Bagaimana cara membeli rumah dijual di Malang dengan harga miring? Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh orang-orang yang ingin membeli rumah di daerah Malang dan sekitarnya.

Meskipun harga rumah di kota-kota besar cenderung lebih mahal, tapi dengan menerapkan tips-tips tertentu, Anda bisa mendapatkan harga miring.

Tentu Anda tidak hanya terpaku pada harga yang miring alias murah. Kenyamanan dan keamanan merupakan faktor penting yang juga perlu dipertimbangkan saat hendak membeli sebuah rumah.

Bagaimanapun Anda dan keluarga akan menghuni rumah tersebut. Tentu kalian tidak bakalan betah jika rumah tersebut kurang nyaman dan kondisinya tidak aman bukan?

Oleh karena itu, meskipun Anda sudah menerumah sebuah rumah dijual di Kota Malang maupun Kabupaten Malang dengan harga miring, kriteria lainnya yang disebutkan di atas juga perlu dipertimbangkan. Jika semua kriteria sudah terpenuhi, barulah Anda bisa membelinya.

Ingin Rumah Dijual di Malang Harga Miring? Ini Tipsnya!

Lantas bagaimanakah cara mendapatkan rumah dengan harga miring alias murah di Malang? Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Beli Rumah yang Terletak di Pinggiran Kota    

rumah dijual di malang pinggiran kota
Ilustrasi Rumah di Pinggiran Kota Malang

Rumah yang berada di tengah kota tentu harga jualnya sangat mahal. Terkadang ada yang menjual dengan harga murah, tapi jarang sekali. Kamu termasuk beruntung jika bisa menemukan sebuah rumah yang dijual di pusat kota dengan harga murah.

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membeli rumah di pinggiran kota karena harganya lebih terjangkau. Meskipun letaknya di pinggiran kota, bukan berarti tidak potensial. Saat pengembangan kota menjangkau wilayah pinggiran kota, tentu harga jual rumah tersebut akan melonjak tinggi.

2. Rumah yang Sudah Tua

Ilustrasi Rumah Tua di Malang

Cara lain untuk mendapatkan rumah dijual di Malang dengan harga murah adalah dengan membeli rumah tua. Rumah tua yang dijual pemiliknya banyak ditemukan di kota-kota besar, termasuk di Kota Malang.

Biasanya rumah tersebut sudah ditinggalkan oleh pemiliknya karena memiliki rumah di tempat yang lain. Oleh karena itu, harga jualnya cenderung lebih murah. Bahkan, banyak yang menjual hanya memperhitungkan harga tanah saja, tidak mengikutkan harga bangunan.

Hanya saja, Anda tidak bisa langsung membeli rumah tua begitu saja. Anda mesti mempertimbangkan biaya renovasi agar layak untuk dihuni. Karena jika sudah sangat tua, besar kemungkinan sudah tidak bisa direnovasi lagi. Hanya bisa dihancurkan untuk kemudian membangun rumah yang baru.

3. Rumah yang Dijual Murah Karena Butuh Uang

Ilustrasi Jual Rumah Karena Butuh Uang

Terkadang ada rumah bagus yang dijual di pusat kota dengan harga lebih murah dari harga standar karena pemiliknya butuh uang cepat. Meskipun enggan, tapi terpaksa menjualnya karena kebutuhan yang mendesak.

Jika bisa menemukan rumah seperti ini, Anda sangat beruntung. Bahkan, Anda bisa menawar lebih murah lagi dari harga yang ditawarkan jika pemiliknya betul-betul membutuhkan uang, dalam keadaan sulit mendapatkan pembeli.

Tentu saja Anda juga perlu mengecek dengan teliti kelayakan rumah tersebut. Khawatir jangan sampai alasan butuh uang cepat hanya kamuflase, ternyata ada alasan lain yang disembunyikan seperti sering kemasukan banjir, lingkungan sekitar rumah berubah menjadi tidak aman, dan lain sebagainya.

4. Membeli Rumah Melalui Jasa Beli Rumah

Ilustrasi Jasa Beli Rumah

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rumah dijual di Malang dengan harga murah adalah dengan memanfaatkan jasa beli rumah. Meskipun Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa jasa tersebut, tapi Anda bisa mendapatkan rumah yang sesuai budget Anda.

Koneksi dan jaringan jasa penjual rumah sangat banyak. Mereka bisa menemukan rumah yang sesuai budget Anda dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, pastikan Anda mendeskripsikan sebaik mungkin gambaran rumah yang Anda inginkan dan besarnya budget yang dimiliki.

Tentunya, Anda tidak berkewajiban untuk langsung membeli jika pihak penyedia jasa beli rumah mendapatkan rumah yang sesuai keinginan. Anda tentu harus mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan semua. Jika sudah pas, barulah Anda melakukan pembelian.

Itulah tadi cara membeli rumah dijual di Malang dengan harga Miring. Pastikan Anda menerapkan tips-tips yang disebutkan di atas, agar Anda bisa mendapatkan rumah impian dengan harga yang sesuai budget. Sukses selalu.

Baca Juga: Rumah Dijual di Malang Harga di Bawah 200 Juta