Saat ini harga Honda CR-V Gen 2 sudah jatuh sekali, berada pada kisaran harga 70-80 juta rupiah untuk bekasnya. Jika Anda berminat untuk membelinya, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu ulasan ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah mobil ini masih layak beli atau tidak.

Honda CRV Gen 2 ini pertama kali diluncurkan di Jepang pada September 2001. Sedangkan di Indonesia, perilisannya dilakukan setahun kemudian, yaitu di awal 2002 oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Di awal perilisannya, mobil ini sangat laris dipasaran.

Karena sudah 20 tahun berlalu sejak awal perilisannya, timbul pertanyaan besar ‘apakah mobil ini masih layak dibeli?’ Jawaban untuk pertanyaan di atas bisa Anda dapatkan pada kelanjutan ulasan di bawah ini.

Alasan Mengapa Honda CR-V Gen 2 Masih Layak Beli!

Terkait dengan pertanyaan layak tidaknya mobil untuk dibeli, maka jawabannya masih layak. Hal tersebut dilihat dari perbandingan harga jual dan spesifikasi mobilnya. Berikut detailnya :

1. Kondisi Mesin Honda CRV Gen 2

Kualitas Mesin Honda CRV Gen 2
Kualitas Mesin Honda CRV Gen 2 (Source : youtube.com/Yudha Ghani Mobil)

Saat dirilis pertama kali di Indonesia, CR-V Gen 2 cuma mengusung 1 pilihan mesin, yaitu mesin berkonfigurasi 4-silinder 1.997 cc DOHC i-VTEC 16 valve dan bertenaga 150 hp. Mesin mobilnya dibekali dengan transmisi manual 5-speed dan transmisi matik 4-speed yang disematkan fitur Grade Logic padanya.

Setelah itu, pada tahun 2004,  Honda kembali merilis varian baru yaitu tipe Premier. Dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya, hanya terdapat perbedaan pada warna pelek yang dicat abu-abu tua, foglamp, interior dilengkapi monitor TV, serta jok kulit.

Tujuannya dirilisnya tipe Premier ini tentu saja dalam rangka menambah varian CR-V yang ada di pasaran saat itu.

Pada 2005, Honda kembali merilis versi facelift CR-V yang memiliki opsi mesin 4-silinder 2.400 cc DOHC i-VTEC 16 valve yang diberi kode K24A. Honda CR-V 2.400 cc ini hanya tersedia dalam bentuk transmisi matik.

Hanya saja, keberadaan CRV Gen 2 dengan mesin 2.400 cc tidak bertahan lama. Sebab pada tahun 2007, Honda merilis CR-V generasi ketiga.

2. Eksterior Lebih Modern & Berkarakter

Honda CRV Gen 2 Lebih Modern dan Berkarakter
Honda CRV Gen 2 Lebih Modern dan Berkarakter (Source : youtube.com/Yudha Ghani Mobil)

Meskipun eksterior Honda CR-V gen 2 masih mengusung konsep lama, tapi sentuhan modern mulai terasa padanya. Hal tersebut terlihat jelas pada tekukan-tekukan bodinya yang sedikit bulat.

Lampu belakangnya masih berdesain vertikal tegap ke atas, sebagaimana pada generasi pertama. Sedangkan untuk sektor depan seperti lampu, grille, dan bumper, mulai ada penyegaran dan sentuhan modern.

Oleh karena itu jika dilihat dari depan, tampilan CR-V Gen 2 ini terlihat sedikit modern, namun tetap berkarakter.

Tampilan belakang Honda CRV Gen 2 cukup stylish. Sebab, di situ terdapat stop lamp yang diletakan di bagian kiri dan kanan secara garis panjang.

Kaca belakangnya juga sudah dilengkapi dengan wiper yang difungsikan sebagai pembersih air hujan agar penglihatan Anda ke belakang mobil bisa tetap jelas meskipun hujan deras.

3. Interior Terkesan Kaku dan Tangguh

Interior Honda CRV Gen 2 Terkesan Kaku dan Tangguh
Interior Honda CRV Gen 2 Terkesan Kaku dan Tangguh (Source : moladin.com)

Karena masih sangat lekat dari generasi pertama, desain dasbor Honda CR-V Gen 2 memang terkesan  kaku. Meskipun demikian, banyak pengguna yang menyukai kesan kaku yang ditampilkan karena terlihat sangat tangguh.

Penempatan tuas giginya juga masih berada di dasbor, persis di sebelah setir. Hal ini berbeda dengan mobil SUV modern lainnya yang sudah menggunakan console tengah untuk tuas transmisinya.

Kapasitas kabinnya juga tergolong luas, sehingga Anda lebih leluasa ketika beraktivitas di dalamnya.

