Budget yang terbatas merupakan kendala terbesar bagi sebagian orang saat ingin membangun rumah. Terlebih lagi bagi orang dengan keterbatasan finansial, butuh waktu puluhan tahun mengumpulkan dana untuk bisa membangun rumah.

Karena budget yang tidak mencukupi, keinginan untuk memiliki rumah impian terpaksa harus ditunda. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips membangun rumah dengan biaya murah yang bisa Anda terapkan.

5 Tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah

Gambar Tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah
TIps Membangun Rumah Impian Anda dengan Biaya Murah

Lantas apa sajakah tips membangun rumah dengan biaya rumah? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Tentukan Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan

Saat ingin membangun rumah, sebaiknya tentukan ukuran rumah yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Setelah itu, tinggal sesuaikan dengan kondisi anggaran yang dimiliki. Jika baru mau membeli tanah, luas tanah yang ingin dibeli hendaknya juga mengikuti kebutuhan.

Jangan memaksakan untuk membuat rumah berukuran besar jika budget Anda terbatas. Terlebih lagi jika anggota keluarga Anda tidak terlalu banyak. Untuk pasangan dengan dua orang anak, rumah tipe 50/60 sudah sangat ideal.

Jika Anda memaksakan untuk membuat rumah berukuran luas melebihi kebutuhan, proses pembangunan rumah sampai selesai akan memakan waktu yang sangat lama. Semakin lama selesai, berarti semakin lama pula Anda tinggal di rumah sendiri.

Demikian pula saat memilih lahan untuk membangun rumah, tidak melulu Anda harus membeli yang lokasinya di pusat kota.

Jika Anda seorang karyawan dan bukan pebisnis, lokasi tanah di luar kota bukan pilihan yang buruk. Sebab, nantinya Anda bisa berangkat dari rumah yang berlokasi di luar kota menuju tempat kerja menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

2. Survey Harga Bahan Bangunan

Saat membangun rumah, keberadaan material bahan bangunan memegang peranan yang sangat penting. Seringkali proses pembangunan rumah terhenti dikarenakan biaya pembelian material sudah habis. Terlebih lagi jika terjadi pembengkakan biaya pembelian material yang tidak terduga.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey bahan bangunan ke beberapa toko bahan bangunan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan perbandingan harga untuk menentukan lokasi pembelian yang paling tepat.

Setiap toko tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Tapi ingat, tidak selamanya Anda harus terpaku pada harga yang paling murah. Dalam hal ini, biaya transport juga penting untuk diperhatikan. Sebab, terkadang sebuah material dianggap mahal meskipun harga jualnya murah, disebabkan besarnya biaya transport yang dibutuhkan.

3. Selektif Memilih Tukang Bangunan

Ketika ingin membangun rumah, tentu Anda membutuhkan jasa tukang bangunan. Dalam hal ini, Anda mesti selektif dalam memilih tukang bangunan. Tentu Anda tidak ingin pembangunan rumah impian Anda mengalami kendala akibat tukang bangunan yang tidak terpercaya bukan?!

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tukang bangunan yang terpercaya dan profesional. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terkena penipuan atau menerima hasil pembangunan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan.

Tidak ada salahnya jika Anda meminta masukan dari tukang bangunan tersebut terkait dengan pembangunan rumah Anda. Pengalaman yang didapatkannya selama bertahun-tahun menjadikan tukang bangunan tersebut memiliki keahlian untuk memberikan solusi terbaik yang Anda butuhkan.

Sebaiknya Anda menggunakan jasa tukang bangunan borongan. Dengan sistem tersebut, proses pembangunan rumah Anda bisa selesai lebih cepat. Tentu pengawasan ketat dari Anda selaku pemilik rumah.

4. Membangun Rumah Secara Bertahap

Berat untuk Membangun Rumah Secara Langsung? Bahan Perlahan Saja

Jika budget yang Anda miliki tidak mencukupi untuk membangun rumah sampai selesai, tidak ada salahnya jika Anda membangunnya secara bertahap. Tinggal tentukan bagian mana yang pertama kali akan dibangun.

Jika Anda ingin menempati rumah tersebut dalam waktu dekat meskipun masih dalam tahap pembangunan, Anda bisa mulai membangun bagian dapur.

Dapur di sini posisinya di bagian belakang rumah dengan penambahan satu kamar. Ketika dapur selesai, Anda sudah bisa menempati rumah tersebut sambil membangun bagian lainnya secara bertahap.

Anda juga bisa mulai membangun bagian badan rumah dan atap untuk tahap pertama. Nanti tahap berikutnya dilakukan setelah Anda memiliki tambahan budget. Meskipun penyelesaian pembangunan rumah memakan waktu lama, Anda tidak perlu mengkhawatirkan bangunan yang rusak karena sudah ada atapnya.

5. Gunakan Material Lokal

Agar pembangunan rumah impian Anda tidak memakan banyak biaya, sebaiknya gunakan material lokal saja. Sebab, harga material lokal lebih murah dibandingkan harga material luar negeri. Di sisi lain, material lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dari kualitas material luar negeri.

Selain lebih murah, material lokal lebih mudah ditemukan di toko-toko bangunan atau supermarket alat-alat bangunan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh material kapanpun Anda butuhkan.

Itulah 5 tips membangun rumah dengan biaya rumah yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Budget yang terbatas seharusnya tidak menghalangi Anda untuk membangun rumah impian. Terapkan saja tips-tips di atas.