Sebelum membeli jenis mobil tertentu, sebaiknya Anda mempertimbangan tujuan utama dari penggunaan mobil tersebut. Jika tujuannya untuk transportasi bersama anggota keluarga yang jumlahnya banyak, sebaiknya Anda memilih jenis mobil travel.

Mengapa harus mobil travel? Jawabannya karena ukuran kabin mobil tersebut cukup luas untuk memuat semua anggota keluarga, di samping cukup tangguh dikendarai ketika melakukan perjalanan jauh.

Lantas apa sajakah jenis mobil yang cocok dijadikan sebagai mobil travel? Yuk simak daftar mobilnya di bawah ini.

Inilah 10 Mobil Travel Terbaik di Indonesia yang Direkomendasikan

1. Suzuki APV

Suzuki APV
Suzuki APV (Source : cekpremi.com)

Pilihan mobil travel pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah Suzuki APV. Tentu Anda tidak asing lagi dengan mobil ini bukan? Sebagai salah satu jenis mobil MPV, tentu kapasitas penumpangnya cukup besar, yaitu mencapai 9 orang.

Bagi pasutri yang memiliki lima orang anak, jenis mobil ini merupakan pilihan yang tepat untuk mobil keluarga. Terlebih lagi kapasitas bagasinya cukup besar, dapat memuat beberapa koper ke dalamnya.

Saat ini Suzuki APV dijual dengan kisaran harga Rp160 juta hingga 210 juta.

2. Nissan Evalia

Nissan Evalia
Nissan Evalia (Source : cekpremi.com)

Pilihan lain untuk mobil yang cocok dijadikan sebagai mobil travel adalah Nissan Evalia. Kapasitas penumpangnya lumayan besar, yaitu mencapai 8 orang. Sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga bagi pasutri yang memiliki banyak anak.  

Mobil ini menggunakan pintu geser, sehingga kapanpun bisa dimodifikasi sebagai mobil camping saat ingin menikmati masa-masa libur dengan melakukan camping bersama keluarga.

Saat ini Nissan Evalia dijual dengan kisaran harga Rp177 juta. Harganya lumayan terjangkau untuk kebutuhan kendaraan bersama keluarga.

3. Daihatsu Luxio


Daihatsu Luxio
Daihatsu Luxio (Source : cekpremi.com)

Mobil yang satu ini juga digolongkan ke dalam mobil MPV, sama seperti Suzuki APV yang disebutkan sebelumnya di atas. Kapasitas penumpangnya juga lumayan besar, mencapai 8 orang penumpang.

Mesin yang disematkan padanya berspesifikasi 3SZ-VE DOHC VVT-i dan menggunakan sistem pendinginan menggunakan air. Karena ukurannya lumayan besar, mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga sekaligus mobil traveling.

Soal harga jual, saat ini Daihatsu Luxio dijual dengan kisaran harga Rp199 juta.  

4. Toyota Avanza

Toyota Avanza
Toyota Avanza (Source : cekpremi.com)

Rekomendasi mobil travel selanjutnya adalah Toyota Avanza. Mobil yang digelari sebagai ‘mobil sejuta umat’ ini memang memiliki ukuran kabin yang lumayan luas. Dalam hal ini, kapasitas penumpangnya mencapai 7 orang.

 Keunggulan lain dari Toyota Avanza tidak saja terletak pada harganya yang murah, tetapi juga sparepart dan service center untuk mobil ini mudah ditemukan. Bagi pasutri yang memiliki 5 orang anak, mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga dan mobil travel.  

Soal harga jual, saat ini Daihatsu Luxio dijual dengan kisaran harga Rp180 juta.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi Toyota All New Avanza 2021

5. Suzuki Ertiga


Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga (Source : suzuki.co.id)

Mobil yang dikenal dengan nama Suzuki Ertiga ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga sangat cocok digunakan sebagai transportasi pribadi di dalam kota.

Ukuran kabin mobil ini lumayan luas dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang, termasuk ruang kosong di bagian belakang sebagai bagasi. Oleh karena itu, mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil travel.

Harga jual Suzuki Ertiga masih tergolong murah yaitu berkisar Rp200 juta, meskipun masih lebih mahal dibandingkan mobil travel lainnya di atas.

6. Hyundai H-1

Hyundai H-1
Hyundai H-1 (Source : hyundaimobil.co.id)

Pilihan mobil travel lainnya yang juga cocok dijadikan kendaraan harian keluarga adalah Hyundai H-1. Mobil ini sangat cocok bagi keluarga besar karena kapasitas penumpangnya mencapai 10-12 orang.

