Pintu merupakan salah satu komponen utama pada sebuah rumah. Selain berfungsi sebagai akses ke luar-masuk rumah, keberadaan pintu juga memengaruhi tampilan rumah itu sendiri. Oleh karena itu, pemilihan model dan desain pintu merupakan hal yang sangat penting.

Salah satu model pintu yang bisa menjadi pilihan adalah model pintu minimalis. Ketika diaplikasikan pada rumah Anda, tampilan pintu minimalis tersebut akan memberikan kesan indah dan nyaman.

Pemilihan bahan kayu yang dijadikan pintu juga tidak boleh asal-asalan. Harus dipastikan betul-betul terbuat dari bahan yang kuat agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

Lantas apa sajakah model pintu minimalis elegan yang bisa menjadi inspirasi untuk diaplikasikan pada rumah Anda? Yuk simak model-model pintunya di bawah ini.  

Pilihan 20 Model Pintu Minimalis Elegan

1. Model Satu Daun Pintu Berbahan Kayu

Model Satu Daun Pintu Berbahan Kayu
Model Satu Daun Pintu Berbahan Kayu (Source : pinterest.com)

Salah satu model pintu minimalis elegan yang bisa menjadi pilihan adalah Model Satu Daun Pintu Berbahan Kayu. Model pintu ini paling umum digunakan masyarakat saat ini.

Pintu ini menggunakan kayu sebagai bahan utamanya tanpa adanya campuran ornamen lainnya. Agar pintu ini bisa lebih kuat dan tahan lama, sebaiknya gunakan bahan dari kayu jati atau jenis kayu kuat lainnya, meskipun harganya tergolong mahal.

2. Model Satu Daun Pintu dengan Kaca Samping Kanan Kiri

Model Satu Daun Pintu dengan Kaca Samping Kanan Kiri
Model Satu Daun Pintu dengan Kaca Samping Kanan Kiri (Source : pinterest.com)

Pilihan pintu minimalis lainnya adalah model 1 pintu yang juga berbahan kayu seperti pada gambar di atas. Hanya saja, di samping kanan dan kiri pintu tersebut terdapat kaca.

Model pintu ini terkesan minimalis dan modern. Ketika diaplikasikan pada rumah minimalis Anda, dijamin tampilan rumah akan terlihat lebih elegan.

3. Model Satu Daun Pintu Geser atau Sliding Door

Model Satu Daun Pintu Geser atau Sliding Door
Model Satu Daun Pintu Geser atau Sliding Door (Source : ceklist.id)

Model pintu yang seperti ini memiliki kemiripan dengan pintu-pintu yang ada di Jepang. Bentuknya adalah sliding door atau pintu geser.

Selain unik dan menambah keindahan tampilan rumah Anda, penggunaan model 1 pintu dengan sistem geser juga lebih menghemat ruangan.

4. Model Satu Daun Pintu dengan Lubang Surat

Model Satu Daun Pintu dengan Lubang Surat
Model Satu Daun Pintu dengan Lubang Surat (Source : pinterest.com)

Kalau Anda memerhatikan model-model Eropa di masa dahulu, tentu Anda bisa melihat kalau pintu-pintu rumah di sana memiliki lubang kecil di bagian tengah sebagai tempat masuknya surat yang dikirim untuk penghuni rumah.

Model pintu minimalis seperti ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Bentuknya yang unik dan terkesan ‘kuno’ bakal menjadikan rumah Anda terlihat elegan.

5. Model Satu Daun Pintu Minimalis Polos

Model Satu Daun Pintu Minimalis Polos
Model Satu Daun Pintu Minimalis Polos (Source : ceklist.id)

Jika Anda lebih suka pintu yang terlihat sederhana dan simple, maka model satu daun pintu minimalis polos pada gambar di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk pintu rumah Anda.

Desainnya yang sederhana dan simple justru akan menambah pesona minimalis pada rumah Anda. Model seperti ini juga bisa menjadi salah satu model pintu kamar minimalis di rumah Anda.

