Memacu kendaraan dengan kecepatan sedang hingga tinggi sering dilakukan oleh sebagian pengendara. Hanya saja, perlu kendaraan pendukung yang ditenagai mesin berkecepatan tinggi seperti halnya mobil tercepat di dunia.

Di pasaran, ada beberapa merk mobil yang dikenal memiliki kecepatan tinggi. Umumnya mobil berkecepatan tinggi tersebut dibuat dengan ukuran kecil sehingga membuatnya jauh lebih bertenaga.

Tapi dari semua merk mobil tersebut, ada beberapa jenis yang digelari dengan mobil tercepat di dunia. Apa sajakah merk mobil-mobil tersebut? Ulasan di bawah ini akan membahasnya.

Ini Daftar Mobil Tercepat di Dunia

Tidak sedikit pabrikan otomotif yang mengeluarkan mobil berkecepatan tinggi. Perilisannya bertujuan untuk memfasilitasi orang-orang yang suka memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Selain kecepatan, tentu saja desainnya juga elegan karena harganya sangat mahal. Yuk intip apa saja merk mobil-mobil tersebut.

1. Ferrari LaFerrari

Ferrari LaFerrari
Ferrari LaFerrari (Source : supercars.net)

Sejak lama Ferrari dikenal sebagai perusahaan otomotif yang mengeluarkan mobil berkecepatan tinggi edisi terbatas. Salah satu tipenya ada Ferrari LaFerrari yang ditenagai dengan mesin bertenaga V12.

Kapasitas mesinnya mencapai 6.300cc yang telah dilengkapi dengan sistem hybrid. Untuk membuat kemampuannya semakin bagus, diberikan kinetic Energy Recovery System (KERS).

Berkat energi tersebut, Ferrari Laferrari mampu mengeluarkan tenaga mencapai 950 Horsepower. Lajunya bisa dipacu dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan mobil biasa.

2. Aston Martin One-77


Aston Martin One-77
Aston Martin One-77 (Source : topgear.com)

Kabarnya, Aston Martin One-77 masuk ke dalam mobil tercepat di dunia yang dimiliki oleh Aston Martin. Kemampuannya tersebut didapatkan dari mesin yang digunakannya yaitu V12.

Jenis mesin yang ditanam di dalam Aston Martin One-77 memiliki kapasitas 7.300 cc yang disebut-sebut mampu mengeluarkan tenaga sampai 750 Horsepower.

Berkat spesifikasi mesinnya yang dibuat bagus, pengendara mobil ini dapat mencapai lokasi tujuan hanya dalam waktu singkat. Kecepatan lajunya mencapai 354 km/jam.

3. Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador
Lamborghini Aventador (Source : autofun.co.id)

Dilihat dari tampilannya, Lamborghini Aventador terlihat begitu mewah. Bentuknya memang kecil tetapi hal itulah yang membuatnya mampu melaju dengan kecepatan tinggi di atas mobil pada umumnya.

Tenaga yang dikeluarkannya mencapai 700 Horsepower dengan torsi 698 Nm. Membahas mengenai kecepatan, kemampuannya didapatkan karena mesin V12 berkapasitas 6.500 cc yang disematkan di dalamnya.

Jika sedang terburu-buru atau berada di lintasan khusus, Anda bisa memacunya pada kecepatan maksimal sebesar 350 km/jam.

4. Zenvo ST1


Zenvo ST1
Zenvo ST1 (Source : autocar.co.uk)

Ingin tahu apa mobil tercepat di dunia? Salah satunya adalah Zenvo ST1 yang didesain mungil tapi menawan. Perilisannya sudah cukup lama yaitu sejak tahun 2009 lalu.

Meskipun begitu, Zenvo ST1 tetap recomended untuk dipilih oleh para pecinta mobil berkecepatan tinggi. Mobil satu ini diperkirakan mendukung untuk dipacu dengan kecepatan 375 km/jam.

Zenvo T1 merupakan mobil yang diproduksi oleh perusahaan Otomotif asal Jerman. Kemampuannya memang didesain bagus untuk memuaskan para pecinta mobil balap. Untuk mesinnya sudah menggunakan V8 800 cc.

5. Pagani Huayra


Pagani Huayra
Pagani Huayra (Source : id.motor1.com)

Nama Pagani Huayra memang jarang terdengar di Indonesia, namun bukan berarti hal itu sebagai tanda jika kualitasnya buruk. Mesin yang disematkan padanya adalah V12 berkapasitas 6.000 cc.

Mesin yang digunakan berjenis Twin-turbo dengan tenaga mencapai 730 Horsepower dan torsi 1.100 Nm. Kecepatan tertingginya bisa sampai 383 km/jam yang membuat penggunanya mampu melaju cepat di medan beraspal.

Dari perhitungan kecepatan tertingginya, Pagani Huayra termasuk mobil tercepat di dunia no 1 yang diperkirakan mampu melaju pada kecepatan 0-100 km/jam dalam jangka waktu 2.8 detik saja.

