Apakah motor hilang bisa kembali? Banyak orang yang mempertanyakan hal tersebut. Tingginya tingkat pencurian motor menyebabkan para pemilik motor was-was saat memarkir kendaraannya. Selalu berhati-hati dan tidak gegabah saat memarkir motor harus selalu diperhatikan.

Sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari, keberadaan motor merupakan hal yang penting. Jika hilang karena dicuri, tentu akan membuat pusing.

Bagaimanapun, beraktivitas tanpa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi merupakan hal yang berat.

Tingginya Kasus Curanmor di Indonesia

Ilustrasi Pencurian Motor di Indonesia
Ilustrasi Pencurian Motor di Indonesia (Source : bikerandbike.co.uk)

Saat ini tingkat kasus curanmor (pencurian kendaraan bermotor) di Indonesia tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat harus berhati-hati dan waspada saat menyimpan atau memarkir kendaraan bermotor mereka. Jangan lengah, karena para pelaku kejahatan selalu mengintai.

data yang berasal dari Robinopsnal Bareskrim Polri menunjukkan kalau tingkat pencurian kendaraan bermotor tergolong tinggi. Sebab, selama dua pekan pertama pada bulan Mei 2022, polisi berhasil menindak 118 kasus pencurian sepeda motor yang terjadi di seluruh wilayah di Indonesia.

Jumlah kasus pencurian tersebut mengalami peningkatan menjadi 309 kasus sampai pada tanggal 14 Mei 2022. Peningkatan tersebut mencapai 61 persen. Namun kasus curanmor tersebut sempat mengalami penurunan pada 15 sampai 21 Mei 2022 yaitu menjadi sebanyak 257 kasus.

Apakah Motor yang Hilang Bisa Kembali?

Para Pelaku Curanmor yang Berhasil Dibekuk
Para Pelaku Curanmor yang Berhasil Dibekuk (Source : megapolitan.kompas.com)

Bisakah motor yang hilang ditemukan kembali? Jawabannya bisa! Jika Anda mengalami kehilangan motor, Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini :

1. Segera Lapor Polisi

Jika motor Anda hilang, segera datangi polisi dan sampaikan kondisi yang Anda alami. Nantinya pihak kepolisian akan merespon pengaduan Anda dan secepatnya melakukan pengusutan terhadap kasus pencurian motor yang menimpa Anda.

Biasanya langkah awal yang dilakukan polisi biasanya adalah mengecek CCTV yang terdekat dari lokasi pencurian motor. Dengan bantuan hasil tangkapan CCTV, pihak kepolisian akan semakin mudah untuk menemukan motor Anda yang hilang karena dicuri tersebut.

Jangan menganggap enteng masalah pelaporan kepada pihak kepolisian. Banyak kasus yang menunjukkan motor curian berhasil ditemukan oleh pihak kepolisian, bahkan meskipun dalam waktu lama sejak awal pelaporan.   

Setelah melaporkan kasus pencurian tersebut kepada polisi, tentu Anda tidak tinggal diam tanpa melakukan apapun. Anda juga perlu turun tangan melakukan pencarian secara langsung. Bila perlu, minta bantuan keluarga dan teman-teman Anda dalam hal ini.

2. Sebarkan ke Media Sosial

Saat ini media sosial merupakan salah satu tempat terbaik untuk mencari informasi dalam berbagai hal yang dibutuhkan. Oleh karena itu, ketika motor Anda dicuri, sebaiknya Anda menyebarkan informasi tersebut ke media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dan yang lainnya.

Sebarkan informasi detail terkait kondisi motor Anda yang dicuri ke teman-teman Anda di media sosial. Mintalah mereka untuk memberikan informasi kepada Anda jika ada salah seorang di antara mereka yang melihat keberadaan motor tersebut.

Minta juga ke teman-teman Anda agar membagikan informasi tentang motor Anda yang dicuri ke teman-teman mereka. Dengan begitu, pesan tersebut akan berantai dan diketahui banyak orang. Semakin banyak yang membantu mencari tahu, tentu peluang untuk ditemukan kembali akan semakin besar pula.

3. Gunakan Alat Pelacakan

Sebenarnya cara ketiga ini harus dilakukan sebelum motor Anda dicuri. Oleh karena itu, pastikan Anda memasang alat ini sebelumnya. Pemasangan alat pelacak berupa GPS Tracker akan memudahkan untuk melacak lokasi motor Anda yang dicuri.

Alat pelacak tersebut bisa dihubungkan dan diintegrasikan dengan perangkat smartphone Anda melalui aplikasi khusus. Tidak sulit untuk menghubungkannya, hanya butuh melakukan beberapa langkah sederhana.

Saat ini sudah banyak GPS Tracker yang dijual di pasaran. Harga jualnya juga tidak terlalu mahal. Anda bisa membelinya di berbagai marketplace yang banyak bermunculan saat ini.

Apa yang Dilakukan Agar Motor Tidak Dicuri?

Agar Motor Tidak Dicuri
Agar Motor Tidak Dicuri (Source : thejakartapost.com)

Sebelum motor Anda dicuri oleh para pelaku kejahatan, sebaiknya Anda mengambil langkah pencegahan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini :

1. Parkir Motor Anda di Tempat Aman

Jangan memarkir motor Anda sembarangan. Jika kebetulan Anda keluar berbelanja, sebaiknya parkir motor Anda di tempat yang memiliki petugas parkir. Dengan adanya petugas parkir, motor Anda akan lebih aman karena berada dalam pengawasan tukang parkir tersebut.

Jika Anda akan memarkir motor di tempat yang terbuka, pastikan lokasinya aman. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya orang yang berlalu lalang dan beraktivitas di sekitar tempat Anda memarkir motor.

2. Rantai dan Gembok Motor Anda

Agar lebih aman, sebaiknya Anda memasang rantai tebal di motor Anda. Pasanglah rantai tersebut di area rantai motor, piringan hingga jari-jari motor. Lilitkan rantai tersebut, lalu hubungkan bagian ujungnya menggunakan gembok besar.

Meskipun para pencuri membawa alat-alat untuk membongkar kunci, biasanya para pencuri tidak mau mencuri motor yang digembok seperti itu. Sebab, akan memakan waktu lama untuk bisa menjebolnya. Para pencuri tidak berani mengambil resiko dengan waktu membongkar yang terlalu lama, karena resiko akan ketahuan oleh warga.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui apakah motor hilang bisa kembali atau tidak. Lebih baik melakukan pencegahan dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan pada ulasan di atas.

Baca Juga:  Bagaimana Jika Kunci Motor Hilang dan Tidak Ada Serepnya