Pernahkah Anda bingung ketika ditanya tentang ukuran untuk tempat tidur alias ranjang? Secara umum, ukuran tempat tidur memiliki sifat yang universal. Pemilihan ukuran yang tepat akan membantu Anda untuk beristirahat lebih lelap dan nyaman.

Jika Anda berencana membeli tempat tidur, penting mengetahui macam-macam size atau ukurannya. Pemilihan ini bisa didasarkan pada kebutuhan, apakah digunakan sendiri atau bersama dengan suami/istri, membuat kamar tidur susun, atau kamar anak. Tentu saja ukurannya juga akan menyesuaikan.

Ukuran Tempat Tidur

Berbagai macam ukuran tempat tidur
Berbagai macam ukuran tempat tidur (Gambar: fabelio.com)

Perhatikan tentang tata letak sebelum memutuskan membeli tempat tidur atau kasur baru. Jangan sampai luas ruangan tidak mencukupi untuk kasur yang sudah dibeli. Berdasarkan standar yang digunakan, pembagian ukuran kasur dapat dilihat di bawah ini:

Ukuran Tempat Tidur Single Bed

Contoh tempat tidur single bed
Contoh tempat tidur single bed (Gambar: arsitag.com)

Sesuai dengan namanya, single bed ini minimalis dan digunakan hanya untuk 1 orang saja. Ukuran ukuran tempat tidur single adalah 90×200 cm. Jenis tempat tidur ini biasanya digunakan untuk tempat kost. bisa pula sebagai pilihan ukuran tempat tidur tingkat pada kamar anak atau asrama polisi.

Ukuran Tempat Tidur Double Bed

Penampakan kasur double bed
Penampakan kasur double bed ( image : bukalapak )

Satu tingkat di atas single bed adalah double bed. Ukuran double bed ini adalah 120×200 cm. lebih besar dibandingkan dengan ukuran single. Untuk hotel dengan kamar tipe twin bed, juga menggunakan kasur ukuran ini.

Ukuran Tempat Tidur Queen Bed

Queen bed
Queen bed (Gambar: thebrick.com)

Ukuran kasur ini terbilang yang paling banyak digunakan. Queen bed memiliki ukuran 160×200 cm membuat kasur ini terlihat ideal. Tidak terlalu besar dan pas jika digunakan untuk 2 orang. Untuk kamar di rumah-rumah, kasur ini juga tidak banyak memakan tempat.

Ukuran Tempat Tidur King Bed

Tipe tempat tidur king bed
Tipe tempat tidur king bed (Gambar: thebrick.com)

King bed bisa dibilang sebagai ukuran kasur yang cukup besar. Dengan ukuran 180×200 cm pada king bed, tentunya Anda membutuhkan tempat yang cukup luas agar kasur ini bisa masuk. Biasanya yang menggunakan kasur ini adalah hotel atau juga rumah yang kamarnya luas.

Ukuran Tempat Tidur Super King Bed

Super king bed
Super king bed (Gambar: hotshoppa.com.au)

Kasur ini menjadi kasur yang paling besar dan berat di pasaran. Jenis ini sangat cocok digunakan pada kamar tidur utama yang luas dan besar. Ukuran super king bed biasanya 200×200 cm, sangat cukup untuk menampung 2 orang dan 1 anak tanpa merasa sesak.

Dilihat dari besar dan beratnya kasur jenis ini, biasanya pada bagian bawah kasur dilengkapi dengan kotak pegas. Tujuannya adalah agar mampu menahan bobot kasur yang berat. Kasur super king ini lebih banyak digunakan pada hotel dengan tipe kamar family room.

Istilah Lain dalam Ukuran Tempat Tidur

Selain ukuran standar tempat tidur yang telah dijelaskan di atas, terdapat pula ukuran kasur dengan sistem penomoran. Namun dalam ukuran ini hanya terdapat 4 nomor saja. Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan ukuran ini. Berikut adalah penjelasannya.

Ukuran Tempat Tidur No 1

Ukuran yang pertama adalah ukuran kasur nomor 1. Ukuran ini setara dengan king size yang memiliki panjang x lebar 180×200 cm. Anda bisa memiliki ukuran nomor ini untuk mengisi kamar tidur utama yang bisa digunakan oleh 2 orang dewasa.

Ukuran Tempat Tidur No 2

Ukuran selanjutnya adalah ukuran nomor 2. Kasur dengan ukuran ini memiliki selisih 20 cm lebih kecil dibandingkan ukuran nomor 1. Secara standar, kasur ini setara dengan tipe queen dengan ukuran 160×200 cm. Aplikasinya bisa menggunakan tempat tidur kayu atau ukiran.

Ukuran Tempat Tidur No 3

Ukuran kasur nomor 3 memiliki ukuran 120×200 cm. Di pasaran ukuran ini sama dengan jenis kasur double bed. Ukurannya pas digunakan untuk 1 orang dewasa dan tidak terlalu sempit. Kasur ini juga cocok untuk ukuran kamar tidur yang tidak terlalu luas.

Ukuran Tempat Tidur No 4

Ukuran terakhir adalah ukuran nomor 4. Setara dengan kasur tipe single bed, kasur ini memiliki ukuran 90×200 cm. Cocok untuk ukuran kamar tidur anak, baik single atau bertingkat. Pilihan ini juga banyak digunakan sebagai ukuran tempat tidur pasien.

Ukuran Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi tentunya berbeda dengan ranjang dewasa. Walaupun beberapa orang menidurkan bayinya bersamaan dengan orang tuanya di tempat tidur biasanya, namun tidak ada salahnya jika Anda memahami tentang ukuran box bayi sebagai berikut:

  • Ukuran 60×90 cm
  • Ukuran 70×120 cm
  • Ukuran 70×100 cm
  • Ukuran 60×120 cm

Pemilihan ukuran box bayi ini disesuaikan dengan kebutuhan dan ruangan yang Anda miliki. Selain memilih ukuran yang tepat, pemilihan bahan juga penting. Gunakan material yang aman untuk bayi dan tidak menimbulkan alergi agar bayi nyaman ketika tidur.

Box bayi biasanya memiliki 4 kaki yang harus kokoh dan tidak mudah patah. Kasur yang digunakan lebih baik memiliki ketebalan sekitar 8-15 cm yang terbuat dari busa tebal. Permukaannya sebagian besar menggunakan bahan tahan air agar mudah dibersihkan.

Pentingnya memahami ukuran tempat tidur atau ranjang yang Anda gunakan, akan memudahkan dalam mendapatkan beberapa kelengkapannya. Contohnya adalah ketika hendak membeli sprei kasur, kelambu, atau aksesoris lainnya.