Pada bulan Agustus tahun 2021, di Indonesia telah diresmikan peluncuran mobil Hyundai Staria. PT Hyundai Motors Indonesia atau HMID langsung membawa mobil tipe MPV ini ke Indonesia dalam dua jenis yaitu Signature 7 untuk kapasitas 7 penumpang dan Signature 9 (kapasitas 9 penumpang).

PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) lagi-lagi totalitas pada akhir bulan di tahun 2021, setelah merilis mobil SUV yaitu Santa Fe dan Palisade. Mobil MPV juga ikut dirilis. SungJong Ha selaku Presiden Direktur HMID ikut menyampaikan pernyataan.

Menurutnya, Hyundai akan setia memberikan pengalaman terbaik dalam berkendara pada semua pelanggan tercintanya di negara Indonesia dan negara lain. Anda pasti banyak bertanya-tanya  berapa sekiranya harga dan juga spesifikasi dari Hyundai Staria si MPV?

Baca Juga: Rekomendasi mobil MPV dengan pintu sliding

Hyundai membuktikan untuk terus memberikan produk dengan kualitas yang melebihi ekspektasi pelanggan seperti yang tercermin pada mobil tipe Staria dengan penawaran dalam taglinenya “Larger than Life. Tak hanya sebatas produk inovatif, tapi juga mendukung mobilitas para pelanggan.

Selain itu, kenyamanan dan keamanan tinggi juga dijadikan fitur penting dalam mobil ini agar pengendara dan penumpang lainnya dapat beraktivitas dengan baik dan maksimal. Sekarang mari simak lebih lengkap spesifikasinya dalam beberapa poin di bawah ini.

Harga Mobil Hyundai Staria

Tampilan luar Hyundai Staria
Tampilan luar Hyundai Staria (Source: liputan6)

Ketika bicara soal harga, memang untuk mobil yang dirancang dengan fitur dan desain canggih bak pesawat luar angkasa ini memiliki range harga yang fantastis yaitu mulai dari Rp800 juta hingga Rp1 M. Namun, jika dibandingkan dengan kenyamanan mobil sungguh sangat wajar.

Berikut detail harganya:

Namun, harga ini hanya berlaku untuk pemilik kendaraan pertama alias OTR dan hanya berlaku di kota Jakarta. Setiap daerah menawarkan harga mobil ini dengan bervariasi.

Spesifikasi Mobil Hyundai Staria 

1. Mesin Mobil Hyundai Staria

Dalaman mesin Hyundai Staria
Dalaman mesin Hyundai Staria (Source: kumparan.com)

Mobil Hyundai ini memang dikenal karena kecanggihan yang dimilikinya. Mesin yang digunakan pada Hyundai Staria juga sangat menunjang karena mengandalkan mesin diesel R2.2 VGT yang memiliki transmisi automatic 8 dengan percepatan Shift by Wire. 

Mesin dari Hyundai ini dapat memberikan performa hingga 117 pada rpm sebesar 3.800. Selain itu, torsi yang dimiliki bisa mencapai maksimal 430 Nm pada 1.500 hingga 2.500 rpm.

2. Desain Eksterior Hyundai Staria

Eksterior Hyundai Staria putih
Eksterior Hyundai Staria putih (Source: oto.detik.com)

Mobil ini memiliki desain tampilan yang ciamik dan menarik dipandang mata, tak heran membuat banyak orang terkagum.

Bagian menarik dari mobil Hyundai Staria adalah dari sisi eksterior mobilnya, di mana mobil ini memiliki desain yang ramping, clean, namun juga futuristik dan digadang mirip dengan pesawat luar angkasa. Selain itu, pada bagian fascia terdapat tampilan grille yang unik dan gagah.

  • Untuk bagian lampunya, mobil ini memiliki fitur LED DRL alias Daytime Running Lights yang dipasang horizontal pada bagian sisi kendaraan. Uniknya, untuk mempercanggih mobil ini juga ditambahkan dengan LED projector pada lampu depannya. Sangat ciamik!
  • Lalu pada bagian bawahnya, roda mobil alias alloy wheels memiliki ukuran 18 inci yang memiliki tema Dark Chrome dan juga Tinted Brass Chrome. Disematkan juga di grille bagian depan, cover spion bagian luar, gagang pintu, emblem dan rangka pada lampu depan.
  • Untuk warna cat eksterior yang ditawarkan oleh mobil Hyundai Staria ada berbagai macam sesuai selera Anda, di antaranya ada warna Abyss Black Pearl, Shimmering Silver Metallic, Creamy White hingga warna Abyss Black Pearl.
  • Sedangkan pilihan warna untuk desain interiornya ditawarkan dalam dua pilihan yaitu Brown two tone embroidered leather dan juga black one tone embroidered leather. Anda bisa memilih warna yang paling cocok dengan preferensi agar menjadi pilihan yang sesuai.

3. Desain Interior Hyundai Staria

Interior Hyundai Staria
Interior Hyundai Staria (Source: hyundaimobil.co.id)

Seperti dijelaskan sebelumnya, Hyundai Staria memiliki desain eksterior layaknya pesawat canggih luar angkasa. Tak hanya eksteriornya, interiornya juga karena dilengkapi dengan garis sabuk yang posisinya lebih rendah sehingga memberikan kesan lapang dan visibilitas.

Ketinggian dari kabin Hyundai Staria juga didesain kemudahan dan kenyamanan dengan premium. Bagian jendela belakang dari mobil ini juga memiliki desain yang lebar dan dikelilingi lampu belakang dengan posisi vertikal yang memanjang.

Selain itu, mobil MVP tipe Staria dirancang dengan konsep interior dengan nuansa premium lounge yang mewah. 

  • Pada bagian kursi pengemudi tampilan sisinya terlihat luxury karena terdapat TFT LCD Instrument Cluster sebesar 10,25 inci dan dilengkapi layar sentuh sebesar 8 inci.
  • Hyundai Staria juga memiliki fitur Radio, layar sentuh fascia tengah, streaming audio via Bluetooth, hingga tombol transmisi Shift by Wire. 
  • Ambience mood lights juga menghadirkan suasana interior yang nyaman dan menarik. Lampu ini menjadi penerang pada konsol, kokpit, pintu, dan bagasi.
  • Hal menarik lain, terdapat jendela panoramic pada kursi barisan kedua dan juga tirai yang dapat dibuka atau tutup dengan cara manual. Tirai tersebut diletakkan pada kursi baris ketiga dan kedua, sehingga privasi penumpang lebih terjaga. 
  • Untuk diperlengkap lagi, Hyundai Staria didesain dengan fitur Dual Sunroof yang memiliki mode slide dan tilting. Lalu, ada juga sistem untuk mengontrol udara agar sirkulasi di udara dapat dengan mudah difilter dengan HVAC melalui bagian belakang kendaraan.
  • Setiap tipe Hyundai Staria memiliki jumlah ventilasi yang berbeda, di mana tipe Signature 9 dilengkapi dengan jumlah 6 ventilasi. Sedangkan, tipe Signature 7 dilengkapi dengan ventilasi berjumlah 4 buah. 
  • Agar semakin ciamik, bahkan mobil ini memiliki BOSE sound system yang premium.
  • Dynamic Speed Compensation, port USB untuk charge handphone di semua barisan kursi, hingga Wireless Smartphone Charging. Pada mobil Signature 7, terdapat 5 port USB charge yang dapat digunakan, sedangkan Signature 9 memiliki 7 port USB charge.

4. Dimensi Pada Mobil Hyundai Staria

Hyundai Staria kapasitas kursi mobil
Hyundai Staria kapasitas kursi mobil (Source: hyundai.com)

Setelah berbicara tentang desain eksterior dan interior, mari kita bicara tentang dimensinya. Mobil Hyunda Staria memiliki dimensi yang diklaim terbesar karena pada kelasnya secara umum lebar menyeluruh yaitu 1.997 mm dan juga jarak tapak front wheel atau roda depannya sekitar 1.721 mm.

