Bagaimana jika kunci motor hilang dan tidak ada serepnya? Pertanyaan ini penting untuk dijawab, karena banyak orang kebingungan menghadapi kondisi seperti ini. Tapi dengan mengetahui jawabannya, tentu Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Untuk berjaga-jaga jika sampai kunci motor Anda hilang, sebaiknya segera membuat serep kunci tersebut. Harga pembuatannya sangat murah, bersamaan dengan manfaatnya yang sangat besar. Memiliki kunci serep sama dengan menghindarkan diri Anda dari masalah yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Lantas bagaimana jika kunci motor hilang dan tidak ada serepnya? Apa yang harus Anda lakukan? Jangan khawatir, artikel di bawah ini akan memberikan jawabannya.

Bagaimana Jika Kunci Motor Hilang dan Tidak Ada Serepnya? 4 Cara Ini Bisa Membantu Mengatasinya

Terkadang kunci motor hilang karena lupa menaruhnya atau terjatuh tanpa sengaja dari saku Anda. Jika Anda memiliki serep kunci tersebut, tinggal gunakan saja. Tapi jika tidak ada serepnya, maka Anda perlu melakukan salah satu dari cara-cara yang disebutkan di bawah ini :

1. Tidak Perlu Panik

Jika kunci motor Anda hilang dalam keadaan tidak ada serepnya, Jangan panik. Tetap tenang, karena rasa panik tidak akan memberikan solusi bagi Anda. Bisa saja langkah yang Anda ambil keliru akibat rasa panik yang menimpa.

Setelah Anda sudah tenang, coba ingat-ingat kembali di mana kira-kira Anda menaruh kunci motor. Kapan terakhir kali Anda mengingat dengan jelas keberadaan kunci motor tersebut, lalu ke mana Anda setelah itu.

Dengan bersikap tenang, kemungkinan besar Anda akan menemukan kembali kunci motor yang hilang tersebut.

2. Gunakan Jasa Tukang Kunci

Saat ini tukang kunci sudah sangat banyak dan mudah ditemukan di pinggir jalan raya. Tukang kunci mampu membuat duplikat kunci apapun juga dalam waktu singkat. Oleh karena itu, datangi tukang kunci untuk meminta dibuatkan kunci duplikat motor Anda.

Biasanya tukang kunci sudah memiliki beberapa kunci cadangan. Ketika Anda menyebutkan merek motor Anda, tukang kunci bisa langsung memberikan kunci yang cocok.

Bila perlu, bawalah motor Anda ke tukang kunci. Meskipun tukang kunci tidak memiliki kunci cadangan, dia bisa langsung membuatkan duplikatnya hanya dengan melihat dan mencoba lubang kunci pada motor Anda.

Terkadang tukang kunci hanya menggunakan kunci sembarangan. Nanti gerigi kunci yang diperbaiki dan dibuat menyesuaikan dengan lubang kunci motor Anda.

3. Hubungi Dealer

Jika Anda menggunakan motor baru yang dibeli di dealer, sebaiknya Anda menghubungi dealer tersebut dan menanyakan apakah mereka memiliki kunci cadangan untuk motor Anda. Sebab, biasanya dealer memiliki kunci cadangan untuk berbagai jenis motor yang dijual di tempat mereka.

Memberikan kunci cadangan merupakan bagian dari layanan dealer tersebut. Biasanya mereka akan memberikan kunci cadangan tanpa meminta biaya tambahan sedikitpun. Jika pun Anda dimintai biaya tambahan, berikan saja. Toh biayanya tidak seberapa dibandingkan kondisi Anda yang kesulitan untuk menggunakan motor karena tidak ada kuncinya.

4. Bawa ke Bengkel Motor

Gambar Bagaimana Jika Kunci Motor Hilang dan Tidak Ada Serepnya

Meskipun bengkel motor bukan juru kunci, tapi tetap saja mereka memiliki keahlian untuk mengatasi masalah Anda. Kemungkinan besar bagian tempat kunci motor Anda akan dibongkar untuk dicarikan solusi agar bisa dinyalakan dengan kunci lain.

Jangan coba membongkar sendiri kunci motor Anda kecuali memang memang memiliki keahlian untuk itu. Jika tidak, motor Anda justru akan semakin rusak dan masalah yang Anda alami tidak selesai.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana jika kunci motor hilang dan tidak ada serepnya. Silahkan lakukan salah satu dari cara yang disebutkan di atas jika Anda mengalami kondisi seperti itu.

Sekedar mengingatkan, pastikan motor Anda memiliki serep atau duplikat kunci. Jika Anda membelinya dari dealer, coba minta kepada mereka kunci cadangan. Tapi biasanya pihak dealer akan memberikan meskipun Anda tidak memintanya.

 Jika Anda membeli motor bekas yang tidak ada kunci serep atau kunci cadangannya, sebaiknya datangi juru kunci dan minta agar dibuatkan duplikat kunci. Jangan nanti kehilangan kunci baru berpikir untuk membuatkan kunci serep. Karena kalau sudah hilang, tentu Anda akan kerepotan sendiri mendorong motor ke tempat tukang kunci.