Ada beberapa hal yang harus dipikirkan ketika ingin mencari hunian. Mencari sebuah rumah idaman tidak hanya berdasarkan 4L saja, alias lokasi, lokasi, lokasi, dan lokasi. Banyak hal lain yang harus dipikirkan ketika ingin mencari rumah yang nyaman untuk keluarga.

Memiliki rumah idaman merupakan impian banyak orang, yang sayangnya cukup sulit untuk diwujudkan, mengingat harganya yang tidak murah. Nah, untuk kamu yang sudah siap secara finansial, bisa menyimak tips mencari rumah idaman di bawah ini.

Tips Mencari Rumah Idaman

Berikut adalah beberapa tips dalam mencari rumah idaman untuk Anda dan keluarga.

1. Tentukan Rumah yang Diinginkan

Pertama, pikirkan rumah idaman yang bagaimana yang kamu mau, mulai dari ukuran rumah, jumlah ruangan/kamar tidur, hingga berapa orang yang akan meninggalinya. Setelah tahu bagaimana rumah yang kamu inginkan, akan ditemukan berapa kisaran dari harga rumah tersebut.

Setelah mengetahui harganya, kamu bisa menyimpulkan apakah kamu sudah mampu untuk mendapatkannya. Hal ini juga akan membantumu membuat strategi menabung yang tepat, jika tidak ingin mendapatkan rumah tersebut dengan cara mencicil.

2. Tentukan Cara Membeli Rumah

Tips mencari rumah idaman selanjutnya adalah membuat rencana bagaimana cara mendapatkan rumah tersebut, apakah dengan membayar secara cash atau kredit. Jika cash, kamu akan langsung memiliki rumah tersebut tanpa harus mencicil bertahun-tahun.

Masalahnya, membeli rumah secara cash cukup sulit, apalagi jika tidak memiliki tabungan yang banyak sebelumnya. Jika belum punya tabungan yang cukup dan harus menunggu, harganya bisa-bisa naik berkali-kali lipat.

Beda jika membeli dengan cara kredit, kamu hanya harus membayar uang muka saja. Risikonya adalah harus membayar hutang selama bertahun-tahun hingga lunas. Jika tidak mampu melunasinya, ada kemungkinan rumah tersebut diambil oleh developer.

Intinya, tentukan sendiri bagaimana cara membayar rumah idaman sesuai kapasitas finansial kamu. Membeli secara kredit juga tidak masalah, pastikan saja kamu mampu membayar cicilannya hingga lunas.

3. Legalitas

Tips penting untuk mendapatkan rumah idaman berikutnya adalah memastikan legalitas dari rumah tersebut. Karena itu, usahakan untuk mencari rumah yang sudah memiliki status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Hal ini penting, khususnya jika kamu ingin menggunakan KPR untuk mendapatkan rumah idaman. Ya, bank hanya mau membiayai KPR rumah yang sudah memiliki SHM dan SHGB. Perhatikan dua status ini juga ketika kamu ingin membeli rumah secara cash ya.

4. Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, memilih rumah berdasarkan lokasi memang penting. Jangan tergiur dengan harga yang miring karena bisa-bisa lokasinya jauh dan sulit diakses. Yang ada, rumah tersebut tidak jadi idaman, karena bisa mendatangkan berbagai kesulitan dan ketidaknyamanan.

Karena itu, carilah hunian yang memiliki lokasi strategis, dengan mempertimbangkan 3 hal, yaitu:

  • Cocok peruntukannya.
  • Akses mudah.
  • Prospektif.

Jangan sungkan juga untuk mencari informasi, terutama tentang prospek perumahan tersebut di masa yang akan datang. Pertimbangkan juga perkembangan pembangunan infrastruktur semisal fasilitas umum, tata ruang wilayah, dan lain sebagainya.

5. Lingkungan

Selain lokasi, memilih rumah idaman berdasarkan lingkungan juga penting. Contohnya saja kamu masih memiliki anak-anak kecil, usahakan memilih rumah dengan warga yang memiliki anak seumuran. Jangan memilih perumahan yang mayoritas penghuninya pensiunan.

Perhatikan juga keamanan dari perumahan tersebut, apakah dekat dengan jalan raya ataukah lebih menjorok ke dalam. Rumah yang dekat dengan jalan raya dirasa kurang aman, terutama jika kamu memiliki anak kecil.

Pastikan juga di lingkungan perumahan tersebut dekat dengan sarana dan prasarana, seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, hiburan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

Hal lain terkait lingkungan rumah yang harus kamu pertimbangkan adalah:

  • Keasrian suasana rumah
  • Lebar jalan
  • Sistem drainase
  • Sanitasi
  • Potensi terjadi banjir

Lingkungan yang baik dan ideal akan membuatmu memiliki rumah idaman. Intinya, kedepankan kenyamanan jika ingin mencari rumah, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu. Jangan sampai memilih lingkungan yang buruk, yang tidak nyaman untuk kamu dan keluarga.

6. Logika

Jangan lupa untuk selalu mengandalkan logika ketika ingin membeli sebuah rumah. Tetap berpikir waras dan memiliki logika yang lurus sangat penting, karena pihak pengembang akan berusaha keras untuk meyakinkanmu membeli rumah yang mereka kembangkan.

Jangan salahkan mereka, karena mereka harus membuat penawaran yang bombastis agar calon pembeli tertarik untuk membeli rumah tersebut. Hal yang harus kamu lakukan hanyalah jangan langsung percaya dengan mereka dan usahakan untuk bersikap kritis.

7. Pilih Developer dengan Track Record Bersih

Terakhir, usahakan untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya ketika ingin membeli sebuah rumah, salah satunya adalah mencari tahu tentang developer. Ya, kamu bisa memilih developer dengan rekam jejak yang baik dan terbukti menyediakan hunian idaman.

Developer yang baik meminimalisir terjadinya gagal bangun, wanprestasi, penipuan, kualitas bangunan buruk, hingga fasilitas rumah yang jelek. Kamu bisa mencarinya di internet atau tanya-tanya saudara yang telah berpengalaman.

Pahami dan praktikkan tips mencari rumah idaman di atas, sehingga kamu berhasil mewujudkannya. Mendapatkan rumah idaman memang tidak mudah, terutama soal harga. Namun sekarang sudah ada KPR, jadi manfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.