Jika Anda sering mabuk perjalanan saat naik bus, tips agar tidak mabuk saat naik bus kali ini bisa membantu Anda. Tidak bisa dipungkiri jika mabuk perjalanan sangatlah menganggu kenyamanan saat berada di bus. Terlebih saat Anda harus menempuh perjalanan yang sangat jauh seperti mudik.

Belum lagi jika supir bus yang Anda tumpangi ugal-ugalan, menjadikan kondisi perut Anda semakin tidak nyaman. Lalu, apa saja tips yang harus Anda lakukan agar tidak mabuk perjalanan di atas bus? Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini.

Detail Ulasan Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Bus

Peajari tips agar tidak mabuk saat berkendara menggunakan bus.
Peajari tips agar tidak mabuk saat berkendara menggunakan bus.

1. Makan Permen

Salah tips anti mabuk yang paling simple adalah dengan memakan permen. Anda bisa mengonsumsi permen favorit sesuai selera, seperti permen rasa manis, mint, kopi atau rasa asam.

Biasanya, beberapa warung dan toko-toko di tempat pemberhentian bus atau terminal menyediakan permen beraneka rasa ini. Pastikan juga untuk selalu mengantongi beberapa permen selama perjalanan Anda.

2. Duduk di Barisan Pertama/Samping Supir

Tips agar tidak mabuk saat naik bus selanjutnya adalah dengan memilih bangku di barisan depan atau di dekat supir. Terkadang aroma kendaraan seperti bau bensin yang sangat menyengat sangat menganggu Anda selaku penumpang. Solusinya, duduklah di barisan pertama.

Duduk di bangku bagian belakang juga kadang menimbulkan goncangan. Hal ini hanya akan membuat Anda semakin mual. Akan lebih baik untuk memilih bangku barisan pertama untuk menghindari bau bahan bakar serta guncangan yang sangat berat pada bus.

3. Ubah Mindset Anda

Jika Anda termasuk orang yang sering mual di perjalanan, mulai dari sekarang cobalah mengubah mindset Anda tentang kebiasaan mual tersebut. Berpikirlah secara positif bahwa Anda tidak akan mengalami rasa mual lagi selama di perjalanan.

Jika mulai merasa mual saat melihat pemandangan di luar bus semakin bergerak cepat, segeralah meyakinkan diri Anda bahwa apa yang terlihat hanyalah keadaan yang semu.

Jangan terlalu menanamkan rasa takut akan mabuk perjalanan sesaat sebelum berangkat. Hal ini hanya akan menyetel pikiran Anda secara otomatis untuk merasa mual.

Jika kebiasaan seperti ini diteruskan, sampai kapan pun Anda akan tetap trauma dengan yang namanya perjalanan jauh menggunakan bus.

4. Minum Wedang Jahe Hangat

Tips selanjutnya yang patut Anda coba adalah minum wedan jahe hangat. Banyak orang menjadikan wedang jahe hangat sebagai minuman anti mabuk andalan saat menempuh perjalanan panjang.

Sangat disarankan untuk menambahkan sedikit gula saja karena jika rasa wedang jahe terlalu manis, hal ini justru akan membuat Anda semakin merasa mual.

Karena di setiap perhentian bus atau di warung-warung banyak menyediakan minuman wedang jahe hangat, maka Anda tidak perlu khawatir saat kehabisan wedang jahe hangat. Silahkan membelinya lagi kembali saat supir berhenti di pemberhentian bus.

5. Kenakan Jaket yang Tebal

Banyak orang yang sering lupa bahwa jaket termasuk perisai yang teramat penting saat melakukan perjalanan jauh. Terlebih jika Anda menggunakan bus dengan AC yang cukup dingin, maka tentu keberadaan jaket adalah hal yang sangat penting.

Pastikan untuk memilih jenis jaket yang menggunakan resleting dan bukan yang memakai kancing. Jaket beresleting akan lebih memudahkan Anda untuk mengatur posisi kera jaket saat kedinginan di bus. Jika merasa kepanasan, Anda pun tinggal menurunkan resleting jaket yang dikenakan.

Bus antar kota antar provinsi.
Bus antar kota antar provinsi.

6. Selalu Membawa Minyak Angin

Selain menghangatkan badan, minyak angin atau aroma terapi juga memiliki aroma yang sangat menenangkan di hidung.

Ukurannya yang terdiri atas berbagai macam ukuran pun membuatnya sangat mudah untuk dibawa bepergian termasuk saat melakukan perjalanan yang sangat jauh. Sayangnya, sebagian orang tidak menyukai aroma minyak kayu putih ini.

Kadang aroma minyak ini hanya semakin membuat mereka mual dan pusing selama perjalanan. Oleh sebab itu, pilihlah jenis minyak kayu putih dengan aroma yng coccok dengan Anda.

Anda juga bisa menggunakan minyak telon, minyak tawon, balsem dan jenis aroma minyak terapi lainnya. Pilihlah mana yang membuat Anda paling nyaman.

7. Lihat ke Depan Bukan ke Samping

Saat bus yang ditumpangi mulai jalan, jangan pernah untuk fokus memandang pemandangan yang terdapat di samping jendela Anda. Usahakan untuk fokus menatap pemandangan di arah depan Anda saja.

Anda bisa melihat pemandangan gunung, menara ataupun gedung bertingkat dengan jarak yang masih cukup jauh. Melihat pemandangan jarak jauh akan lebih membantu Anda untuk tidak merasa mual.

Selain itu, melihat pemandangan jarak dekat kadang juga membuat pengelihatan menjadi bergerak cepat. Tentu hal ini akan membuat Anda semakin mual.

Tips lain yang bisa Anda coba ialah dengan menghindari menatap pohon-pohon dan rambu-rambu lalu lintas di sisi kiri dan kanan jalan.

Kata Penutup

Pada umumnya, setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk mencegah rasa mual dan mabuk selama di perjalanan. Ada yang merasa lebih nyaman dengan tidur sepanjang perjalanan ada pula yang harus mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu untuk mengusir rasa mual tersebut.

Jika Anda saat ini belum menemukan cara untuk mencegah rasa mual selama perjalanan, cobalah terapkan salah satu tips di atas agar tidak mabuk saat naik bus selama perjalanan panjang.