Membeli mobil bekas murah seringkali menjadi pilihan karena banyak alasan, seperti baru bisa menyetir, sebagai mobil pertama, atau memang ingin berhemat. 

Jangan khawatir, meskipun disebut mobil bekas namun tidak sedikit mobil bekas yang masih memiliki kualitas bagus. Apalagi harga mobil bekas jauh lebih terjangkau ketimbang mobil baru. 

Walaupun hanya dipakai beberapa tahun saja, namun mobil bekas bisa memiliki harga setengah dari harga barunya. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih senang membeli mobil bekas.

Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah 30 Juta

Bagi kamu yang sedang mencari mobil bekas yang sangat murah, maka kamu wajib tahu daftar mobil bekas dengan harga di bawah 30 juta yang bisa dibeli. Mobil seperti ini cukup laris dan diminati karena memiliki nilai lebih tersendiri. Nah, berikut beberapa mobil bekas dengan harga di bawah 30 juta terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Honda Accord Prestige

Honda Accord Prestige
Honda Accord Prestige (Gambar: otosite.net)

Honda Accord Prestige pastinya tidak asing lagi bagi pecinta mobil tua, dimana banyak yang mencari mobil ini karena desainnya yang klasik. Siapa sangka mobil tahun 90-an ini memiliki harga yang sangat murah, yaitu di bawah 30 jutaan saja.

Salah satu seri dari Honda Accord ini memang membawa kesan tua tetapi bukan berarti mobil Honda Accord Prestige hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja. Namun, tak jarang Honda Accord Prestige banyak dicari anak muda sebagai mobil klasik kekinian.

2. Daihatsu Espass

Daihatsu Espass
Daihatsu Espass (Gambar: wikipedia.org)

Bagi kamu yang mencari mobil keluarga dengan harga di bawah 30 jutaan, cobalah untuk melirik mobil Daihatsu Espass. Mobil ini masih banyak dijumpai di pasaran dengan harga yang bervariasi tergantung tahun dan kondisinya.

Akan tetapi, secara garis besar Daihatsu Espass tersebut masih sangatlah recomended untuk digunakan di zaman sekarang sekalipun. Layanan purna jual Daihatsu di Indonesia hingga saat ini pun masih terkenal cukup bagus.

3. BMW E30 Tipe Tertentu

BMW E30 M40 sekarang dijual dengan harga yang sangat murah
BMW E30 M40 sekarang dijual dengan harga yang sangat murah (Gambar: olx.co.id)

Pecinta BMW tentunya sangat excited saat mendengar mobil BMW E30 M40 tahun tua atau BMW E30 318i, dimana mobil ini memang banyak diburu untuk dijadikan koleksi. Selain karena mobilnya yang unik dan klasik, ternyata kedua mobil BMW tahun tua tersebut dibanderol dengan harga sangat terjangkau di pasaran.

Kamu bisa mendapatkan mobil ini dengan mudah di rentan harga 25 jutaan sampai 30 jutaan, tergantung kondisi mesin serta tahun pembuatan dari mobil tersebut.

4. Isuzu Panther Hi-Grade

Isuzu Panther Hi-Grade
Isuzu Panther Hi-Grade (Gambar: olx.co.id)

Mobil seribu umat, hal itulah yang dapat menggambarkan mobil Isuzu Panther Hi-Grade yang sangat populer di masanya. Seiring berkembangnya waktu kini Panther menjadi salah satu mobil yang masih banyak diminati, terutama untuk dijadikan sebagai mobil keluarga.

Mobil ini sendiri kini memiliki harga yang sangat murah, karena kamu bisa membawanya pulang Panther Hi-Grade hanya dengan mengeluarkan uang mulai dari 30 jutaan saja.

5. Mitsubishi Lancer DanGan

Mitsubishi Lancer DanGan
Mitsubishi Lancer DanGan (Gambar: fjb.kaskus.co.id)

Ada pula mobil dari Mitsubishi seri Lancer yang terkenal dengan desain cepernya, mobil tersebut bernama Mitsubishi Lancer DanGan. Ciri khasnya yang panjang dan pendek membuat Lancer DanGan sangat digemari oleh anak muda zaman sekarang.