6. Model Satu Daun Pintu Penuh Ukiran

Model Satu Daun Pintu Penuh Ukiran
Model Satu Daun Pintu Penuh Ukiran (Source : pinterest.com)

Pilihan model pintu minimalis elegan seperti pada gambar di atas sudah ada sejak dahulu. bahkan, pintu-pintu seperti ini diterapkan di masa-masa kerajaan. Meskipun terkesan kuno, pintu dengan model ini masih laku sampai saat ini.

7. Model Satu Daun Pintu dengan Corak Kayu Industrialis

Model Satu Daun Pintu dengan Corak Kayu Industrialis
Model Satu Daun Pintu dengan Corak Kayu Industrialis (Source : pinterest.com)

Pilihan model pintu minimalis elegan yang juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk pintu rumah Anda adalah pintu dengan satu daun yang bercorak kayu industrialis.

Corak pintu ini terlihat mewah dan elegan. Untuk pemilihan warna, Anda tinggal menyesuaikannya dengan warna dinding rumah Anda.

8. Model Pintu Satu Vertical Pivot Door

Model Satu Daun Pintu Vertical Pivot Door
Model Satu Daun Pintu Vertical Pivot Door (Source : pinterest.com)

Umumnya pintu menggunakan engsel yang dipasang di samping pintu. Tapi untuk model pintu minimalis elegan yang satu ini justru menggunakan engsel yang berada di atas pintu.

Pintu dengan model ini memiliki slider yang tidak terlihat. Asalnya, pintu ini merupakan gabungan dari 2 buah pintu yang dijadikan satu pintu. Mulai banyak rumah-rumah modern yang menerapkan model 1 pintu seperti ini.

9. Model Satu Daun Pintu dengan Kaca di Bagian Atas

Model Satu Daun Pintu dengan Kaca di Bagian Atas
Model Satu Daun Pintu dengan Kaca di Bagian Atas (Source : pinterest.com)

Pilihan model pintu minimalis elegan lainnya adalah Model Satu Daun Pintu dengan Kaca di Bagian Atas. Tentu Anda tidak begitu asing dengan model pintu yang satu ini bukan? Sudah banyak kok rumah yang menerapkan pintu model ini.

Salah satu kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan model pintu ini adalah mendapatkan cahaya dari luar melalui kaca tersebut. Selain itu, penghuni rumah bisa melihat dari dalam orang yang berdiri di depan pintu tersebut.

10. Model Satu Daun Pintu dengan Gagang Besar

Model Satu Daun Pintu dengan Gagang Besar
Model Satu Daun Pintu dengan Gagang Besar (Source : pinterest.com)

Pilihan lain untuk model 1 pintu minimalis adalah Model Satu Daun Pintu dengan Gagang Besar seperti yang terlihat pada gambar di atas. Modelnya sangat elegan dan minimalis. Dengan adanya gagang yang besar, penghuni rumah semakin mudah untuk membuka dan menutup pintu.

11. Model Satu Daun Pintu Ala Barcode

Model Satu Daun Pintu Ala Barcode
Model Satu Daun Pintu Ala Barcode (Sumber : ortandfield.blogspot.com)

Model pintu dari kayu ini mendapatkan julukan pintu barcode disebabkan desainnya yang terlihat menyerupai garis-garis barcode. Penyematan bilah-bilah kayu secara vertikal dengan ukuran lebar yang bervariasi justru semakin menambah tampilan natural nan menawan.

Kombinasi warna cokelat pada daun pintu dengan dinding hitam di kedua sisi pintu justru semakin menambah hangatnya tampilan yang terlihat.

12. Model Satu Daun dengan Jendela Kotak di Bagian Atas

Model Satu Daun dengan Jendela Kotak di Bagian Atas
Model Satu Daun dengan Jendela Kotak di Bagian Atas (Source : rumahkuunik.com)

Pilihan model pintu minimalis elegan selanjutnya adalah Model Satu Daun dengan Jendela Kotak di Bagian Atas. Pintu ini memiliki dua buah jendela kaca kecil di bagian kanan dan kirinya.

Sedangan di bagian atas daun pintu yang masih merupakan bagian dari daun pintu, terdapat jendela sebanyak 6 kotak kecil.