Bagian dashboard Honda CR-V Gen 2 juga sudah di lengkapi dengan AC sebagai penyejuk kabin. Terdapat juga fitur hiburan seperti radio dan audio. Speedometer stir berfungsi untuk memberikan informasi terkait kondisi kecepatan dan bahan bakar mobil.

4. Kapasitas Penumpang Lumayan Banyak

Kapasitas Penumpang Honda CRV Gen 2 Lumayan Banyak
Kapasitas Penumpang Honda CRV Gen 2 Lumayan Banyak (Source : youtube.com/Yudha Ghani Mobil)

CRV Gen 2 ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Sebab, kapasitas penumpang yang bisa dimuatnya sebanyak 7 orang. Terdapat 3 baris kursi di dalam kabin mobil, yang mana baris ke 3 kursinya terbilang sempit, namun tidak lagi saling berhadapan seperti pada generasi pertama (RD1).

Hanya saja, material jok Honda CRV Gen 2 tergolong biasa, sehingga perlu dilapisi jok kulit agar terlihat lebih nyaman. Bagian bagasi juga tergolong sempit, sehingga Anda mesti melipat kursi baris ke 3 jika ingin mendapatkan kapasitas bagasi yang lebih luas.

Spesifikasi Honda CR-V Gen 2

Spesifikasi Honda CR-V Gen 2
Spesifikasi Honda CR-V Gen 2 (Source : otodrift.com)

Jika didetailkan, spesifikasi CR-V Gen 2 adalah sebagai berikut :

  • Tahun pembuatan : 2002 – 2006.
  • Tipe Mesin : K20A dan K24A1, yang dibekali 4 silinder segaris.
  • Kapasitas Mesin : 1.998 cc (2.0), 2.354 cc (2.4).
  • Torsi Maksimal : 194 Nm/4.000 rpm (2.0) 222 Nm/4.500 rpm (2.4).
  • Daya  Maksimal : 150 Hp/6.50o Rpm (2.0) 160 Hp/5.500 rpm (2.4).
  • Suspensi Depan : MacPherson strut.
  • Suspensi Belakang : Independent double wishbone.
  • Transmisi : Manual 5-speed dan Matic 4-speed.
  • Rival : Nissan Extrail, Suzuki Grand Escudo, Ford Escape, Hyundai Tuscon, serta Suzuki Grand Vitara.

Tips Membeli Honda CR-V Gen 2 Bekas

  Cek dengan Seksama Sebelum Membeli CR-V Gen 2 Bekas
Cek dengan Seksama Sebelum Membeli CR-V Gen 2 Bekas (Source : moladin.com)

Jika Anda ingin membeli Honda CR-V Gen 2 bekas, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa tips penting berikut ini :

1. Mesin

Salah satu keunggulan dari mesin CR­-V Gen 2 adalah lebih handal, responsif, serta hemat bbm. Tapi jika pemilik sebelumnya jarang melakukan tune­up, tenaga mobil ini kemungkinan besar akan menurun dan boros bbm.

Oleh karena itu, pastikan pemilik sebelumnya rutin melakukan tune­up. Jika tetap ingin membelinya, sebaiknya segera diservis dan tune­up sehingga performanya kembali pulih dan hemat bbm.

2. Harga Honda CR-V Gen 2

Secara umum, banyak pengguna yang mengakui kalau Honda CRV Gen 2 ini hemat bbm dan responsif. Oleh karena itu, mobil ini merupakan pilihan yang tepat untuk sebuah mobil bekas, saat ini Honda CR-V Gen 2 dijual dengan kisaran harga 70-80 juta rupiah.

2. Kaki-kaki

Kendala yang seringkali dialami oleh Honda CR-V Gen 2 adalah kaki-kaki yang bermasalah akibat bantingannya yang agak keras ketika menahan guncangan. Meskipun demikian, jenis suspensi dari mobil SUV Honda yang satu ini justru yang paling kuat di antara produk Honda lainnya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda cermati bagian kaki-kaki tersebut. Perhatikan bagian dudukan karet pada sistem tersebut, apakah ada yang sudah sobek atau getas.

3. Ban

Keluhan yang seringkali didengar dari pemilik mobil CRV adalah dengung ban yang cukup keras dan mengganggu. Penyebabnya karena bawaan ban pabrikan yang memang kurang bagus.

Oleh karena itu, perhatikan kondisi dengungan ban tersebut dengan seksama. Jika semakin keras, pertimbangkan untuk membelinya kembali. Solusi lain yang juga bisa dilakukan adalah mengganti ban standar dengan merek lain, agar bunyi bising hilang.

Berdasarkan ulasan di atas, tentu sudah tergambar bagi Anda bahwa Honda CR-V Gen 2 sangat layak dan direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin membeli mobil keluarga yang hemat BBM serta dijual dengan harga murah.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Honda CRV Bekas