Pernikahan merupakan momen paling berharga dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu, segala sesuatunya diupayakan sesempurna mungkin, termasuk mewujudkan dekorasi pelaminan yang indah dan menarik.

Dekorasi pelaminan tidak harus mewah dan menghabiskan biaya besar. Anda bisa mewujudkan pesta pernikahan yang memorable dengan menerapkan dekorasi pelaminan pernikahan minimalis dengan budget yang terbatas.

6 Ide Dekorasi Pelaminan Pernikahan Minimalis

Penasaran ingin mengetahui apa saja ide dan inspirasi dekorasi pelaminan minimalis yang bisa Anda terapkan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Dekorasi Pernikahan Indoor Bergaya Taman Bunga

Dekorasi Pernikahan Indoor Bergaya Taman Bunga
Dekorasi Pernikahan Indoor Bergaya Taman Bunga (Source : weddingmarket.com)

Ide dekorasi pernikahan yang pertama ini menekankan keberadaan bunga-bunga sebagai elemen utamanya. Tujuannya tentu saja untuk menampilkan kesan fresh dan estetika ruangan. Tapi sebagai catatan, pilihlah warna bunga dengan tone yang netral dan tidak terlalu ramai.

Jangan lupa untuk menambahkan unsur dedaunan atau sulur-sulur tanaman, sehingga kesan asri semakin terasa. Sulur tersebut nantinya ditempatkan menjadi backdrop pelaminan, agar suasana yang dihadirkan terasa seperti taman sungguhan.

2. Dekorasi Pelaminan Natural Garden Wedding

Dekorasi Pelaminan Natural Garden Wedding
Dekorasi Pelaminan Natural Garden Wedding (Source : weddingmarket.com)

Ingin mengadakan pernikahan di tempat terbuka yang terasa lebih sejuk dan asri? Jika iya, sebaiknya lakukan pernikahan tersebut di taman, hutan kota atau botanical garden. Untuk inspirasi dekorasi pelaminan pernikahan minimalis, pilih saja natural garden wedding.

Pada ide dekorasi pernikahan ini, spot paling penentu kesempurnaan dekorasinya adalah pohon besar. Sebab, nantinya pohon tersebut dipasangi dengan beberapa hiasan sederhana, yang menjadikannya terlihat cantik, indah, dan alami.

Menggunakan pohon besar sebagai backdrop pelaminan juga bisa memberikan nuansa yang sejuk kepada pengantin dan para tamu, terutama ketika cuaca sedang terik-teriknya.

Pohon besar tersebut bisa dihiasi dengan floral arches atau dengan kain dekoratif yang dililitkan di antara cabang pohon. Agar kesan indah semakin terasa, jangan lupa menambahkan bunga-bunga di sekitarnya.

3. Dekorasi Pelaminan Berlatar Belakang Pinggiran Pantai

Dekorasi Pelaminan Berlatar Belakang Pinggiran Pantai
Dekorasi Pelaminan Berlatar Belakang Pinggiran Pantai (Source : pinterest.com)

Apakah Anda menginginkan pernikahan yang memorable di pinggir pantai? Jika iya, dekorasi pernikahan minimalis sudah mencukupi untuk itu. Tidak diperlukan banyak elemen dalam dekorasinya, karena nuansa alami sudah tercipta dengan sendirinya.

Untuk mewujudkan dekorasi pelaminan minimalis yang menarik, Anda hanya perlu memasangkan beberapa hiasan sederhana seperti kain dekoratif dan bunga-bunga pada arch atau bingkai sederhana.

Tidak perlu menerapkan backdrop pelaminan khusus, karena pemandangan indah dari laut sudah lebih dari cukup untuk menyegarkan mata.

Seperti yang kami kutip dari Kartika Catering, agar kesan romantis semakin terasa, Anda bisa menggunakan menambahkan ornamen bunga-bunga berwarna pastel atau rumput pampas untuk mendapatkan unsur dekorasi pelaminan  rustic.

Agar suasana intimate lebih terasa, sebaiknya pesta pernikahan di pinggir pantai diselenggarakan saat senja hingga malam hari. Sebab pada saat itulah, para pengantin dan para tamu bisa menangkap momen sunset yang demikian indah dan memukau.

4. Dekorasi Pelaminan dengan Nuansa Kayu

Dekorasi Pelaminan dengan Nuansa Kayu
Dekorasi Pelaminan dengan Nuansa Kayu (Source : instagram.com/mella_wedding)

Jika Anda tidak menginginkan dekorasi pelaminan yang dipenuhi dengan bunga, maka dekorasi pelaminan pernikahan minimalis dengan konsep nuansa kayu bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Poin paling penting dalam dekorasi ini adalah penggunaan backdrop berbahan kayu. Dalam hal ini, papan kayu yang digunakan sudah dipernis dengan warna khas kayu atau berwarna natural. Agar semakin sempurna, beberapa kursi berwarna senada diletakkan di depannya.

Agar suasana pelaminan tidak terkesan kaku membosankan, sebaiknya diberikan sentuhan sulur-sulur tanaman hijau di atas backdrop kayu. Jangan lupa disertakan pula lampu-lampu pijar berwarna kuning sebagai penambah dekorasi.

Keberadaan sulur-sulur tanaman tersebut tidak saja menjadikan suasana pelaminan lebih hidup, tetapi juga memberikan kesan natural. Selain itu, cahaya hangat dari lampu-lampu pijar yang turut disematkan menjadikan suasana lebih romantis dan intimate.

5. Dekorasi Pelaminan Tanpa Sofa

Dekorasi Pelaminan Tanpa Sofa
Dekorasi Pelaminan Tanpa Sofa (Source : pinterest.com)

Ide dekorasi pelaminan pernikahan minimalis lainnya yang bisa mewujudkan pernikahan yang memorable adalah dekorasi tanpa penggunaan sofa. Pada ide dekorasi ini, penggunaan sofa sebagai kursi pelaminan digantikan dengan elemen lain yang lebih natural.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kursi rotan, bangku kayu, bahkan gelondongan batang pohon. Gaya dekorasi seperti ini lebih cocok diterapkan pada pesta pernikahan berkonsep rustic, natural atau bohemian.

Elemen dekorasi yang berkesan natural akan menghadirkan nuansa alami, di samping membangun suasana pesta pernikahan yang lebih intimate dan hangat.

Tentu saja ide dekorasi pelaminan minimalis bergaya natural semisal di atas sangat cocok diterapkan jika Anda dan pasangan menginginkan konsep pernikahan yang unik dan berbeda dari yang lain.

6. Dekorasi Pelaminan Tenda Minimalis

Dekorasi Pelaminan Tenda Minimalis
Dekorasi Pelaminan Tenda Minimalis (Source : pinterest.com)

Dekorasi pelaminan menggunakan tenda adalah yang paling umum digunakan di Indonesia. Sebab, umumnya pesta pernikahan digelar oleh masyarakat di rumah-rumah. Dalam kondisi seperti ini, penggunaan tenda memang dianggap paling praktis.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan dekorasinya terlihat unik dan menarik. Untuk itu, Anda bisa menerapkan konsep dekorasi pelaminan minimalis yang menggabungkan penggunaan tenda berwarna emas dan putih.

Ide dekorasi pelaminan lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah menggunakan beberapa helai kain dekoratif yang disatukan sehingga membentuk sepetak pelaminan sederhana.

Sangat simple memang, namun tidak menghilangkan kesan sakralnya. Hanya saja, dekorasi yang satu ini lebih cocok diterapkan pada pernikahan outdoor ataupun semi outdoor.

Demikianlah 6 ide dekorasi pelaminan pernikahan minimalis yang bisa diterapkan pada pesta pernikahan Anda nantinya.

Desain minimalis tidak menggunakan banyak elemen tambahan, sehingga lebih menghemat budget. Tapi meskipun sederhana, hasilnya tetap elegan dan bakal memberikan pesta pernikahan yang memorable bagi Anda dan pasangan.