Ada dua tipe yang ditawarkan di pasaran, yaitu bensin theta 2 dan diesel. Kedua tipe tersbut cocok dijadikan sebagai mobil travel dan masing-masing dilengkapi dengan fitur hiburan yang mumpuni seperti sistem audio dan koneksi bluetooth. Dengan begitu, perjalanan jauh Anda dan keluarga jadi tidak terasa membosankan.

Harga jual Hyundai H-1 berkisar Rp500 juta lebih. Harganya lumayan mahal, karena mobil ini memang tergolong mobil mewah.

Baca Juga: Hyundai Staria: Spesifikasi & Harga yang Ditawarkan

7. Toyota Alphard

Toyota Alphard
Toyota Alphard (Source : toyota.astra.co.id)

Semua orang tentu sudah kenal dengan mobil MPV premium yang satu ini. Faktanya, Toyota Alphard memang termasuk salah salah satu mobil travel mewah paling laris di Indonesia saat ini.

Alasan harganya sangat mahal disebabkan beragam keunggulan mobil ini. Selain ukuran kabin yang luas dan mampu menampung 8-10 orang penumpang, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur premium, multimedia yang lengkap, serta sistem keamanan yang tinggi.

Mobil ini juga memiliki jaringan bengkel Toyota yang tersebar di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal urusan purnajual.

Soal harga tentu sangat mahal, namanya juga mobil mewah. Tidak heran jika harganya mencapai Rp 1 miliar lebih.

Baca Juga: 5 Daftar Mobil Mewah di Indonesia, Anda Pilih Mana?

8. Mercedes Benz V Class

Mercedes Benz V Class
Mercedes Benz V Class (Source : mercedes-benz.co.id)

Pilihan mobil travel lainnya adalah Mercedes Benz V-Class. Mobil keluarga ini memiliki ukuran kabin yang lumayan luas karena mampu menampung hingga 7-8 penumpang. Tidak jauh berbeda dengan BMW dan Peugeot, Mercedes Benz V-Class juga termasuk dalam golongan MPV mewah.

Dari segi desain, Mercedes Benz V-Class terlihat mewah khas Mercedes Benz. Sementara fitur-fitur canggih yang disematkan padanya sangat banyak, di antaranya adalah sistem multimedia dan cool box yang bisa digunakan untuk meletakkan minuman agar tetap dingin.

Soal harga jual, mobil ini tergolong mahal layaknya mobil mewah lainnya. Untuk memberandolnya, Anda mesti mengeluarkan biaya berkisar Rp1,5 miliar.

9. Peugeot Traveller

Peugeot Traveller
Peugeot Traveller (Source : mobil123.com)

Mobil mewah yang yang bernama Peugeot Traveller memang termasuk salah satu mobil travel terbaik pada segmen MPV mewah. Mesin yang disematkan padanya berupa BlueHDi Euro 6 yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 180 HP dengan torsi 400 Nm.

Tidak heran jika mobil ini mampu melaju dalam kecepatan tinggi dan tangguh dikemudikan untuk perjalanan jauh.

Ukuran kabin Peugeot Traveller tergolong luas karena mampu menampung hingga 10 orang penumpang. Penyebabnya tidak lain karena dimensi mobil yang tergolong panjang, yaitu mencapai 3 meter.

Soal harga jual, mobil mewah yang satu ini bisa dibanderol dengan kisaran harga Rp800 juta lebih. Harganya tentu sudah sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang disematkan pada mobil mewah ini.

10. Hyundai Staria

Hyundai Staria
Hyundai Staria (Source : oto.com)

Kehadiran MPV premium yang bernama Hyundai Staria ini memang mengejutkan dunia otomotif. Sontak mobil yang memang didesain sebagai mobil keluarga dan travelling ini langsung diperbincangkan dengan hangat berkat desainnya yang cukup unik, terutama di eksterior bagian depan.

Desainnya yang ‘out of the box’ seakan menyiratkan kalau mobil ini berasal dari masa depan. Ukuran kabinnya cukup luas, karena mampu menampung hingga 7-9 penumpang. Bagasi berukuran lumayan besar, cocok digunakan untuk bepergian jauh bersama keluarga.

Soal harga juga, mobil mewah yang satu ini dibanderol dengan kisaran harga Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Lumayan mahal memang, tapi desainnya menjadikan Anda serasa mengendarai mobil masa depan.

Itulah tadi 10 rekomendasi mobil travel yang cocok digunakan sebagai kendaraan keluarga dan travelling. Tinggal pilih saja manakah di antara daftar mobil di atas yang paling sesuai dengan selera dan budget yang Anda persiapkan.

Baca Juga: Mobil SUV Terbaik dan Ternyaman untuk Keluarga