Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Honda CRV menyebabkan banyak orang lebih memilih untuk membeli Honda CRV bekas dibandingkan mobil bekas lainnya. Fakta menunjukkan kalau mobil yang satu ini sampai sekarang memang tetap menjadi idola konsumen di Indonesia untuk segmen Medium SUV.

Bahkan mobil sekelas Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail yang jelas-jelas memiliki fitur yang mumpuni dan handal, ternyata belum bisa mengalahkan daya tarik dari Honda CRV. Tidak heran jika saat ini Honda CR-V dijadikan barometer oleh produsen lain ketika ingin merilis mobil-mobil segmen Medium SUV.

Pada setiap generasi, Honda CRV selalu mengalami perkembangan desain dan fitur. Modelnya yang terlihat elegan dan stylish menjadikan banyak anak-anak muda meliriknya. Sampai-sampai mobil bekasnya pun masih menjadi incaran.

Detail Ulasan Tips Membeli Honda CRV Bekas

1. Cek Kondisi Mesin

Cek Kondisi Mesin Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya
Cek Kondisi Mesin Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya (Source : ortizaku.com)

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah Honda CRV bekas tertentu, coba cek kondisi mesinnya dengan seksama. Untuk memastikan, sebaiknya lakukan test drive secara langsung. Hanya dengan begitu, Anda bisa memastikan dengan benar kondisi mesinnya.

Dengan melakukan test drive, Anda juga bisa memastikan langsung apakah kondisi gas masih responsif atau tidak, demikian pula kondisi remnya.

2. Perhatikan Kelengkapan Fitur

Perhatikan Kelengkapan Fitur Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya
Perhatikan Kelengkapan Fitur Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya (Source : motor1.com)

Sebagaimana layaknya mobil Honda lainnya, CRV modern juga dibekali dengan fitur kekinian yang semakin memanjakan penggunanya. Salah satu contohnya adalah tombol ECON dan fitur Sunroof yang terletak di bagian atap. Cek dan pastikan kalau tidak ada kebocoran dari sela-sela kaca.

Honda CRV keluaran tahun 2015 ke atas juga sudah dibekali dengan fitur power tailgate. Fitur ini menjadikan pintu bagasi bisa terbuka secara otomatis. Karena Anda ingin membeli mobil bekas, cek dan pastikan kalau kinerja fitur ini masih bagus.

3. Cek Kondisi Kaki-kaki

Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil Sebelum Membelinya
Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil Sebelum Membelinya (Source : hargamobil.com)

Honda CR-V dikenal sebagai mobil dengan ground clearance tinggi. Tidak heran jika kebanyakan pemiliknya merasa percaya diri untuk mengendarai mobil ini melintasi medan berat atau jalan rusak. Oleh karena itu, poin ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Jika mobil bekas yang akan Anda beli sudah berumur lebih dari 3 tahun, kemungkinan besar kaki-kaki mobil mulai mengalami penurunan performa. Bagian yang paling cepat bermasalah adalah steering rack dan bushing karena mobil sering digunakan melintasi jalan yang tidak rata, meski di daerah perkotaan sekalipun.

4. Cek Bagian Saringan AC

Bagian Saringan AC Sangat Penting untuk Diperiksa dengan Seksama
Bagian Saringan AC Sangat Penting untuk Diperiksa dengan Seksama (Source : otodriver.com)

Fungsi AC mobil tentu tidak bisa dianggap sepele karena erat kaitannya dengan kenyamanan ketika berkendara. AC mobil yang masih berfungsi dengan baik akan menjaga suhu udara di dalam kabin mobil tetap sejuk dan segar.

Oleh karena itu, ketika Anda membeli Honda CRV bekas, cek dengan seksama kondisi AC mobil tersebut. Pastikan saringan AC masih dalam keadaan bagus. Sebab, terkadang pemilik lama teledor dan lalai dari mengganti saringan AC yang sudah terlalu lama digunakan.

5. Periksa Kondisi Interior Mobil

Periksa Kondisi Interior Mobil Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya
Periksa Kondisi Interior Mobil Honda CRV Bekas Sebelum Membelinya (Source : ortizaku.com)

Saat  hendak membeli Honda CRV bekas, coba cek dengan seksama kondisi interior mobil tersebut. Periksa dengan teliti kondisi cok mobil tersebut, apakah masih layak atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi kebersihan di dalam kabin mobil.

Terkadang sebagian pemilik mobil suka makan dan minum di dalam mobil. Sehingga tanpa disadari, kotoran dan bekas makanan terjatuh dan terselip di bawah jok, di bawah karpet, dan di bagian-bagian lainnya yang agak tersembunyi. Hanya dengan memeriksanya, barulah Anda bisa melihat bagian-bagian yang kotor tersebut.

Meskipun Honda CR-V memiliki desain bodi yang compact, sebaiknya Anda tetap memeriksa kolong bumper dan samping bodi mobil. Hal ini untuk memastikan tidak ada bagian bodi yang tergores akibat melintasi jalan yang jelek, polisi tidur, atau goresan batu.

6. Periksa Catatan Servis Berkala

Periksa Catatan Servis Berkala untuk Memastikan Kondisi Honda CRV Bekas
Periksa Catatan Servis Berkala untuk Memastikan Kondisi Honda CRV Bekas

Coba minta ke pemilik mobil agar memperlihatkan hasil servis berkala mobil tersebut selama ini. Paling tidak catatan servis terakhir. Dengan melihat catatan tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi Honda CRV bekas tersebut.

Perkiraan Terbaru Harga Mobil Honda CR-V Bekas  

Harga Mobil Honda CR-V Bekas Cukup Terjangkau
Harga Mobil Honda CR-V Bekas Cukup Terjangkau (Source : liputan6.com)

Jika Anda serius ingin membeli Honda CRV bekas, di bawah ini akan saya sebutkan perkiraan harga bekas terbaru mobil tersebut di pasaran saat ini :

  • Honda CR-V 1.5L 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 320 juta hingga Rp 400 juta.
  • Honda CR-V 1.5 Prestige 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 325 juta hingga Rp 420 juta.
  • Honda CR-V 1.5 Turbo 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.
  • Honda CR-V 2.0L 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 300 juta hingga Rp 380 juta.
  • Honda CR-V 2.0L Prestige 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 280 juta hingga Rp 375 juta.
  • Honda CR-V 2.4L RS 2020 dijual dengan kisaran harga Rp 350 juta hingga Rp 470 juta.

Daftar harga mobil bekas yang disebutkan di atas tentu sebatas perkiraan yang diambil dari berbagai sumber. Harga pastinya bisa saja berbeda sesuai dengan kebijakan harga dari pihak yang menjual Honda CRV bekas tersebut.