6. Koenigsegg Agera RS

Koenigsegg Agera RS
Koenigsegg Agera RS (Source : otosia.com)

Torsi maksimum yang dapat dicapainya hingga 1.280 Nm dengan kecepatan mencapai 1.160 Horsepower. Kapasitas bahan bakarnya juga besar, Mesinnya berkapasitas 5.0 liter V8 yang mendukungnya untuk beroperasi pada kecepatan 284.7mph atau setara 458 km/jam.

Tidak hanya berfokus pada mesinnya yang dibuat unggul, desainnya secara keseluruhan juga dibuat bagus. Bodinya menggunakan full carbon yang disempurnakan dengan penggunaan material terbaik di dalam ruang kabin.

Dari luarnya saja, Koenigsegg Agera RS terlihat mahal dengan bodi yang dibuat mungil. Cocok digunakan untuk laki-laki maupun perempuan karena tidak terlalu manly maupun feminim.

7. Hennessey Venom F5

Hennessey Venom F5
Hennessey Venom F5 (Source : carscoops.com)

Sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang SEMA Show di Las Vegas, Nevada 1 November 20217 lalu, Hennessey Venom F5 langsung menarik minat khalayak luas. Selain tampilannya yang memukau, alasan lainnya adalah mesinnya berkecepatan tinggi.

Hennessey Venom F5 disebut-sebut mendukung untuk digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi hingga 484 km/jam.

Kehadiran Venon waktu itu menjadi saingan Bugatti Chiron yang dikenal sebagai merek mobil tercepat di dunia. Tidak heran jika harga keduanya dibanderol fantastis dan dikenal sebagai kendaraan kalangan atas.

8. Koenigsegg CCR

Koenigsegg CCR
Koenigsegg CCR (Source : carscoops.com)

Pertama kali diperkenalkan ke khalayak luas yaitu pada tahun 2005. Tahun perilisannya memang sudah cukup lama, tetapi perihal performa tidak dapat diragukan sama sekali.

Koenigsegg menggunakan mesin berjenis V8 dengan kapasitas tangki 4.700 cc. Berkat ditenagai mesin berukuran besar, mobil ini mampu berlari dengan kecepatan 399 km/jam.

Kelahiran Koenigsegg CCR diklaim sebagai titik awal kelahiran mobil dengan kecepatan tinggi dari Koenigsegg.

9. SSC Ultimate Aero

SSC Ultimate Aero
SSC Ultimate Aero (Source : wikipedia.org)

Mobil tercepat di dunia yang satu ini diproduksi pada tahun 2007. Kecepatannya tergolong paling tinggi di dunia dengan top speed sebesar 411 km/jam yang terbilang unggul di kelasnya.

Dibekali mesin V8 twin-turbocharged berkapasitas 6.300 cc, SSC Ultimate Aero bisa mengeluarkan tenaga 1.287 horsepower. Mesinnya menghasilkan kecepatan 444 km/jam yang termasuk tinggi di kelasnya.

Tenaganya bahkan dapat mencapai 1.350 bhp yang mendukung untuk dipacu dengan kecepatan tinggi.

10. 9FF GT9-R

9FF GT9-R
9FF GT9-R (Source : autoevolution.com)

Mobil tercepat di dunia selanjutnya adalah 9FF GT9-R yang dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam jangka waktu 2.9 detik saja. Awalnya, kendaraan ini menggunakan basis Porsche 911 kemudian dimodifikasi oleh perusahaan tuning asal Jerman bernama 9F.

Mesin yang digunakannya berkapasitas 4.000 cc flat-6 yang mampu mengeluarkan tenaga mencapai 1.120 Horsepower. Sesuai data tersebut, tenaganya terbilang tinggi dan mesinnya terasa kencang meski dipacu pada kecepatan normal.

Kecepatan maksimal yang dihasilkan berada di kisaran 413 km/jam. Mobil dapat melaju dengan tenaga tinggi sehingga mempersingkat waktu perjalanan.

11. Koenigsegg Agera R

Koenigsegg Agera R
Koenigsegg Agera R (Source : jamesedition.com)

Dari tampilan luarnya terlihat seperti mobil mainan Tamiya yang pernah populer beberapa tahun silam. Tidak seperti mobil penumpang, jumlah kursi di Koenigsegg hanya dua buah saja, yaitu untuk pengemudi dan satu penumpang.

Koenigsegg merupakan hypercar yang mampu berlari hingga 439 km/jam. Performa bagusnya didapatkan dari mesin berjenis DOHC V8 Turbocharged berkapasitas 5.000 cc dengan kompresi 9.1.

Kehadiran mesin tersebut membuat Koenigsegg Agera dapat melaju dengan tenaga 1.140 Horsepower dengan torsi 1.000 Nm. Jadi tidak perlu heran lagi saat melihat mobil ini melaju kencang di jalanan.

12. Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse

Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse
Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse (Source : carmagazine.co.uk)

Mobil dari Bugatti ini sering disebut sebagai mobil tercepat modern. Desainnya begitu menawan bahkan atapnya dapat dibuka atau ditutup sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk warna unitnya dibuat dengan memadukan warna hitam dan gold.

Dengan tampilannya yang modern, Bugatti Veyron Grand Vitesse cocok dimiliki oleh para kolektor mobil sport. Terlebih mesin W16 berkapasitas 7.993 Horsepower yang disematkan di dalamnya membuatnya melaju kencang tanpa kendala..

Saat digunakan, Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse mengeluarkan tenaga maksimum sampai 1.200 Horsepower. Selain keunggulan-keunggulan tersebut, bagian kabinnya juga nyaman untuk ditempati.

13. Bugatti Veyron Super Sport


Bugatti Veyron Super Sport
Bugatti Veyron Super Sport (Source : id.motor1.com)

Setelah perilisannya, Bugatti Veyron Super Sport pernah tercatat memecahkan rekor sebagai mobil tercepat di dunia versi Guinness Book of World Record. Berdasarkan hal itu, kecepatan mobil buatan perusahaan otomotif asal Perancis tidak bisa diragukan sama sekali.

Tercatat kecepatan maksimalnya mencapai 413 km/jam yang dihasilkan dari mesin W16 Quad Turbocharged. Untuk tenaganya, mesinnya mengeluarkan tenaga mencapai 1.200 Horsepower.

Kabarnya, tenaga yang dikeluarkannya melebihi Vron Standar yang tercatat hanya berukuran 1.001 Horsepower. Desainnya sendiri terlihat simpel, akan tetapi tampak elegan baik dari segi eksterior dan interiornya.

Baca Juga: Mengenal Bugatti Centodieci Harga Ratusan Miliar Limited Edition

14. Hennessey Venom GT

Hennessey Venom GT
Hennessey Venom GT (Source : supercars.net)

Mobil yang diproduksi oleh perusahaan otomotif besar asal Amerika satu ini dibekali dengan mesin V8 Twin-Turbocharged berkapasitas 7.000 cc. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai angka 1.244.

Dari segi tampilannya, Hennessey Venom GT tampak kekinian dengan bagian atasnya dapat dibuka tutup. Di dalamnya hanya tersedia dua kursi yaitu untuk pengemudi dan penumpang.. Mendukung digunakan untuk me time bersama keluarga atau pasangan.

Hanya saja kabarnya Hennessey Venom GT kecepatannya masih di bawah Bugatti Chiron. Meskipun begitu, tetap bisa dijadikan pilihan sebagai hypercar yang dijadikan sebagai tunggangan untuk jalan-jalan atau bepergian.

15. Bugatti Chiron


Bugatti Chiron
Bugatti Chiron (Source : Bugatti Chiron)

Di pasaran Indonesia, Bugatti Chiron dibanderol fantastis yang mencapai 60 miliar rupiah. Mesin yang ditawarkan tidak main-main, jenisnya adalah W16 berkapasitas 8.000 cc yang dilengkapi dengan Quad Turbocharged.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 1.500 Horsepower pada 6.700 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 1.600 Nm pada 2.000 rpm hingga 6.000 rpm. Untuk meningkatkan performanya, mesinnya dibekali transmisi otomatis dual-clutch 7 percepatan.

Hasilnya, performa Bugatti Chiron semakin menawan yang memiliki top speed 420 km/jam. Bahkan dikabarkan jika kecepatan maksimalnya mencapai 436 km/jam. Meski harganya begitu mahal, tetapi melihat performa dan desain interior sekaligus eksteriornya tidak akan mengecewakan.

16. Devel Sixteen

Devel Sixteen
Devel Sixteen (Source : roadandtrack.com)

Mengusung mesin V18 berkapasitas 12.3 liter membuatnya mampu mengeluarkan tenaga hingga 5007 Horsepower. Top speed yang pernah dicatatkannya tidak tanggung-tanggung yaitu hingga 310 mph.

Apabila dihitung dalam km/jam, kecepatannya berada di angka 500 km/jam. Terbilang sangat tinggi untuk ukuran mobil modern. Wajar jika masuk ke dalam salah satu daftar mobil tercepat di dunia.

Penggemar mobil berkecepatan tinggi rasanya tidak boleh melewatkan Devel Sixteen. Namun perlu diingat, apabila ingin membelinya maka harus mempersiapkan dana sangat besar. Sebab termasuk mobil premium dan edisi terbatas sehingga sulit ditemukan.

Itulah 16 rekomendasi mobil tercepat di duniayang salah satunya dapat dijadikan sebagai pilihan. Bagi yang berminat memilikinya, harus mempersiapkan dana yang sangat besar karena kebanyakan dibanderol puluhan hingga ratusan miliar rupiah meski mobilnya sudah tergolong second.