Setiap pemilik motor tentu menyadari pentingnya mengganti oli motor secara teratur. Awet tidaknya mesin motor disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktor paling penting adalah mengganti oli mesin secara teratur agar  kondisi oli tetap layak dan bisa berfungsi sebagai pelumas secara maksimal.

Oleh karena itu, oli pelumas yang digunakan untuk motor kesayangan Anda seharusnya merupakan produk berkualitas, bukan asal-asalan. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi manfaatnya sangat besar dalam menjaga keawetan mesin motor Anda.

Jika Anda menggunakan motor Honda Vario 150, di bawah ini akan disebutkan beberapa produk oli untuk motor Vario 150 yang direkomendasikan untuk Anda.

Berapa Tingkat Kekentalan Oli Untuk Honda Vario 150?

Oli untuk motor Honda Vario 150.

Sebelum membagikan daftar oli motor Vario 150, terlebih dahulu penting untuk diketahui berapakah tingkat kekentalan atau viskositas oli tersebut? Hal ini penting, agar Anda bisa mengetahui jenis oli yang tepat meskipun berganti produk oli mesin.

Perlu diketahui bahwa tingkat kekentalan umum untuk oli Honda Vario 150 adalah 10W-30 hingga 10W-40. Ini tingkat viskositas yang dianjurkan dan paling ideal. Tapi bagaimana jika ingin menggunakan oli yang lebih kental lagi?

Jawabannya bisa saja, tapi agar lebih aman, pastikan Anda hanya menggunakan oli jenis Fully Syntetic atau Full Sintetis. Alasannya jelas, karena oli jenis tersebut sudah terbukti kualitasnya karena memang diperuntukkan untuk beberapa jenis motor kelas atas.

Selain itu, pastikan kapasitas olinya sesuai dengan yang dianjurkan. Perlu diketahui bahwa kapasitas oli motor Vario 150 adalah 800 ml atau 0,8 liter.

7 Pilihan Oli Untuk Honda Vario 150

Berikut adalah beberapa rekomendasi oli motor untuk Honda Var

1. Top 1 Evolution Matic

Top 1 Evolution Matic
Top 1 Evolution Matic (Source : eppbchannel.com)

Rekomendasi oli untuk Vario 150 yang paling pertama adalah Top 1 Evolution Matic. Oli mesin ini memiliki spesifikasi SAE : 10W-40, API SJ, JASO MB dan memiliki kandungan ESTER di dalamnya.

Kandungan ESTER tersebut menjadikan performa mesin semakin bagus, di samping melapisi bagian dalam ruang mesin motor sehingga bisa meminimalisir keausan yang lebih cepat dan lebih parah.

Saat ini harga jual Top 1 Evolution Matic berkisar Rp 100.000 hingga Rp.120.000 untuk kemasan 800 ml.

2. Repsol Matic 10W-30 4T

Repsol Matic 10W-30 4T
Repsol Matic 10W-30 4T (Source : blibli.com)

Jika Anda membutuhkan oli mesin dengan tingkat visikositas yang sesuai standar Honda Vario 150, maka Repsol Matic 10W-30 4T merupakan produk yang tepat untuk Anda.

Visikositas oli mesin ini sangat pas, sehingga sangat cocok melumasi celah-celah mesin untuk mencegah kerusakan atau keausan komponen mesin dalam waktu cepat.

Harga jualnya juga tidak terlalu mahal, berkisar Rp 40.000 saja untuk kemasan 800 ml. Tidak heran jika oli mesin motor ini merupakan produk yang tepat untuk oli mesin Honda Vario 150 kesayangan Anda.  

3. TOP 1 Action Matic 10W-30

TOP 1 Action Matic 10W-30
TOP 1 Action Matic 10W-30 (Source : blibli.com)

Kekentalan oli yang bernama TOP 1 Action Matic 10W-30 ini sangat cocok untuk mesin motor Vario 150. Tidak heran jika oli ini juga termasuk yang direkomendasikan, karena memang tingkat visikositasnya direkomendasikan oleh Honda.

