Siapa yang tidak familiar dengan bata merah? Ya, salah satu material ini masih sering digunakan hingga sekarang. Meskipun bermunculan aneka bata dengan keunggulan yang bermacam-macam seperti batako dan hebel, ternyata bata merah masih digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Bagi yang ingin membangun rumah dan bangunan lainnya dan butuh membeli bata merah, maka disarankan untuk update harga bata merah terbaru. Hal ini penting, agar tahu harganya dan bisa menyiapkan dana sesuai dengan jumlah bata merah yang ingin dibeli.

Memang, bata merah memiliki banyak keunggulan sebagai bahan material bangunan. Salah satunya adalah harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Makanya, jenis bata ini masih menjadi primadona hingga sekarang.

Mengenal Batu Bata dan Ukurannya

Batu bata merah
Batu bata merah (Source: pixabay.com)

Batu bata yang biasanya terbuat dari tanah liat dan diolah secara manual telah digunakan sebagai bahan bangunan sejak lama. Bata dibuat untuk membangun tembok sebuah bangunan, jumlah bata yang dipasang tergantung luas dari ruangan tersebut.

Pada awalnya, bata memang terbatas dari tanah liat saja yang selanjutnya dibakar hingga kematangan yang sempurna. Namun, berkat kemajuan teknologi, bata bisa terbuat dari bahan lain, bukan hanya tanah liat, misalnya saja semen untuk membuat batako.

Memang, ada material lain yang sudah digunakan untuk membuat dinding, namun bata masih sering digunakan. Bata memang memiliki banyak kelebihan, contohnya saja ketahanannya yang awet, kuat, murah, mudah didapatkan di pasaran dan masih banyak lagi.

Memilih kualitas batu bata sangat penting, karena bisa mempengaruhi kualitas bangunan. Beruntungnya, batu bata sudah memiliki standar ukuran sendiri, mengacu pada Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). Berikut ukuran batu bata sesuai dengan standar ISO:

UkuranLebarPanjangTinggi
M – 5a90 ± 3190 ± 465 ± 2
M – 5b100 ± 3190 ± 465 ± 2
M – 6a110 ± 4230 ± 552 ± 3
M – 6b110 ± 6230 ± 555 ± 3
M – 6c110 ± 6230 ± 570 ± 3
M – 6d110 ± 6  230 ± 580 ± 3

Di atas adalah beberapa ukuran batu bata sesuai standar ISO, namun bisa berbeda-beda penerapannya di lapangan, semua tergantung hasil industri dan pabrik. 

Namun, penyimpangan yang masih bisa ditoleransi adalah 3% dari ukuran panjang, 4% dari ukuran lebar dan 5% dari ketebalannya.

Berapa Sih Harga Bata Merah Saat Ini?

Harga batu bata merah terbaru
Harga batu bata merah terbaru (Source: pexels.com)

Di tengah-tengah serbuan batako, bata ringan, dan semacamnya, bata merah ternyata masih banyak permintaannya. Entah bagaimana, mungkin karena bata merah yang memiliki keunggulan, yang tidak ada di bata jenis lainnya.

Bata merah memang sudah terbukti kualitasnya, karena material bangunan ini telah digunakan sejak lama. Bisa dilihat sendiri, bahwa bangunan-bangunan lama bisa awet hingga sekarang. Jika pun butuh renovasi, itu merupakan hal yang wajar.

Jika tertarik untuk menggunakan bata merah, maka harus update tentang harganya terlebih dahulu. Ya, harga batu bata bisa berubah-ubah dan berbeda antara satu tempat dan tempat lainnya. Harganya juga dipengaruhi oleh inflasi dan faktor ekonomi lainnya, jadi harus tetap update.

Berikut penjelasan tentang harga batu bata merah:

1. Batu Bata Merah Kecil

Batu bata merah kecil berukuran 17 x 8 x 4 cm (PxLxT) dan biasanya dibanderol mulai dari Rp650 per biji, harga bisa berbeda tergantung daerahnya.

2. Batu Bata Merah Besar

Batu bata merah besar adalah bata merah yang memiliki ukuran 20 x 10 x 5 cm (PxLxT) yang dibanderol Rp950 per bijinya.

3. Batu Bata Merah Expose

Terakhir ada jenis bata merah expose, dengan ukuran yang lebih panjang dan lebar daripada bata merah kecil dan besar. Biasanya, batu bata merah jenis ini dibanderol sebesar Rp4.000 per bijinya.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah

Batu bata merah untuk bangunan
Batu bata merah untuk bangunan (Source: pixabay.com)

Sama seperti hal lainnya di dunia ini, bata merah memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum membelinya, penting untuk mengetahui keduanya.

1. Kelebihan Bata Merah

Bata merah memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Mudah dipasang oleh siapa saja (tidak perlu memiliki skill khusus).
  • Harga cenderung murah dan terjangkau.
  • Mudah didapatkan, persediaan banyak di pasaran.
  • Tahan lama terhadap suhu yang panas.
  • Tidak butuh bahan perekat khusus, hanya semen dan pasir sudah cukup.

2. Kekurangan Bata Merah

Namun begitu, bata merah juga masih memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan jenis bata lainnya, yaitu:

  • Ukuran yang tidak seragam alias sama persis, membuat proses pembangunan kurang rapi.
  • Waktu pemasangan yang lama.
  • Berat dan bisa mempengaruhi struktur pondasi.
  • Boros dalam penggunaan perekat.
  • Mudah dipengaruhi oleh suhu.

Perhatikan Hal di Bawah ini Sebelum Membeli Bata Merah

Perhatikan hal ini sebelum membeli batu bata merah
Perhatikan hal ini sebelum membeli batu bata merah (Source: pexels.com)

Selain harga, ada hal lain yang harus diperhatikan saat membeli bata merah, yaitu:

  • Cari bata merah yang berkualitas dan tidak rapuh, cara mengetesnya bisa dengan mengetuk bata merah. Jika keluar suara nyaring, maka bata merah tersebut baik kualitasnya.
  • Pilih bata merah yang memiliki warna terang dan merata (konsisten).
  • Rendam bata merah dalam air selama 24 jam, jika daya serap di bawah 20% dari berat kering, maka bata merah tersebut berkualitas dan layak dibeli.

Mencari informasi tentang harga bata merah terbaru sangat penting, apalagi jika Anda ingin membelinya. Ada tiga jenis bata merah dengan harga yang berbeda-beda, bisa pilih jenis bata merah sesuai dengan bujet dan kebutuhan.