Seiring berjalannya waktu, saat ini semakin banyak orang yang menjadikan mobil sebagai kebutuhan. Baik itu untuk kepentingan bisnis maupun untuk kebutuhan kendaraan pribadi.

Secara umum, ada banyak sekali jenis-jenis mobil yang dijual untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat ini.

Dalam lingkup perkotaan, mobil menjadi jenis kendaraan yang hampir semua orang miliki. Biasanya orang akan memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhannya.

Ada mobil dengan muatan yang besar, dan ada juga yang muatannya hanya untuk 2-4 orang saja.

Jenis-Jenis Mobil dan Contohnya

Seperti yang sudah sekilas dikatakan di atas, ada jenis-jenis mobil di Indonesia yang punya kelebihan berbeda-beda. Beberapa mobil didesain khusus untuk ditempati dengan muatan banyak. Namun, ada juga yang desainnya mini dan simpel untuk dipakai pribadi.

Untuk Anda yang sudah penasaran, berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa jenis dan contoh dari mobil yang sudah banyak dijual di pasaran:

1. Mobile Convertible

Mobil Audi A5 tipe convertible
Mobil Audi A5 tipe convertible (Gambar: drivek.co.uk)

Anda tentu pernah melihat ada model mobil yang bisa dibuka bagian atasnya. Mobil tersebut merupakan jenis mobil convertible. Bagian atap mobil ini biasanya dibuat dengan bahan kain kanvas. Sifat kainnya ada yang ringan dan ada juga yang keras.

Atap mobil jenis ini bisa dibuka dan ditutup secara otomatis maupun manual. Beberapa merek mobil yang termasuk jenis convertible adalah Mercedes Benz E-Class, Audi A5, Mercedes AMG C43, BMW Z4, dan BMW 2-Series.

2. Mobil Sedan

Mobil sedan Honda City
Mobil sedan Honda City (Gambar: carandbike.com)

Mobil sedan termasuk salah satu jenis-jenis mobil mewah yang ada di Indonesia. Pasalnya, pembayaran pajak mobil sedan sendiri lebih besar dibandingkan beberapa mobil mewah lainnya. Meskipun terlihat sangat simpel bentuknya, namun mobil sedan punya kesan yang cukup glamour.

Dalam mobil sedan ini, hanya ada dua baris tempat duduk, di bagian depan dua kursi dan bagian belakang dua kursi. Meskipun begitu, mobil ini bisa ditumpangi antara 4 hingga 5 orang sekaligus.

Beberapa contoh mobil sedan yang ada di Indonesia adalah Honda City, Toyota Vios, All New Mazda 6, Toyota Corolla Altis, dan lain-lain.

3. Mobil Coupe

BMW M3 Coupe
BMW M3 Coupe (Gambar: sweesenggroup.com)

Jika Anda mencari jenis mobil yang lebih kecil dibandingkan sedan, mungkin mobil coupe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mobil coupe menjadi salah satu dari sekian banyak mobil Indonesia yang mewah. Secara umum, jenis mobil coupe hanya memiliki dua pintu.

Namun seiring berjalannya waktu, kini ada juga mobil coupe yang dibuat dengan 4 pintu dan kabin yang muatannya lebih besar tentunya. Beberapa contoh mobil coupe adalah fastback coupe, convertible coupe, liftback coupe, dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa contoh merk & pabrikan mobil coupe antara lain Audi R8, BMW M3,

4. Mobil Hatchback

Mazda 3, salah satu mobil hatchback yang populer
Mazda 3, salah satu mobil hatchback yang populer

Mobil hatchback tergolong sebagai salah satu mobil mini. Bagian depan mobil ini memiliki bentukan layaknya mobil sedan. Namun, pada bagian belakangnya hampir mirip dengan mobil Liftback.

Bedanya, pada hatchback bagasinya punya bentuk tegak dan menyatu pada bagian kaca belakang. Mobil Toyota yaris adalah salah satu contoh jenis hatchback.

Selain itu, ada juga mobil Suzuki Swift dan Mazda 3 yang kerap jadi pilihan hatchback terbaik. Ada juga Daihatsu Ayla yang tak kalah populer dengan beberapa mobil hatchback tersebut.