Dengan menggunakan oli mesin ini, seluruh komponen mesin mendapatkan pelumasan secara maksimal, yang tentunya akan menjadikan mesin motor lebih awet dan tahan lama. Isi kemasannya berkisar 800 ml, dengan harga jual berada pada kisaran Rp 60.000.

4. Motul Scooter 4T LE

Motul Scooter 4T LE
Motul Scooter 4T LE (Source : blibli.com)

Sejak dahulu Motul dikenal dengan kualitas produk oli mesin yang diproduksinya. Oleh karena itu, salah satu pilihan yang tepat untuk oli Honda Vario 150 kesayangan Anda adalah Motul Scooter 4T LE. Dengan menggunakan produk ini, dijamin mesin motor Anda lebih awet dan performanya lebih maksimal.

Spesifikasi dari oli mesin ini adalah SAE : 10W-30, API SJ, JASO MB. Tingkat viskositasnya sudah sesuai dengan stander Vario 150. Dari segi harga juga tidak terlalu mahal, berkisar Rp 60.000 hingga Rp 75.000 saja.

5. AHM Oil SPX 2

AHM Oil SPX 2
AHM Oil SPX 2 (Source : otorelease.wordpress.com)

Pilihan oli untuk Honda Vario 150 berikutnya adalah AHM Oil SPX 2. Oli ini resmi dari Honda untuk produk motor matic buatan mereka. Bahkan di atas kertas, produk yang satu ini justru lebih unggul dibandingkan oli AHM MPX 2.

Tingkat kekentalannya sudah sesuai standar yaitu SAE : 10W-30, API SJ, JASO MB. Maka dari itu, oli mesin ini sangat cocok dipakai Honda Vario 150.

Produk ini sangat berkualitas berkat hasil pengembangan dari tim R&D Honda Jepang berupa teknologi Fully syntetic yang dimasukkan ke dalamnya. Soal harga, produk satu ini bisa dibanderol dengan kisaran harga Rp 50.000.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

6. Castrol Power 1 Scooter 4T

Castrol Power 1 Scooter 4T
Castrol Power 1 Scooter 4T (Source : blibli.com)

Merk oli mesin yang dijual dengan harga murah saat ini sudah sangat banyak. Oleh karena itu, Anda mesti hati-hati dan bijaksana dalam memilih produk yang tepat untuk motor Vario 150 kesayangan Anda. Salah satu produk yang tepat adalah Castrol Power 1 Scooter 4T.

Harga jual oli mesin ini berkisar Rp 50.000 saja untuk kemasan 800 ml. Tingkat kekentalannya sebesar SAE : 10W-40, API SJ, JASO MB dan sudah dibekali dengan Scootek technology yang mampu memberikan pelumasan secara maksimal di saat berada pada putaran mesisn di atas 50 km/jam.

7. Evalube Scootic RX

Evalube Scootic RX
Evalube Scootic RX (Source : blibli.com)

Keunggulan dari Evalube Scootic RX adalah menggunakan basis oli sintetik dengan formulasi untuk memenuhi standar stabilitas pelumas, dalam keadaan suhu mesin tetap rendah. Atas dasar inilah, maka oli mesin motor yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Keunggulan lain dari oli mesin ini adalah kemampuannya dalam mempertahankan tingkat visikositas oli pada suhu tinggi dan memberikan nilai penghematan bahan bakar yang jauh lebih baik.

Untuk harga jual, Anda bisa membanderol oli mesin yang satu ini dengan kisaran harga Rp. 68.000.

Itulah tadi daftar oli untuk Honda Vario 150 beserta penjelasan masing-masing. Intinya, keberadaan oli mesin motor sangat penting bagi performa motor dan keawetannya, sehingga Anda tidak boleh menggunakan pelumas asal-asalan.