Berbicara tentang motor skuter retro, orang-orang pada umumnya menjatuhkan pilihan pada motor Vespa Matic.

Sayangnya, harga jual Vespa Matic bekas lumayan mahal, sehingga banyak orang merasa kesulitan untuk memilikinya.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkan impian untuk mengendarai motor skuter retro. Sebab, ada beberapa jenis motor mirip Vespa Matic yang tampilannya tidak kalah keren, namun harganya lebih terjangkau.

Inilah 10 Motor Yang Mirip Vespa Matic

Penasaran ingin mengetahui motor apa sajakah yang dimaksud? Yuk simak daftar motor mirip Vespa Matic yang tidak kalah keren di bawah ini.

1. Sym Attila Venus

Sym Attila Venus
Sym Attila Venus (Source : gridoto.com)

Jika hanya melihat motor ini sekilas dari jauh, besar kemungkinan Anda akan menyangka itu adalah motor Vespa. Sym Attila Venus memang termasuk salah satu motor yang terlihat paling mirip dengan Vespa. Skuter retro ini memiliki ciri khas berupa tameng di bagian depan yang terlihat membentuk huruf V.

Meskipun dibekali dengan mesin berkapasitas 125cc, kenyataannya motor ini hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Terutama jika Anda menggunakannya berkendara dalam kota saja.

Ada beberapa fitur andalan yang disematkan pada motor ini, di antaranya adalah answer back system dan smart idle stop system. Fungsi dari answer back system adalah membantu mendeteksi lokasi motor Anda, sedangkan fungsi dari smart idle stop system adalah membantu menghemat bahan bakar.

2. Honda Scoopy

Honda Scoopy
Honda Scoopy (Source : yamaha-motor.co.id)

Bagi pecinta motor skuter, tentu tidak asing lagi dengan Honda Scoopy. Motor ini bahkan pantas digelari dengan motor sejuta umat pecinta skuter disebabkan jumlah penggunanya yang sangat banyak di Indonesia.

Soal harga, Scoopy jauh lebih murah dibandingkan dengan motor Vespa, namun dengan nuansa retro yang apik serta dilengkapi dengan banyak fitur modern.

Bahkan pada seri terbarunya, All New Honda Scoopy dibekali dengan fitur keyless yang sudah terintegrasi dengan immobilizer. Dengan adanya fitur ini, tingkat keamanan motor ini mengalami peningkatan, sehingga tidak mudah dicuri.

Honda Scoopy juga dibekali dengan lampu depan yang menggunakan proyektor LED, di samping juga dibekali dengan USB charger dan alarm.

3. Yamaha Fino

Yamaha Fino
Yamaha Fino (Source : kompas.com)

Motor yang bernama Yamaha Fino ini merupakan skuter retro yang cukup familiar di Indonesia. Sampai sekarang masih dijual dan dianggap sebagai saingan terberat dari Honda Scoopy.

Dibandingkan Honda Scoopy, Fino terbukti memiliki power dan performa yang lebih besar disebabkan kapasitas mesinnya yang memang lebih besar, yaitu 125 cc. Tidak heran jika skuter retro besutan Yamaha ini sering menjadi pilihan para pecinta skuter yang ingin melaju lebih cepat di atas aspal.

Meskipun unggul dari segi mesin, Yamaha Fino dikalahkan oleh Scoopy dari segi fitur. Salah satu contohnya adalah kunci kontak Fino yang masih bersifat konvensional.

Selain itu, versi tertinggi All New Honda Scoopy sudah dilengkapi dengan kerangka eSAF. Kerangka inilah yang menjadikan Scoopy memiliki bodi yang lebih ringan dan menjadikannya lebih lincah ketika bermanuver di atas aspal.

4. Benelli Seta 125

Benelli Seta
Benelli Seta (Source : carousell.com)

Salah satu motor mirip Vespa Matic yang juga mengusung gaya skuter retro adalah Benelli Seta 125. Selama ini Benelli memang sudah dikenal sebagai produsen motor skuter retro di Indonesia. Secara umum, harga jualnya juga lebih murah dibandingkan Vespa Matic.  

Benelli Seta dibekali dengan motor 125cc dan masih menggunakan sistem karburator. Desainnya tergolong unik dan sedikit mengotak, namun tetap menampilkan kesan retro.

5. Suzuki Lets

Suzuki Lets
Suzuki Lets (Source : kompas.com)

Suzuki tentu tidak mau ketinggalan dalam memproduksi skuter retro. Oleh karena itu, Suzuki merilis skuter Lets! Pada masanya, skuter satu ini bahkan menjadi pesaing ketat bagi Honda Scoopy. Sayangnya, popularitas motor ini dari hari ke hari semakin redup, bahkan kini tidak ada lagi unit barunya yang dipasarkan di Indonesia.

Namun Suzuki Lets 2022 sudah dirilis di Jepang untuk versi terbarunya. Oleh karena itu, Anda bisa membeli versi bekasnya yang dijual dengan kisaran harga Rp 6 jutaan. Meskipun mesin yang diusungnya berkapasitas 110cc, performa standar motor ini tidak bakalan mengecewakan.

6. Honda Genio

Honda Genio
Honda Genio (Source : tempo.co)

Skuter retro yang satu ini memiliki basis yang mirip dengan Honda Scoopy. Hanya saja, Honda Genio dibekali dengan fitur yang lebih modern, salah satunya adalah panel instrument full digital yang disematkan padanya.

Motor Honda mirip Vespa Matic ini dibekali dengan mesin 110 cc dan juga dilengkapi dengan rangka eSAF. Secara visual, bodi Honda Genio lebih ramping dibandingkan Honda Scoopy.

7. Benelli Panarea

Benelli Panarea
Benelli Panarea (Source : kompas.com)

Motor mirip Vespa ini bernama Benelli Panarea. Desainnya tergolong unik dan ‘tidak pasaran’. Motor bernuansa retro ini dirilis di Indonesia pada masa pandemik melalui gelaran IIMS Hybrid tahun 2021 lalu.

Benelli Panarea dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc dan memiliki pendingin udara yang menggunakan sistem injeksi. Torsi yang dikeluarkannya maksimal 9 Nm pada 6.000 rpm dan menghasilkan tenaga maksimal 8.4 hp pada putaran 7.500 rpm.

8.Lambretta

Lambretta
Lambretta (Source : liputan6.com)

Lambretta memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Vespa. Itulah sebabnya sebagian orang sering mengiranya sebagai motor Vespa. Di sisi lain, motor ini memang sejak dulu dikenal sebagai pesaing berat motor Vespa.

Meskipun sempat meredup, popularitas motor Lambretta kembali meningkat setelah dikeluarkanya dua skuter terbaru, yaitu Lambretta V200 dan Lambretta V125. Sebagai pabrikan legendaris, tentu kualitas motor yang diproduksinya tidak perlu diragukan lagi. Lambretta memproduksi skuter pertama pada tahun 1947-an dan mulai memasuki pasaran Indonesia sekitar tahun 1950-an.

9. Peugeot Django

Peugeot Django
Peugeot Django (Source : kompas.com)

Mungkin sebagian dari Anda belum terlalu familiar dengan brand Peugeot. Brand ini memang lebih dikenal dengan pabrikan mobil. Meskipun demikian, ternyata Peugeot juga turut meramaikan pasar kendaraan roda dua dengan menghadirkan motor mirip Vespa, yaitu di tipe Django.

Hanya saja, skuter retro ini diproduksi dengan dimensi bodi yang lebih panjang, di samping jok yang lebih lebar. Tidak heran jika motor ini dianggap lebih nyaman daripada Vespa disebabkan jarak antara kaki dan paha yang terasa lebih pas saat dikendarai.

Peugeot Django memiliki seri skuter retro yang sangat terkenal, yaitu Django Classic dan Django SS. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada acara IIMS atau Indonesia International Motor Show yang digelar pada tahun 2015.

10. Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio
Yamaha Fazzio (Source : detik.com)

Banyak pecinta skuter mengatakan kalau Yamaha Fazzio memiliki kemiripan dengan Vespa. Jika dilihat sekilas, motor Blue Core Hybrid yang satu ini memang memiliki bodi yang mirip dengan Vespa.

Mesin yang disematkan padanya berkapasitas 125cc dan hadir dalam warna-warna unik yang tentunya sangat cocok dengan selera muda-mudi masa kini.

Harga jualnya tentu lebih murah dibandingkan dengan Vespa matic. Meskipun demikian, teknologi yang disematkan padanya tidak kalah dari Vespa, misalnya saja teknologi Stop & Start System dan Smart Motor Generation (SMG) yang menjadikannya lebih irit bahan bakar.

Itulah tadi daftar 10 motor mirip Vespa Matic yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan skuter retro dengan harga yang lebih murah. Semoga bermanfaat.