segi keamanan dan budget.