Selain itu, dari harganya sendiri tidak jauh beda dengan BMW E30 atau Honda Accord Prestige, yaitu berkisar di bawah 30 jutaan.

6. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno
Suzuki Baleno (Gambar: fjb.kaskus.co.id)

Bersaing ketat dengan Mitsubishi Lancer, membuat Suzuki Baleno juga bisa menjadi opsi yang patut kamu pertimbangkan. Mengingat Baleno ini juga sama bagusnya dan memiliki desain yang keren, apalagi Baleno memang terkenal dengan kualitas mesinnya yang sangat bagus.

Dengan semua kelebihan yang dibawanya, kini Suzuki Baleno sedikit lebih mahal ketimbang Mitsubishi Lancer atau BMW E30 di tahun yang sama. Namun, tetap saja kategorinya masih di bawah 30 juta, sehingga masih sangat recomended untuk kamu miliki.

Baca Juga: Daftar Harga Toyota Raize 2022 Beserta Spesifikasinya

7. Mazda 323 Familia

Mazda 323 Familia atau dikenal juga sebagai Mazda Lantis
Mazda 323 Familia atau dikenal juga sebagai Mazda Lantis (Gambar: mobilmotorlama.com)

Mazda selalu menghadirkan mobil yang berbeda dari dahulu, hal tersebut terbukti dengan adanya Mazda 323 Familia yang dibuat tahun 90-an. Meskipun demikian, mobil tersebut sampai kini masih sangatlah dicari.

Harganya yang terjangkau serta desainnya yang beda, membuat Mazda Familia cukup banyak dijadikan mobil koleksi atau mobilnya anak muda.

8. Toyota Corolla Twincam

Toyota Corolla Twincam
Toyota Corolla Twincam (Gambar: karimunestilo.com)

Sama halnya dengan mobil-mobil bertipe sedan lainnya, Toyota Corolla Twincam bisa juga kamu pilih untuk dijadikan sebagai mobil pertama kamu. Dimana mobil ini memiliki mesin yang awet serta minim perawatan.

Sehingga cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet merawat mesin mobil, karena mobil bekas di bawah 30 jutaan rata-rata sudah tua dan membutuhkan perawatan lebih. Namun, Toyota Corolla Twincam ini kamu tidak perlu khawatir dengan perawatannya, karena sangatlah mudah dan minim.

Baca Juga: Harga Toyota Yaris Bekas, Mulai dari 80an Juta

9. Mercedes Benz 300E

Mercedes Benz 300E bekas kini dijual dengan sangat murah
Mercedes Benz 300E bekas kini dijual dengan sangat murah (Gambar: lhzrants.blogspot.com)

Untuk kamu yang suka bergaya dengan mobil klasik modern, maka pilihlah mobil Mercedes Benz 300E yang terkenal dengan kualitas premiumnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil bekas yang dibanderol di bawah 30 jutaan ini masih jadi yang terbaik di kelasnya.

Baik dari segi kenyamanan berkendara ataupun fitur-fitur yang dibawa, sehingga cocok untuk kamu jadikan sebagai mobil daily driver kamu.

10. Suzuki Katana

Suzuki Katana bekas
Suzuki Katana bekas (Gambar: wikipedia.org)

Mobil klasik Suzuki Katana juga termasuk ke dalam mobil di bawah 30 juta yang harus kamu pertimbangkan. Hal ini karena mobil tersebut memang memiliki ciri khas tersendiri pada bentuknya yang unik dan cenderung lebih simpel.

Suzuki Katana ini cocok untuk kamu gunakan di berbagai kondisi, mulai dari mobil dailydriver, sebagai koleksi, ataupun bagi kamu yang baru belajar menyetir. Bentuknya yang simpel dan tidak terlalu besar juga akan sangat membantu agar kamu lebih mudah dalam menyetir.

Ada banyak sekali mobil bekas dibawah 30 juta yang masih recomended untuk digunakan, dimana kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan keinginan. Apalagi mobil bekas tersebut cenderung memiliki desain yang lebih beragam, sehingga lebih menarik untuk dimiliki ketimbang mobil baru.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Bekas Harga di Bawah 100 Juta di 2023