5. Station Wagon

BMW 3 E30 station wagon
BMW 3 E30 station wagon (Gambar: autoweek.com)

Mobil station wagon dibuat dengan bentuk yang hampir mirip dengan hatchback. Namun, station wagon didesain lebih besar untuk muatan yang lebih banyak. Ruang bagasi mobil ini juga didesain lebih panjang dan luas. Pintu bagasinya bermodel terbuka ke atas.

Pada beberapa negara lain, Anda mungkin akan mengenal mobil station wagon dengan sebutan lain seperti estate, kombi, atau break. Beberapa contoh jenis mobil station wagon adalah Audi A4 Allroad, Buick Regal TourX, dan lain sebagainya.  

Jika Anda ingin mencari jenis mobil wagon yang lebih mewah, Anda bisa membeli BMW Wagon versi E30. Jenis mobil ini punya desain yang sangat menarik dan unik. Tidak heran jika BMW jenis wagon ini sering jadi incaran kolektor mobil yang ada di Indonesia.

6. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV Nissan Terra
Mobil SUV Nissan Terra (Gambar: carscoops.com)

Sesuai dengan namanya, SUV adalah jenis mobil yang punya kelebihan untuk menjadi mobil biasa maupun mobil sport. Vehicle artinya kendaraan, sedangkan sport utility maksudnya adalah mobil ini bisa dijalankan pada beragam medan jalan.

Dengan kekuatan mobil yang bisa melewati beragam medan ini, maka tidak heran jika mobil SUV banyak diminati. Meskipun mobil ini terlihat cukup jantan dari luar, namun bagian interiornya sangat nyaman dan cukup mewah untuk Anda dan keluarga.

Bagian dalamnya hanya terdapat 2 baris tempat duduk, namun mobil ini bisa ditumpangi hingga 5 orang. Beberapa contoh mobil SUV terbaik di Indonesia adalah Honda CR-V, Nissan Terra, Toyota Rush, dan lain-lain.

7. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Kijang Innova, salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia
Kijang Innova, salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia (Gambar: auto2000.co.id)

Jika dilihat dari bentuknya, mobil MPV hampir mirip dengan mobil minibus. Mobil mewah yang satu ini memang didesain lebih besar untuk kebutuhan penumpang maupun muatan barang-barang. Karenanya, terdapat dua jenis mobil MPV.

MPV yang diperuntukkan tumpangan barang-barang, biasanya didesain tanpa kursi belakang dan jendela. Sedangkan, untuk penumpang biasa ada kursi belakang dan jendelanya. Jika dibandingkan, perbedaan SUV dan MPV terletak pada model muatannya.

Jika SUV didesain lebih sporty untuk melewati berbagai medan, maka MPV hanya menonjolkan bagian kenyamanannya untuk dipakai dengan muatan yang lebih besar atau banyak. Sehingga mobil SUV hanya cocok untuk muatan sedikit orang.

Beberapa contoh MPV car adalah Toyota Avanza, Toyota Calya, Toyota Alphard, Toyota Kijang Innova, dan lain sebagainya. Memang banyak jenis-jenis mobil Toyota yang berjenis MPV.

Baca Juga: Modifikasi bikin Toyota Calya dan Daihatsu Sigra makin keren

8. Mobil Double Cabin

Triton, double cabin andalan dari pabrikan Mitsubishi
Triton, double cabin andalan dari pabrikan Mitsubishi (Gambar: uteguide.com.au)

Berbeda dari beberapa jenis mobil sebelumnya, mobil double cabin didesain dengan menonjolkan fungsinya untuk berdagang. Pada bagian belakang terdapat bak terbuka, dengan kabin depan yang cukup nyaman.

Mobil jenis ini tergolong sebagai mobil pick up untuk mengangkut barang-barang dagangan. Kabin bagian depannya tidak hanya dapat ditumpangi 2 orang, Anda bisa memuat hingga 4 orang sekaligus pada kabin depan.

