Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, banyak hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, kondisi mobil bekas tidak sama seperti mobil baru. Salah memilih bisa berakhir dengan kerugian karena mobil bekas yang dibeli tidak sesuai harapan.

Selain harus teliti mengecek kondisi mobil bekas yang ingin dibeli, kondisi showroom mobil bekas tempat Anda ingin membeli mobil tersebut juga harus diperhatikan, terutama dari segi sikap amanah dan kualitas layanannya.

Agar bisa mendapatkan mobil bekas yang bagus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,  apa sajakah hal-hal tersebut? Yuk simak jawabannya pada kelanjutan ulasan di bawah ini

Tips Memilih Showroom Mobil Bekas

Deretan mobil bekas pada sebuah showroom mobil bekas.
Deretan mobil bekas pada sebuah showroom mobil bekas. (Gambar: justdial.com)

Jika Anda kebingungan untuk menentukan showroom mobil bekas terbaik untuk menemukan mobil bekas yang paling cocok bagi Anda, cobalah terapkan tips-tips berikut ini :

1. Cek Reputasi Showroom

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas dari showroom tertentu, pastikan Anda mengecek reputasinya terlebih dahulu. Kunjungi website resmi showroom tersebut untuk melihat testimoni dari orang-orang yang pernah membeli mobil atau menggunakan layanan di sana.

Jika showroom tersebut akun media sosial, maka lebih baik lagi. Sebab, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya lebih bersifat interaktif, di mana Anda bisa membaca komentar orang-orang seputar showroom tersebut di media sosial.

Jika lokasi showroomnya dekat dari tempat tinggal Anda, upayakan untuk mencari informasi langsung dari orang-orang yang tinggal di sekitar showroom tersebut. Dengan cara begini, informasi yang bisa Anda dapatkan lebih akurat.

2. Menyediakan Produk Berkualitas

Selain reputasi, pastikan juga kalau showroom mobil bekas tersebut memang menyediakan produk berkualitas. Dengan begitu, Anda bisa yakin kalau showroom tersebut tidak akan menjual mobil bekas yang sudah tidak layak digunakan.

3. Memberikan Penawaran Harga Terbaik

Umumnya setiap showroom akan memberikan penawaran harga berbeda tergantung dari lokasi yang ditempati serta harga pasaran di daerah tersebut. Sebelum menentukan, penting memeriksa informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga mempertimbangkan jarak tempat tinggal Anda dan lokasi showroom itu sendiri. 

4. Pilih Showroom Terdekat

Banyak mobil yang bisa dipilih pada sebuah showroom mobil bekas.
Banyak mobil yang bisa dipilih pada sebuah showroom mobil bekas. (Gambar: linkwaycar.advertroindia.co.in)

Terkadang Anda berhasil menemukan mobil bekas harga murah di sebuah showroom. Sayangnya, letak showroom terlalu jauh dari tempat tinggal. Tentu perlu dana tambahan untuk biaya perjalanan ke lokasi. Tidak hanya itu, umumnya pengantaran juga bisa saja dikenakan tarif tergantung seberapa jauh jaraknya.

5. Dapat Memastikan Kualitas Mobil Terjaga

Salah satu ciri showroom mobil bekas berkualitas adalah selalu memastikan kualitas mobil yang dijualnya. Oleh karena itu, pihak showroom selalu akan melakukan pengecekan ketat untuk setiap mobil yang akan dijualnya.

Tentu spihak howroom tersebut sudah memiliki tim yang ahli di bidang tersebut. Dengan pengecekan ketat, showroom bisa menentukan mana mobil bekas yang layak jual dan mana yang tidak.

6. Memberikan Garansi

Meskipun mobil yang Anda beli merupakan mobil bekas, biasanya showroom yang terpercaya berani memberikan garansi terhadap mobil yang dijualnya. Meskipun bukan garansi pabrik karena memang merupakan mobil bekas, tapi setidaknya garansi tersebut dari pihak showroom untuk meyakinkan calon pembeli kalau mobil yang mereka jual memang layak pakai.

Penutup

Demikian penjelasan terkait dengan tips dan trik jitu memilih showroom mobil bekas yang terpercaya. Jangan tergesa-gesa membeli mobil bekas dari dari sebuah showroom tertentu tanpa mengecek kualitasnya. Jika tidak berhati-hati dan berlaku bijak, dikhawatirkan Anda akan mengalami kerugian akibat membeli mobil yang tidak layak pakai lagi.

Terkadang mobil bekas memiliki tampilan yang menarik dari luar. Umumnya orang-orang akan memperbaiki tampilan luar mobilnya ketika akan dijual kembali. Sayangnya, tampilan yang bagus tidak akan berguna jika mesin mobil tersebut sudah rusak atau usang.