Setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi tidak hanya menghilangkan kenyamanan berkendara, tetapi juga membahayakan keselamatan orang-orang yang berada di dalam mobil tersebut. Salah sedikit, ban mobil selip dan mengakibatkan kecelakaan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab setir mobil bergetar dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, pastikan Anda membaca kelanjutan artikel di bawah ini sampai selesai.

Detail Ulasan Penyebab Setir Mobil Bergetar & Solusi Mengatasinya


Ada Beberapa Penyebab Setir Mobil Bergetar & Solusi Mengatasinya
Ada Beberapa Penyebab Setir Mobil Bergetar & Solusi Mengatasinya

1. Ban Tidak Seimbang

Ban termasuk salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, baik motor maupun mobil. Tanpa adanya ban, tentu kendaraan tidak bisa berjalan sama sekali. Maka dari itu, kondisi ban harus dipastikan selalu dalam keadaan baik dan layak.

Sayangnya, terkadang karena kondisi tertentu ban menjadi tidak seimbang. Bisa karena ukurannya di bawah standar atau tekanan angin ban kurang. Akibatnya, setir mobil terasa bergetar terutama pada saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Kondisi seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan berlangsung lama, karena bisa membahayakan keselamatan dan memperparah kerusakan mobil. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya dengan membawa mobil ke bengkel terdekat atau terpercaya.

2. Tidak Pernah Spooring dan Balancing

Terkadang penyebab setir mobil bergetar karena jarang melakukan perawatan spooring dan balancing. Padahal, kedua jenis perawatan mobil ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Dianjurkan untuk melakukan perawatan tersebut setelah mobil menempuh jarak 10.000 km.

Fungsi spooring adalah menyelaraskan posisi roda dengan setelan toe, camber, dan caster. Dengan begitu, mobil jadi lebih stabil ketika dikendarai.

Sedangkan fungsi balancing berfungsi adalah menyeimbangkan semua roda mobil, sehingga dapat berputar seimbang tanpa adanya getaran yang berlebihan.

Ban mobil yang belum pernah mendapat perawatan balancing lebih rentan mengalami kerusakan. Sehingga, hal tersebut kemungkinan besar akan menjadi penyebab setir mobil setir mobil bergetar.

3. Kaki mobil Aus atau Rusak

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan setir mobil bergetar ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi selanjutnya dikarenakan adanya kerusakan atau keausan di bagian kaki-kaki mobil, semisal ball joint, rack steer, tie rod dan long tie rod.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti komponen yang rusak atau aus tersebut dengan sparepart lain yang masih bagus. Lebih bagus lagi jika Anda menggantikannya dengan sparepart yang orisinil dan baru.

4. Kondisi Velg Ban Mobil

Jika Anda merasa setir mobil bergetar saat dikendarai, coba cek kembali kondisi velg ban mobil Anda karena kemungkinan ada bagian penyok. Sebab velg mobil yang penyok bisa menjadikan putaran roda tidak stabil, sehingga setir mobil pun bergetar.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti velg mobil yang penyok tersebut dengan velg baru. Jika tidak segera diganti, tentu akan sangat berbahaya ketika mengendarai mobil dengan kondisi velg yang penyok.

5. Bearing atau Laher Sudah Aus

Terkadang setir mobil bergetar disebabkan juga oleh kondisi bearing atau laher roda bagian depan yang sudah aus. Akibatnya, komponen tertentu di mobil tidak mampu bekerja secara maksimal dapat menyangga beban mobil.

Laher yang aus juga bisa mengakibatkan beberapa komponen mobil lainnya ikut rusak. Misalnya, joint, bushing arm, tierod, atau yang lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin untuk bearing dan laher agar tidak cepat aus.

Anda juga bisa memberikan pelumas untuk bearing dan laher menggunakan grease agar timbulnya gesekan antar komponen dalam mobil yang dapat membuatnya cepat aus bisa diminimalisir.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Start Awal

Ada Beberapa Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Start Awal
Ada Beberapa Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Start Awal

Setir mobil bergetar tidak hanya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, tetapi juga saat start awal. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui apa saja penyebab hal tersebut. Berikut detailnya :

1. Setelan Mesin Kurang Pas

Salah satu penyebab setir mobil bergetar saat start awal adalah setelan mesin kurang pas, yang mengakibatkan putaran mesin jadi tidak stabil.