Contoh mobil double cabin yang cukup populer di Indonesia adalah Mitsubishi New Triton, Isuzu D-Max, Toyota All New Hilux, Nissan Navara, dan Chevrolet Colorado.

9. Mobil Single Cabin

Hampir sama dengan jenis mobil sebelumnya, kali ini Anda ditawari dengan mobil pick up dengan satu kabin saja. Jika dilihat bentuknya atau modelnya, jenis single cabin ini sama dengan double cabin. Hanya saja, kabin depan hanya bisa dimuati maksimal 2 orang penumpang.

Baca Juga: Rekomendasi mobil MPV dengan pintu sliding

Namun, single cabin ini punya kelebihan di bagian baknya. Bagian bak belakangnya memiliki muatan yang lebih luas dan lebih panjang dibandingkan double cabin.

10. Mobil Off Road

Berkelana dengan mobil off road Jeep Grand Cherokee
Berkelana dengan mobil off road Jeep Grand Cherokee (Gambar: caranddriver.com)

Sama seperti namanya, jenis mobil off road adalah jenis mobil yang punya jarak cukup tinggi dari tanah. Rodanya memiliki kekuatan yang lebih untuk melalui medan-medan tanah yang rusak. Jenis mobil ini cocok untuk Anda gunakan saat berpetualang di medan yang tidak menentu.

Kebanyakan mobil jenis ini punya 2 baris kursi pada bagian depan dan belakang. Mobil ini bisa memuat 4 hingga 5 orang sekaligus. Beberapa contoh mobil yang tergolong jenis off road adalah Land Rover Discovery, Ford Explorer, dan Jeep Grand Cherokee.

11. Mobil Sport

Mobil Jaguar F Type
Mobil Jaguar F Type (Gambar: cnet.com)

Karena jenisnya adalah mobil sport, maka sudah pasti mobil jenis ini memiliki desain yang sangat sporty. Jenis mobil ini dikenal merupakan mobil yang mewah. Harganya juga terbilang cukup tinggi. Biasanya, orang yang ingin terlihat mewah akan membeli mobil jenis ini.

Tidak hanya menampilkan modelnya yang super keren, mobil sport ini juga dikenal punya spesifikasi dan keunggulan yang lebih dari mobil lainnya. Mobil sport juga menawarkan kecepatan yang lebih dari mobil biasa.

Bagi Anda yang hobi berkendara dengan kecepatan tinggi, maka Anda bisa menjadikan jenis mobil ini sebagai pilihan. Namun, Anda juga harus bersiap dengan biaya atau harganya yang cukup tinggi. Beberapa contoh mobil sport di Indonesia adalah Jaguar F Type, Toyota 86 Manual, dan lain-lain.

12. City Car

Mobil city car KIA Rio
Mobil city car KIA Rio (Gambar: carbuyer.co.uk)

Jenis mobil ini juga sering dikenal dengan sebutan city car. Mobil jenis ini memiliki model desain yang pas untuk maksimal 5 orang penumpang. Sesuai dengan namanya, city car sangat pas untuk bermanuver di area perkotaan yang sangat padat.

Bagi Anda yang hidup di lingkup perkotaan, Anda bisa memilih city car sebagai jenis mobil pilihan. Salah satu alasan yang juga banyak dijadikan pertimbangan orang kota membeli mobil ini, adalah karena harganya yang cukup terjangkau.

Meskipun begitu, mobil jenis ini tidak cukup mumpuni untuk dikendarai ke tempat yang sangat jauh. Beberapa contoh jenis city car adalah Honda Jazz, Suzuki Swift, KIA Rio, Mitsubishi Mirage dan Toyota Yaris. Selain itu, ada mobil Minicooper yang bentuknya mini dengan gaya mobil elegan yang pas untuk berkendara di area kota.

Beberapa jenis-jenis mobil dan contoh merek mobil di Indonesia tersebut, bisa menjadi referensi dan acuan untuk Anda yang ingin membeli sebuah mobil. Sebaiknya, sesuaikan terlebih dahulu kebutuhan atau tujuan Anda membeli mobil. Sehingga mobil yang akan dibeli bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan.