Batako dan bata merah merupakan bahan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi dinding atau tembok sebuah bangunan. Kedua material ini sering digunakan oleh masyarakat untuk membangun dinding yang kokoh dibandingkan dengan material lainnya.

Buat kamu yang berniat membangun rumah dengan batako dan bata merah, maka harus update harga dari kedua material tersebut.

Mengetahui harga material sangat penting, karena kamu bisa menyiapkan dana sesuai dengan kebutuhan. Simak artikel di bawah ini untuk tahu harga lengkapnya:

Sekilas Tentang Batako dan Bata Merah

Jadi sebenarnya apa sih bedanya antara batako press dengan bata merah press? Atau sebenarnya malah sama aja, cuma beda warna saja?

1. Batako Press

Ilustrasi hasil produksi dari batako press
Ilustrasi hasil produksi dari batako press (Gambar: roomah.id)

Batako telah digunakan sejak lama sebagai material/bahan untuk membuat dinding dan tembok sebuah rumah. Batako dianggap lebih kuat jika dibandingkan dengan bata merah, karena itu banyak masyarakat yang mulai melupakan bata merah dan menggunakan batako.

Dinding memang harus terbuat dari bahan yang kuat, karena berfungsi sebagai pelindung rumah dan isi di dalamnya. Bahan yang kuat dan terbaik otomatis bisa menghasilkan struktur yang kuat dan tahan lama.

Batako sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan dinding di rumah modern. Jadi, jika kamu berencana membangun rumah atau bangunan lainnya, bisa menggunakan batako, meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan bata merah.

Batako sering dianggap lebih kokoh dibandingkan dengan bata merah press karena terbuat dari campuran beberapa material sekaligus, yaitu:

  • Pasir kasar
  • Semen
  • Kericak
  • Kapur
  • Air

Semua bahan di atas dicampur lalu dicetak menggunakan cetakan khusus dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda. Setelah jadi, batako tersebut kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari dalam beberapa hari sampai kokoh dan tidak mudah hancur.

Sejauh ini, ada beberapa jenis batako dengan karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Batako putih, terbuat dari campuran batu kapur, tras dan air yang dibakar sehingga menjadi balok yang padat. Batako putih beda dengan bata ringan atau hebel.
  • Batako press, juga disebut sebagai batako semen, yang cara pembuatannya di-press atau ditekan.
  • Bataton, varian lain dari batako press, yang terbuat dari semen dan dicetak menggunakan mesin atau manual.

2. Bata Merah Press

Ilustrasi barisan bata merah press di sebuah toko material
Ilustrasi barisan bata merah press di sebuah toko material (Gambar: Twitter @vikymebel313)

Meskipun sudah mulai dilupakan, ternyata masih banyak masyarakat yang menggunakan bata merah press. Sebenarnya, bata merah tidak lebih buruk kualitasnya dibandingkan dengan batako, jika ada perbedaan, itu hanya sedikit saja.

Banyak orang yang masih menggunakan bata merah karena harganya yang lebih terjangkau. Harga bata merah yang dipatok lebih murah karena proses pembuatannya yang tidak terlalu memakan biaya yang banyak.

Bata merah sendiri terbuat dari tanah liat yang di-press atau ditekan di dalam sebuah cetakan. Setelah dijemur beberapa hari hingga kering, bata tersebut kemudian dibakar dalam kurun waktu tertentu sehingga bisa menghasilkan balok yang keras dan cocok untuk bahan tembok/dinding.

Kelebihan Batako dan Bata Merah Press

Apa saja sih sebenarnya kelebihan dari masing-masing batako dan bata merah press?

1. Kelebihan Batako

  • Tahan air, tidak perlu cat anti bocor
  • Memiliki ukuran yang besar
  • Memiliki ukuran yang seragam dan lebih rapi
  • Memerlukan material perekat yang lebih sedikit

2. Kelebihan Bata Merah

  • Harga lebih ekonomis
  • Ukuran kecil, mudah diangkut
  • Hanya memerlukan bahan perekat yang simple
  • Tidak perlu tukang khusus untuk memasangnya

Harga Batako dan Bata Merah Press

Jenis MaterialHarga 
Bata Merah Press StandardRp 400/pcs
Bata Merah Press JumboRp 700/pcs
Batako PressRp 1.600/pcs

Sekarang kamu bisa menentukan, apakah pilih menggunakan batako atau bata merah press. Setiap material memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang disiapkan.