Untuk memastikan setelan mesin yang kurang pas, coba perhatikan pergerakan revolutions per minute (RPM). Jika RPM bergerak tidak stabil, pertanda setelan mesin mobil kurang pas. Penyebabnya bisa karena kesalahan tune up atau komponen mesin yang mulai lapuk dan aus.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mendatangi bengkel terdekat mengecek komponen mana saja yang perlu diperbaiki atau diganti.

2. Gangguan Pada Injektor

Terkadang setir mobil yang terasa bergetar saat start awal disebabkan adanya masalah pada injektor, seperti injektor yang kotor atau tersumbat. Diketahui bersama kalau injektor berfungsi untuk mengeluarkan bahan bakar.

Ketika injektor kotor dan tersumbat, tentu bahan bakar yang dikeluarkan darinya tidak bisa maksimal, yang menyebabkan proses pembakaran terhambat. Akibatnya, muncul getaran pada setir mobil saat start awal.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan injektor secara rutin dan tidak lupa untuk melakukan kalibrasi agar tekanan tetap stabil.

3. Busi Aus

Busi yang sudah aus mengakibatkan percikan api menjadi lemah dan pembakaran di ruang bakar pun berkurang. Akibatnya, mobil bergetar saat start awal.

Untuk mengatasi kendal di atas, gantilah busi yang sudah aus. Disarankan untuk mengganti semua busi sekaligus untuk menghindari terulangnya masalah yang sama di kemudian hari.

4. Engine Mounting Bermasalah

Gangguan terjadi pada engine mounting juga dapat mengakibatkan mobil bergetar saat start awal. Ketika engine mounting bermasalah, getaran yang ada bahkan terasa sampai di dalam kabin mobil. Sebab, mounting sendiri merupakan komponen peredam getaran mesin agar tidak terasa sampai ke kabin.

Jika gangguan seperti itu terjadi, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti bantalan karet yang pecah atau mengencangkan baut yang kendor.

5. Kinerja Piston yang Buruk

Kinerja piston yang buruk juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat start awal. Hal tersebut seringkali diakibatkan oleh usia mobil yang sudah tua. Selain itu, cara penggunaan mobil yang kurang hati-hati juga bisa mengakibatkan piston aus.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti piston mobil Anda. Sebab, jika gangguan tersebut dibiarkan terus menerus, dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm

Setir Mobil Bergetar Saat Direm
Ada Beberapa Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm

Selain setir bergetar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi atau saat start awal, terkadang setir mobil bergetar saat mobil direm. Setidaknya ada 2 hal yang menyebabkan kondisi tersebut, yaitu :

1. Rotor Rem Sudah Menipis

Rotor termasuk salah satu komponen penting penyusun sistem pengereman mobil. Jika rotor rem sudah tipis, akan mengakibatkan komponen pengereman lainnya tidak dapat bekerja secara normal. Akhirnya, timbullah getaran yang bisa dirasakan pada setir mobil.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan mengganti rotor yang mulai menipis tadi.

2. Shockbreaker Bagian Belakang Rusak

Terkadang yang menjadi penyebab setir mobil bergetar ketika direm adalah shockbreaker bagian belakang yang rusak. Sebagaimana yang diketahui bersama, shockbreaker merupakan komponen mobil yang fungsinya sebagai peredam guncangan-guncangan yang dihasilkan ketika mobil melalui jalan bergelombang.

Shockbreaker yang rusak akan mengakibatkan segel piston menjadi longgar, sehingga cairan yang terdapat di dalam silinder jadi ikut keluar. Akibatnya, setir mobil terasa bergetar saat melakukan pengereman. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu mengganti shockbreaker rusak tadi.

3. Guide Pin Mengering

Guide pin juga termasuk salah satu komponen penting penyusun sistem pengereman mobil. Fungsinya untuk menyalurkan energi gerak dari pedal rem ke rotor agar sistem pengereman bisa bekerja.

Jika guide pin mengering, energi gerak jadi tidak bisa tersalurkan ke rotor, sehingga setir mobil bergetar ketika direm.

Itulah tadi beberapa penyebab setir mobil bergetar dan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Anda bisa melakukan cara-cara yang disebutkan di atas jika suatu saat mobil Anda mengalami masalah serupa.