Mengendarai motor di musim hujan memiliki resiko yang tinggi. Bukan hanya resiko kehujanan, tetapi juga dikhawatirkan ban motor terselip karena licin sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda waspada dan berhati-hati ketika mengendarai motor di musim hujan.

Untuk meminimalisir resiko ban motor terselip, sebaiknya ban motor  Anda digantikan dengan ban motor untuk segala musim.

Saat ini sudah banyak merek ban yang terbukti kuat dan kokoh menapak di jalan saat musim panas dan musim hujan.

Ban Motor Terbaik di Semua Musim

Apa sajakah merek ban motor yang cocok digunakan di segala musim baik musim kemarau maupun musim hujan? Ulasan dari tim redaksi LacakHarga di bawah ini akan menjawabnya.

1. Ban IRC

Ban IRC
Ban IRC (Source : ujikokoh.com)

Salah satu merek ban motor untuk segala musim adalah IRC (Inoue Rubber Company). Bagi bikers Indonesia, merek yang satu ini sudah tidak asing lagi. Kualitasnya sudah sangat terkenal sehingga banyak yang menggunakannya.

IRC sendiri merupakan perusahaan dari Jepang yang saat ini sudah menyediakan banyak tipe ban motor yang bisa dipilih. Misalnya, ban motor untuk Yamaha R15, Honda CBR 150, Yamaha MT-15, dan yang lainnya.

Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena perusahaan tersebut dikenal baik reputasinya dalam hal memproduksi ban berkualitas. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengganti ban motor Anda dengan ban yang cocok di segala musim termasuk musim hujan, maka ban-ban merek IRC merupakan pilihan terbaik.

2. Ban Dunlop

Ban Dunlop
Ban Dunlop (Source : hargabulanini.com)

Merek ban selanjutnya yang juga termasuk salah ban yang cocok digunakan di segala musim termasuk musim hujan adalah Dunlop. Di Indonesia sendiri, ban Dunlop sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh bikers.

Dunlop sendiri merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1889 di kota Birmingham, Inggris. Kualitas dan ketangguhan ban Dunlop di segala cuaca dan musim mengantarkannya sebagai salah satu ban yang digunakan untuk mobil Formula 1 antara tahun 1958 hingga tahun 1970.

3. Ban Aspira

Ban Aspira
Ban Aspira (Source : moladin.com)

Merek ban motor yang satu ini juga tidak asing lagi di kalangan bikers Indonesia. Jenis ban yang diproduksi oleh Aspira sangat tangguh digunakan melintasi berbagai medan, termasuk jalan yang licin akibat hujan.

Selain tangguh, ban-ban yang diproduksi oleh Aspira memiliki keunggulan dari segi durabilitas serta daya jelajah yang jauh.

Jika Anda ingin mengganti ban motor kesayangan Anda dengan ban motor untuk segala musim, maka ban-ban yang diproduksi oleh Aspira merupakan pilihan yang tepat. Apalagi harga jualnya lumayan terjangkau. Sebagai contoh, ban jenis matic merek Aspira yang diberandol dengan kisaran harga Rp 159 ribu tergantung ukuran dan jenis ban.

4. Ban Corsa

Ban Corsa
Ban Corsa (Source : corsa-tire.co.id)

Jika Anda ingin menggunakan ban motor untuk segala musim dan diberandol dengan harga terjangkau, maka merek Corsa merupakan salah satu pilihan yang tepat. Corsa sendiri termasuk bagian dari PT Multistrada Arah Sarana yang juga dikenal sebagai produsen ban mobil Achilles.

Kualitas ban yang diproduksi oleh Corsa memiliki kualitas yang baik. Daya cengkram ban tersebut sangat kuat, baik kondisi jalan basah maupun kering. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika dikategorikan sebagai ban motor untuk segala musim.

5. Ban Michelin

Ban Michelin
Ban Michelin (Source : id.motor1.com)

Merek ban motor selanjutnya yang juga direkomendasikan bagi Anda yang lagi mencari ban yang cocok digunakan di segala musim adalah Michelin. Di Indonesia sendiri, produk-produk dari Michelin sudah cukup teruji.

Meskipun harga jualnya tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lain, pengguna motor matik di Indonesia sangat menyukainya. Alasannya, ketangguhan ban tersebut untuk melintasi berbagai medan sudah teruji. Belum lagi daya tahan ban tersebut sangat kuat, sehingga bisa lebih lama digunakan.

Salah satu contoh ban produksi Michelin yang terkenal adalah Pilot Street untuk Nmax. Ukuran yang tersedia adalah 120/70-13 inci dan 140/70-13 inci. Harga jualnya lumayan mahal, yaitu berkisar 500 ribu rupiah. Meskipun demikian, kualitas yang ditawarkan sebanding dengan harga jualnya.

6. Ban Pirelli

Ban Pirelli
Ban Pirelli (Source : moladin.com)

Salah satu merek ban yang direkomendasikan untuk penggunaan harian adalah Pirelli. Brand asal Italia ini memang dikenal dengan produk-produk premiumnya yang kerap menjadi pemasok ban kendaraan mewah.

Saat ini sudah banyak jenis ban motor yang diproduksi oleh Pirelli, terutama untuk motor matic. Kualitas dan daya tahannya sudah dibuktikan oleh banyak pengguna. Tidak heran jika ban Pirelli banyak digunakan oleh bikers di Indonesia.

Jika Anda mencari ban khusus untuk motor Nmax, Anda bisa menggunakan Pirelli Evo dengan ukuran lebih besar dari versi standar. Ban depan 120/70-13 dan belakang 140/60-13 inci. Soal harga memang lumayan mahal, karena Pirelli Evo untuk Nmax diberandol dengan kisaran Rp 500 ribu.

Sedangkan jika Anda mencari ban untuk segala musim khususnya musim hujan, Pirelli Angel Scooter merupakan pilihan yang tepat.

Itulah 6 rekomendasi ban motor untuk segala musim yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Tinggal pilih saja merek ban yang paling cocok dengan motor kesayangan Anda.