13. Model Satu Daun Pintu dengan Jendela Setengah Bulat

Model Satu Daun Pintu dengan Jendela Setengah Bulat
Model Satu Daun Pintu dengan Jendela Setengah Bulat (Source : rumahkuunik.com)

Model pintu minimalis elegan lainnya adalah Model Satu Daun Pintu dengan Jendela Setengah Bulat. Pada gambar di atas, terdapat satu buah jendela kaca kecil setinggi daun pintu di samping pintu.

Sedangkan di bagian tengah daun pintu terdapat jendela kaca yang bentuknya setengah bulat.

14. Model Satu Daun Pintu Bergaya Modern

  Model Satu Daun Pintu Bergaya Modern
Model Satu Daun Pintu Bergaya Modern (Source : rumahkuunik.com)

 Gaya modern bisa dihasilkan dari penggunaan model pintu yang tepat. Salah satu pilihan untuk itu adalah Model Satu Daun Pintu Bergaya Modern.

Berdasarkan gambar di atas, terlihat kalau di samping kanan dan kiri pintu terdapat jendela kecil yang bentuknya memanjang dan sama tinggi dengan daun pintu. Sedangkan di bagian tengah pintu terdapat jendela kecil yang bentuknya memanjang.

15. Model Satu Daun Pintu Berdesain Kotak-kotak


Model Satu Daun Pintu Berdesain Kotak-kotak
Model Satu Daun Pintu Berdesain Kotak-kotak (Source : rumahkuunik.com)

Pilihan model pintu lainnya yang juga bisa menjadi pilihan terbaik adalah Model Satu Daun Pintu Bergaya Modern.

Berdasarkan gambar di atas, terlihat kalau di samping kanan dan kiri pintu terdapat jendela kecil. Sedangkan dinding rumah menggunakan tampilan batu alam, sehingga kesan alami dan hangat semakin kental.

16. Model Dua Daun Pintu Gaya Tradisional Modern


Model Dua Daun Pintu Gaya Tradisional Modern
Model Dua Daun Pintu Gaya Tradisional Modern (Source : pinhome.id)

Pilihan model lainnya kali ini adalah model 2 pintu yang berlapis kayu Chevron. Perancangannya bersifat non-horisontal atau bahkan vertikal, sehingga khas tradisional semakin kental.

17. Model Dua Daun Pintu Minimalis Tipe Sliding Door

Model Dua Daun Pintu Minimalis Tipe Sliding Door
Model Dua Daun Pintu Minimalis Tipe Sliding Door (Source : pinhome.id)

Model 2 pintu seperti pada gambar di atas bisa menjadi pilihan untuk pintu rumah Anda. Tipe sliping door dengan dua daun pintu ini terlihat modern dan elegan.

18. Model Dua Daun Pintu Berwarna Putih Polos

Model Dua Daun Pintu Berwarna Putih Polos
Model Dua Daun Pintu Berwarna Putih Polos

Model pintu yang satu ini terkesan sederhana namun terlihat nyaman. Sentuhan warna putih pada pintu dan dinding akan memberikan kesan teduh dan tenang.

Baca Juga: 10 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela

19. Model Pintu Minimalis Panel Besi


Model Pintu Minimalis Panel Besi
Model Pintu Minimalis Panel Besi (Source : kreasindo.id)

Jika Anda ingin menggunakan pintu yang kokoh dan mampu bertahan lama, maka Model Pintu Minimalis Panel Besi bisa menjadi pilihan Anda. 

Model pintu besi minimalis terkesan modern dan elegan berkat desain kotak-kotak di bagian daun pintunya.

20. Model Pintu Besi dengan Dua Daun Pintu

Model Pintu Besi dengan Dua Daun Pintu
Model Pintu Besi dengan Dua Daun Pintu (Source : banguncipta.com)

Pilihan terakhir model pintu pada postingan kali ini adalah Model Pintu Besi dengan Dua Daun Pintu. Pada gambar di atas, terlihat kalau pintu tersebut tidak saja kokoh, tapi terlihat indah dan elegan berkat desain pintunya.

Itulah tadi 20 model pintu minimalis elegan yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk pintu rumah Anda. Tinggal pilih saja model dan desain yang paling cocok dengan karakter rumah Anda.