Memiliki luas yang berbeda, Mobil Hyunda Staria memiliki dimensi dengan lebar menyeluruh yaitu 5.253 mm dan juga jarak tapak front wheel atau roda depannya sekitar 3.273 mm. Selain itu, jarak tapak real wheel atau roda belakang sekitar 1.732 mm. 

Fitur Keamanan pada Hyundai Staria

Kenyamanan dan keamanan Hyundai Staria
Kenyamanan dan keamanan Hyundai Staria (Source: suara.com)

1. FCA (Forward Collision-Avoidance Assist)

Sistem keamanan dalam mobil tentu menjadi satu poin penting. Jika memiliki mobil ini tidak perlu khawatir karena dilengkapi dengan fitur keamanan canggih di antaranya FCA alias Forward Collision-Avoidance Assist yang akan menjadi pengingat risiko terjadinya tabrakan depan.

Sistem ini akan membantu pengereman otomatis jika Hyundai Staria hampir menabrak kendaraan atau pejalan kaki yang berada di posisi depan mobil. 

2. Blind Spot Collision Avoidance Warning

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan BC atau Blind Spot Collision Avoidance dan BCW atau Blind Spot Collision Avoidance Warning.

Fitur ini memiliki fungsi untuk menjadi pemantau dan pendeteksi kendaraan di belakang untuk menghindari terjadinya tabrak dari belakang, pengemudi akan diberikan peringatan. Rem juga akan secara otomatis digunakan. Sistem ini kini juga bisa digunakan saat parkir paralel.

3. Blind Spot View Monitor

Terdapat juga fitur khas yaitu BVM alias Blind Spot View Monitor yang akan membantu memantau area blind spot bagian belakang mobil. BVM ini biasanya dipasang pada panel cluster mobil. Fitur ini akan berfungsi apabila lampu sein aktif atau saat ingin berpindah jalur.

4. Safe Exit Assist dan Safe Exit Warning

Selain itu, ada juga fitur Safe Exit Assist dan juga Safe Exit Warning dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan yang terjadi apabila penumpang di barisan kursi kedua turun, namun ada mobil yang datang dari belakang.

5. RCCA dan RCCW

Tersedia pula fitur keselamatan yaitu RCCA atau Rear Cross Traffic Collision dan RCCW atau Rear Cross Traffic Collision Warning yang juga membantu untuk pemantauan kendaraan yang berada di belakang kiri atau kanan mobil. Nantinya akan muncul peringatan untuk memberikan informasinya.

6. Lane Keeping Assist

Selanjutnya, ada juga fitur Lane Keeping Assist pada Hyundai Staria yang juga menjadi pendeteksi pada kecepatan tertentu untuk marka jalan. Apabila keluar dari jalur, maka akan diberikan peringatan dalam bentuk audio dan visual.

Bahkan, roda kemudi juga akan diintervensi secara otomatis agar mobil tetap pada jalur. 

7. Lane Following Assist

Kemudian, Lane Following Assist akan berfungsi sebagai pengendali kemudi otomatis agar berada tetap di jalur. Hyundai Staria juga dilengkapi SVM alias Surround View Monitor.

Fitur ini berfungsi untuk menjaga pandangan 360 derajat dari seluruh kendaraan. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk memarkir di area yang cukup sempit sehingga tidak menabrak kendaraan lain atau tembok.

8. Smart Power Tailgate

Hal yang menarik lagi, Hyundai Staria juga dilengkapi fitur Smart Key serta Smart Power Tailgate. Pintu bagasi juga dirancang buka dan tutup otomatis saat ingin menyimpan barang di bagasi. Fitur lain juga meliputi Smart Power Sliding Door yang otomatis.

Banyaknya fitur dan desain canggih yang ditawarkan Hyundai Staria tentu sangat menarik. Semua bagian didesain untuk memudahkan mobilitas pengguna dan memberikan kenyamanan tertinggi. Apakah Anda tertarik untuk membelinya?